Kura-Kura Mata Mata Si Kura-Kura Berkepala Segitiga

Nakama Aquatics – Kura kura Mata Mata adalah kura kura yang cukup unik. Memiliki kepala berbentuk segitiga dan tubuh yang menyerupai daun menjadikan ciri khas yang membuat banyak orang tertarik untuk memeliharanya.

Klasifikasi Ilmiah

Kingdom : Animalia

Filum : Chordata

Kelas : Reptilia

Ordo : Testudines

Famili : Chelidae

Subfamili : Chelinae

Genus : Chelus

Spesies : C. fimbriata

Nama Latin/Ilmiah : Chelus fimbriata

Bentuk Fisik

Dengan kepala yang berbentuk segitiga dan melebar seperti daun, membuatnya terlihat berbeda dan menarik dibandingkan jenis kura kura lainnya. Tempurung yang agak cembung menyerupai daun membantunya dalam menyamar saat berburu mangsa.

Kemudian di kepalanya terdapat hidung dengan moncong tipis, ini membantu dalam bernafas di udara secara langsung. Jika kita melihat lehernya, agak sedikit melebar dan biasanya ada kecenderungan ditekuk oleh kura kura Mata Mata saat sedang berburu.

Kura-kura Mata Mata dapat tumbuh mencapai panjang 45 centimeter dengan berat 15 kilogram. Warna dari kura kura Mata Mata bermacam-macam. Ada yang memiliki warna abu-abu, coklat, krem, kuning keemasan, dan hitam. Warna tersebut juga biasanya berdasarkan wilayah yang ditempati oleh kura-kura Mata Mata.

Penyebaran wilayah

Kura-kura Mata Mata menyebar mulai dari Bolivia Utara, Peru Timur, Ekuador, Kolombia Timur, Venezuela, Guianas, dan Brasil Utara & Tengah. Wilayahnya memang tersebar cukup luas di daerah Amerika Latin.

Makanan

Mata-mata adalah kura kura karnivora. Makanan utama dari kura kura Mata Mata adalah ikan dan invertebrata. Mata Mata sangat senang dengan menu utamanya yaitu ikan kecil. Untuk itu disarankan apabila kita ingin memeliharanya pertimbangkan soal makanan.

Karena Mata mata hanya mau makan ikan kecil dan invertebrata, bukan pelet/butiran. Perlu diingat bahwa kura kura Mata Mata tidak bisa memakan ikan yang memiliki ukuran sedikit lebih besar dari mulutnya karena hal itu akan mempersulit dalam menelan mangsanya apalagi jika sirripnya tajam seperti ikan nila. Lebih baik tidak mengambil resiko, kura kura Mata Mata bisa saja tersedak jika dipaksa seperti itu.

Soal cara berburu, kura kura Mata Mata adalah pemburu yang diam-diam menyergap mangsanya. Itulah alasan kura kura ini diberi nama Mata Mata, mengendap diam-diam menyamar seperti daun kemudian saat mangsanya sudah dekat, kura kura ini langsung menyedot mangsa beserta airnya. Jadi tidak ada kesempatan sama sekali untuk si mangsa tersebut karena saat Mata Mata sudah dekat, dia akan langsung menyedot dengan cepat.

Habitat & Karakteristik

Habitat kura-kura yang memiliki nama latin Chelus fimbriata ini adalah sungai yang berarus lambat dan keruh, kolam stagnan, hingga rawa-rawa. Karakter dari kura-kura ini adalah menjelajah area tank dan menyergap mangsa secara pelan-pelan.

Jadi saat memelihara kura kura ini pastikan tidak membuat tank berarus dan ketinggian air secukupnya saja agar Mata Mata mudah mengambil udara di permukaan air.

Temperamen

Temperamen kura-kura Mata Mata tidak usil apalagi jahat. Mereka sangat baik untuk dicampur dengan jenis kura-kura apapun, bahkan dengan ikan. Namun dengan catatan ikan tersebut tidak muat di mulur si Mata Mata.

Kura-kura ini juga aman untuk bermain dengan anak kecil karena tipe memakan kura kura ini bukan merobek dan mengoyak mangsa melainkan hanya menyedotnya saja. Jadi dipastikan kura kura ini tidak memiliki gigi yang tajam ataupun rahang yang berbahaya jika dihadapkan dengan jari manusia.

Catatan khusus

Dalam daftar merah IUCN, kura-kura Mata Mata masuk ke dalam daftar Leasts Concern yang artinya kura kura ini sedikit terancam dan perlu diwaspadai ke depannya agar tidak terjadi kepunahan di habitat aslinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *