Red Bellied Piranha Si Piranha Mematikan Dari Amazon

Nakama Aquatics – Pembahasan ikan yang paling ditunggu adalah ikan Piranha Perut Merah, atau memiliki nama lain Red Bellied Piranha. Ikan Piranha ini begitu populer di kalangan pecintanya, hampir sebagian besar orang yang memelihara ikan Piranha adalah yang jenis Red Bellied Piranha.

Sebenarnya kata “Piranha” sendiri itu berasal dari mana sih? Anda sudah tahu? Ternyata kata tersebut memiliki artinya yang cukup seram, yakni “gigi-gigi tajam”. Mungkin sebagian besar ketika mendengar ikan Piranha akan ketakutan dan tidak percaya karena keganasannya ini.

Padahal sebenarnya, ikan Piranha khususnya Red Bellied Piranha tidaklah seseram yang diperlihatkan di tayangan layar kaca film-film Hollywood. Dengan film-film tersebut, ikan Piranha cenderung mendapatkan kesan dan citra sebagai ikan yang ganas, seram, mengerikan, dan tanpa ampun.

Padahal Anda tahu? Banyak hobiis yang memelihara Red Bellied Piranha biasa-biasa saja ketika mereka harus memasukkan salah satu anggota tubuh mereka, yaitu tangan, ke dalam sebuah tank yang dipenuhi oleh puluhan ikan Piranha. Dan benar, tidak terjadi apa-apa dan justru Red Bellied Piranha ini malah takut.

 

Klasifikasi Ilmiah

Kingdom : Animalia

Filum : Chordata

Kelas : Actinopterygii

Ordo : Characiformes

Famili : Serrasalmidae

Genus : Pygocentrus

Spesies : P. nattereri

Nama Latin/Ilmiah : Pygocentrus nattereri

Red Bellied Piranha Si Piranha Mematikan Dari AmazonSumber gambar : haydensanimalfacts

Bentuk Fisik

Bentuk Fisik Red Bellied PiranhaSumber gambar : kids.nationalgeographic.com

Red Bellied Piranha memiliki kulit yang berwarna perak sedikit berkilau dengan warna merah yang yang terletak pada bagian perut hingga mendekati sirip ekornya. Bentuk badan dari Red Bellied Piranha sendiri seperti lingkaran, mirip dengan saudaranya, ikan Bawal dan Pacu.

Red Bellied Piranha dapat tumbuh besar dengan panjang mencapai 50 cm dengan berat hingga sekitar 4 kg. Sungguh ikan yang luar biasa besar, dan itu baru seekor saja. Anda bisa bayangkan apabila Red Bellied Piranha sebesar itu bergerombol? Tentu akan sangat mengerikan bukan?

 

Penyebaran wilayah

Penyebaran Wilayah Red Bellied PiranhaSumber gambar : en.wikipedia.org

Red Bellied Piranha memiliki penyebaran wilayah yang cukup luas, yaitu seluruh benua Amerika Selatan. Ikan Piranha Perut Merah sering ditemukan di sungai-sungai besar disana seperti Sungai Amazon, Sungai Rio Paraguay, Sungai Rio Parana, Sungai Rio Essequibo, hingga ekosistem-ekosistem lain yang lebih kecil.

 

Makanan

Makanan Red Bellied PiranhaSumber gambar : phenomena.nationalgeographic.com

Makanan Red Bellied Piranha sehari-hari adalah serangga, cacing, krustasea, cacing, dan ikan. Mereka kerap kali bahkan memangsa seekor Capybara. Ini jelas bukan main-main, mereka menggunakan kerjasama dan memakai keunggulan utama mereka yaitu gigi. Bisa Anda bayangkan gerombolan ikan Piranha memangsa Capybara yang ukurannya lebih besar dari ikan Piranha?

Dan ternyata ada yang unik dengan jam makan ikan Piranha. Seperti yang dilansir di Wikipedia, ikan Piranha yang lebih kecil akan memangsa di sore hari. lain cerita dengan ikan Piranha yang sudah dewasa yang akan berburu pada saat fajar, sore hari, dan petang hari.

Tidak jarang juga loh Red Bellied Piranha tidak memangsa apapun hingga harus memulung apapun yang ada untuk dimakan. Pada saat memulung itulah mereka akan memakan seperti siput, sirip ikan, bekas potongan daging, bahkan tanaman. Sungguh kasihan sekali kelompok Red Bellied Piranha ini.

Habitat & Karakteristik

Habitat & Karakteristik Red Bellied PiranhaSumber gambar : kids.nationalgeographic.com

Red Bellied Piranha menyukai perairan bersuhu antara 15 sampai 35 celcius. Habitatnya sendiri seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, yaitu mendominasi di sungai. Bahkan tidak jarang sampai ke hutan-hutan, apabila Hutan Amazon banjir maka tidak jarang kita akan menemui banyak Red Bellied Piranha disana. Saat Anda memelihara Red Bellied Piranha lebih baik beri tanaman-tanaman karena mereka senang sekali bersembunyi.

Karakter Piranha Red Bellied sebenarnya justru jangan ditakuti pada saat banjir, karena pada saat banjir itulah makanan melimpah ruah mulai dari serangga, ikan-ikan sedang, bahkan mamalia kecil. Takutlah pada saat musim panas dan cuaca sangat kering hingga mengurung piranha di suatu genangan air. Pada saat itulah insting keganasan Red Bellied Piranha yang sebenarnya ditunjukkan. Mereka akan memburu, menggigit, serta mengoyak apapun yang sekiranya bisa dimakan.

Temperamen

Temperamen Red Bellied PiranhaSumber gambar : kids.nationalgeographic.com

Temperamen Red Bellied Piranha adalah penakut, loh kok malah takut? Ya, ini dikarenakan Red Bellied Piranha termasuk dari keluarga Pygocentrus, yang notabenenya adalah ikan Piranha yang senang hidup berkelompok serta bergerombol dibandingkan hidup soliter.

Jika Anda memelihara Red Bellied Piranha hanya seekor atau 3 ekor saja, maka dia akan stres. Jadi sebaiknya pastikan paling tidak memelihara Red Bellied Piranha dalam jumlah 10 ekor atau lebih. Untuk urusan tankmate, Red Bellied Piranha atau bahkan jenis ikan Piranha manapun tidak disarankan untuk dibuat tankmate ikan lain. Sudah jelas berbahaya akan karakter keganasan dengan gigi tajamnya.

Catatan khusus

Tidak ada evaluasi dari pihak IUCN terkait populasi Red Bellied Piranha.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *