Panduan Lengkap Usaha Ternak Ikan Gabus Lokal Bagi Pemula

Nakama Aquatics – Jika biasanya banyak orang yang memelihara ikan gabus untuk sekedar hobi saja. Ternyata bisa juga loh menjadi peluang usaha yang amat menggiurkan apabila kita jeli melihatnya.

Sayang sekali. meski punya nilai gizi yang lebih tinggi namun masih kalah populer dengan ikan lain seperti ikan gurami, lele, nila, hingga patin.

Panduan Lengkap Usaha Ternak Ikan Gabus Lokal Bagi PemulaSumber gambar : [at]rendy_william (Instagram)

Dilansir dari beberapa situs kesehatan, ikan gabus memiliki kadar asam amino yang lebih tinggi dibandingkan dengan ikan lainnya.

Jika kita melihat dari segi manfaat ikan gabus, ada banyak sekali. Mulai dari pembentukan otot, mempercepat penyembuhan luka, menyembuhkan hepatitis, membantu penyembuhan anak autis, hingga memperbaiki gizi buruk. Dan sebenarnya masih banyak lagi, Anda bisa cari sendiri di internet.

Sebelumnya perlu diketahui bahwa artikel ini diadaptasi dari maxmanroe.com . Nakama Aquatics mengurai serta menyusun kembali agar semakin mudah dipahami terutama bagi Anda yang merupakan pecinta ikan predator yang berminat untuk beternak ikan gabus.

 

Usaha Ternak Ikan Gabus Bisa Jadi Miliarder, Benarkah?

Banyak sekali jalan yang dapat membawa seseorang menjadi miliarder. Salah satunya adalah dengan menjadi seorang peternak ikan.

Benarkah? Ya, usaha ternak ikan kadang diremehkan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia padahal kenyataannya usaha ini begitu menjanjikan. Termasuk usaha ternak ikan gabus ini.

Berdasarkan rincian yang dijabarkan oleh analisausaha.id , keuntungan yang dapat diperoleh dari hasil panen ikan gabus setiap 360 kg adalah sebesar 9,4 juta rupiah.

Kemudian berpikirlah seperti pola pikir miliarder. Jika 360 kg itu untungnya sekitar 9,4 juta rupiah, bagaimana jika Anda menghasilkan 1080 kg? Atau bahkan 3600 kg? Tentu keuntungannya bisa berkali-kali lipat bukan?

Itulah yang disebut faktor kali, Anda harus berpikir seperti itu. Jangan sampai Anda hanya berhenti berpikir di 9,4 juta saja.

Kebanyakan orang berhenti berpikir di  9,4 juta rupiah saja. Itulah sebabnya banyak orang yang meremehkan usaha ini.

Tapi berbeda dengan Anda, Anda pasti sangat tertarik dan antusias. Berikut adalah panduan lengkap usaha ternak ikan gabus lokal yang bisa Anda praktikkan secara langsung.

 

Jenis Ikan gabus

Jenis ikan gabus Channa StriataSumber gambar : [at]sudkont (Instagram)

Jenis ikan gabus yang dipilih adalah ikan gabus lokal yang memiliki nama latin Channa striata.

Ikan gabus yang satu ini punya beberapa nama diantaranya adalah Bocek, Aruan, Haruan, Kocolan, Bogo, Bayong, Licingan, Kutuk, Kabos, dan lain-lain. Dikutip dari Wikipedia, dalam bahasa inggris Channa Striata biasa dipanggil Common Snakehead, Snakehead Murrel, atau Stripped Snakehead.

 

Tempat Ternak Ikan Gabus

Tempat ternak ikan gabus lokalSumber gambar : [at]rohman_redug (Instagram)

Tempat ternak ikan gabus bisa dimana saja, Anda tinggal pilih yang paling memungkinkan untuk kondisi Anda saat ini. Anda bisa memilih beternak ikan gabus di beton, terpal, atau bisa juga di tanah.

 

Memilih Indukan Ikan Gabus Yang TepatMemilih indukan ikan gabus lokal yang tepat

Sumber gambar : manfaatcantiksehat.com

Indukan ikan gabus jantan maupun yang betina tentu akan mempengaruhi hasil panen. Itu adalah salah satu dari kunci kesuksesan beternak ikan gabus.

Sebagain mungkin bingung, bagaimana cara membedakan ikan gabus jantan dan betina? Ternyata sangat mudah. Kita cukup melihat tanda yang ada di tubuh ikan gabus.

Ikan gabus betina memiliki kepala yang cenderung bulat serta tubuh yang lebih terang. Sedangkan untuk ikan gabus jantan memiliki kepala yang cenderung oval, tubuhnya lebih gelap, serta pada bagian bawah tubuhnya terdapat lubang genital berwarna merah.

Ada sedikit tips, sebaiknya pilihlah ikan gabus betina yang memiliki berat tubuh lebih dari 1 kg.

Proses Pemijahan Ikan GabusProses pemijahan ikan gabus

Sumber gambar : maxmanroe.com

Anda sudah menemukan indukan ikan gabus yang tepat? Bagus. Sekarang kita ke langkah berikutnya yaitu proses pemijahan.

Ketika proses pemijahan, Anda masukkan saja ikan gabus betina dan jantan dengan jumlah masing-masing sekitar 20-40 ekor (sesuaikan budget dan kebutuhan ya) ke dalam media pemijahan yang sama. Saat sudah dimasukkan, akan terjadi pemijahan dengan sendirinya.

Supaya mudah untuk dibayangkan, misalkan Anda menggunakan bak beton 10x5x2 sebagai tempat pemijahan. Kemudian Anda tambahkan air setinggi 60 cm dan air harus mengalir.

Tidak hanya itu, pada bak beton tersebut Anda sebaiknya menambahkan tanaman eceng gondok agar saat proses pemijahan nanti si ikan gabus merasa lebih nyaman.

Ikan gabus betina akan segera bertelur. Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah mengambil telur-telur tersebut dengan sekupnet. Setelah itu biarkan saja telurnya menetas secara alami di dalam sebuah akuarium.

Kenapa sebaiknya di akuarium? Supaya Anda mudah dalam mengontrol kondisi dari telur-telur ikan gabus. Akuariumnya tidak perlu besar-besar kok, Anda cukup menyiapkan akuarium sebesar 75x50x50 cm. Ketinggian airnya kisaran 40-50 cm.

Oh iya, Anda masukkan telur ikan gabus ke dalam akuarium sebanyak 4-6 butir per centimeter persegi.

Nah karena pada proses pemijahan sang induk menelurkan lebih dari 10 ribu telur, maka Anda harus rajin melakukan kontrol pada bak beton tersebut. Tentu rugi apabila sang induk sudah bertelur tapi Anda sia-siakan.

Proses Penetasan Telur Ikan Gabus

Proses penetasan telur ikan gabus

Sumber gambar : maxmanroe.com

Meskipun masih tahap penetasan telur, sebaiknya beri penutup akuarium karena ikan gabus merupakan pelompat yang handal.

Selama masa penetasan telur perlu diingat bahwa penting untuk menjaga suhunya sekitar 20 derajat celcius. Tunggu sekitar 24 jam dan telur ikan gabus akan segera menetas.

Setelah telurnya menetas, larva ikan gabus jangan langsung diberi makan selama dua hari. Kenapa? Alasannya adalah karena larva ikan gabus masih punya cadangan makanan di dalam tubuhnya setelah menetas.

Nah setelah cadangan makanan si larva ikan gabus ini habis, Anda bisa memberinya makan berupa Nauplii Artemia dengan jatah 3 kali dalam sehari.

Supaya larva-larva ini tetap hidup, ada dua hal yang harus diperhatikan. Yang pertama adalah kepadatan larva ikan gabus maksimal sekitar 5 larva per 1 liter air. Yang kedua adalah menjaga kualitas air selalu bagus dan layak.

Setelah ikan gabus berusia 5 hari, Anda bisa memberinya makan berupa daphnia sebanyak 3 kali sehari.

 

Menebar Serta Memberi Makan Benih Ikan Gabus

Menebar serta memberi makan benih ikan gabusSumber gambar : [at]rohman_redug (Instagram)

Saat ikan gabus sudah menginjak usia 2 minggu, maka sudah waktunya untuk diterjunkan ke dalam kolam.

Tapi sebelumnya ingat ya, sebaiknya air kolam diendapkan terlebih dahulu. Kapan? Seminggu sebelum benih ikan ditebar ke kolam tersebut.

Ketika sang fajar terbit dari timur, itu adalah waktu yang paling tepat untuk menebar benih ikan gabus. Setelah ditaruh ke dalam kolam, biarkan selama 2 hari. Jadi ceritanya dipuasakan terlebih dahulu.

Kemudian setelah ikan gabus dipuasakan selama 2 hari, Anda boleh langsung memberinya makan berupa pellet.

Ikan gabus sebaiknya diberi variasi makanan mulai dari ikan-ikan kecil, daging ampas dapur, anakan rayap, cacing, dll.  Apapun pakannya, selalu disiplin dalam pemberian pakan ya.

Jika telat sedikit saja, ikan gabus akan saling memakan satu sama lain. Jangan-jangan Anda lupa kalau ikan gabus adalah ikan predator yang kanibal apabila di sekitarnya sudah tidak ada lagi bahan makanan apapun.

 

Ikan Gabus siap untuk dijual

Setelah serangkaian panduan beternak ikan gabus Anda lakukan, kini saatnya menjual hasil panen tersebut. Anda bisa menjualnya ke berbagai pihak mulai dari reseller, restoran, dan masih banyak lagi.

Ikan gabus sudah siap menghasilkan pundi-pundi uangSumber gambar : [at]adamkaromy (Instagram)

Bagaimana panduan lengkap usaha ternak ikan gabus lokal yang sudah dijabarkan runtut oleh Nakama Aquatics? Anda sudah mengerti caranya kan? Nah sekarang yang perlu Anda lakukan cuma satu, yaitu PRAKTIK!!

Semoga panduan lengkap ini bisa bermanfaat terutama bagi Anda yang baru ingin memulai ternak ikan gabus. Sebarkan ke teman-teman Anda ya apabila memang bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *