Para Pleco, Ikan Sapu-Sapu Mirip Macan Tutul

Ikan sapu-sapu terkenal sebagai ikan yang lumrah dipelihara orang banyak. Fungsinya sebagai ikan pembersih membuat banyak yang memilih mereka menjadi ikan pelihara. Namun diluar keakraban masyarakat dengan ikan ini, ada sebuah problematika laten yang terjadi di hampir semua sungai di Indonesia.

Pasalnya, selain dikenal sebagai ikan hias, ikan sapu-sapu juga merupakan ikan invasif yang tidak terlalu bisa dimanfaatkan. Karena itulah mereka berubah menjadi hama.

Tapi tidak semua ikan sapu-sapu dianggap sebagai hama, beberapa jenis ikan sapu-sapu malah dijual dengan harga selangit dan menjadi ikan hias berpredikat ‘premium’. Salah satunya adalah si Para pleco dengan kode L075.

Siapakah ikan pleco yang katanya mirip macan tutul ini?

Klasifikasi Ilmiah

Kingdom : Animalia

Filum : Chordata

Kelas : Actinopterygii

Ordo : Siluriformes

Famili : Loricariidae

Sub-Famili : Hypostominae

Tribe : Ancistrini

Genus :  Peckoltia

Spesies :  P. sabaji

Bentuk Fisik

Sebenarnya bentuk ikan ini serupa dengan ikan-ikan pleco yang masuk ke dalam Loricariidae. Yang membedakannya adalah motif serta warna ikan, juga ukurannya. Para pleco L075 punya badan yang lebih mungil dan gempal ketimbang pleco biasa yang bisa kamu tamui di sungai dekat rumah.

Selain itu, mereka juga punya motif totol berwarna kuning yang membuat ikan ini motif badannya seakan mirip dengan macan tutul.

Penyebaran wilayah

Para pleco hanya bisa ditemui di Amerika Selatan, lebih tepatnya di aliran Sungai Amazon, Orinoco dan masuk ke aliran sungai Rio Negro. Tidak seperti ikan pleco biasa atau si Hypostomus plecostomus, Para pleco tidak dianggap sebagai ikan invasif karena hanya bisa ditemukan di habitat asalnya.

Habitat & Karakteristik

Di Sungai Amazon dan Orinoco, Para pleco tinggal di aliran sungai yang sangat deras dengan dasaran berbatu. Mereka biasa ditemukan di badan sungai yang sedang sampai yang besar. Ikan ini tidak terlalu takut hidup di badan sungai yang besar karena mereka bisa mudah bersembunyi dan tidak memilki banyak predator alami.

Temperamen

Para pleco digambarkan sebagai ikan yang punya karakter non agresif. Mereka adalah ikan yang baik dan lebih suka bersembunyi di balik batu atau kayu sembari menunggu makanan daripada beraktivitas dengan berenang kesana kemari. Mereka bisa ditempatkan dengan banyak jenis ikan lainnya.

Makanan

Sama seperti hampir semua jenis pleco, ikan ini juga merupakan seorang omnivora alias pemakan segala. Di alamnya mereka biasa memakan algae yang tumbuh di batu atau kayu-kayu tempat ikan ini bersembunyi. Jika di dalam akuarium, kamu bisa memberi ikan ini pelet tenggelam yang khusus dibuat untuk para ikan omnivora.

Ikan pleco ini bukan sembarang ikan sapu-sapu karena harganya di pasaran cukup mahal. Di marketplace hijau, Para pleco dibanderol dengan harga 1 juta lebih per ekor. Tertarik beli?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *