Ikan Koki dan Koi Itu Bedanya Apa?

Sejak dulu aku penasaran, apakah Koi dan Ikan mas koki merupakan ikan yang sama? Soalnya, mereka berdua mirip bentuknya hampir mirip secara keseluruhan, tapi cirinya sangat berbeda.

Koi punya badan yang lebih besar dari koki yang punya bentuk tubuh lebih kecil dan padat. Keduanya juga digilai oleh banyak orang dan sudah menjadi lebih dari tren, karena Koi dan Mas koki sudah menjadi pilihan bagi orang yang ingin memulai hobi pelihara ikan.

Dengan segala kemiripannya, kira-kira adalah perbedaan diantara kedua ikan ini?

Perbedaan bentuk badan

Ikan Mas koki dan Koi lahir dari nenek moyang yang sama yaitu Asian carp. Mereka berdua lahir dari upaya breeding yang dilakukan sama orang di masa lalu.

Koi punya badan yang panjang. Bentuknya tidak terlalu berubah dari Asian carp asli. Sementara itu Mas koki punya bentuk yang jauh berbeda. Bentuk badannya lebih padat dan bulat serta ukurannya lebih kecil.

Perbedaan umur hidup

Ikan koi bisa hidup jauh lebih lama dari Mas koki. Ada seekor koi di Jepang yang dilaporkan berumur hingga 226 di tahun 1977. Sedangkan ikan Mas koki tertua bernama Goldie hanya bisa hidup selama 45 tahun.

Perbedaan harga

Berdasarkan harga, Koi memang punya nilai yang jauh lebih mahal daripada Koki. Memelihara Koi juga butuh dana yang lebih besar karena kamu butuh sebuah kolam, soalnya Koi terlihat tidak sebegitu kerennya jika dipelihara di dalam akuarium.

Sebaliknya, Koki jauh lebih cocok dipelihara di dalam akuarium karena ukurannya lebih kecil dan harganya juga lebih murah.

Kumis

Ciri yang paling ketara selain bentuk badan adalah keberadaan kumis. Koi punya sebuah kumis yang mereka pakai untuk mencari makan, karena Koi juga suka beraktivitas di area dasar kolam.

Sementara itu, Mas koki tidak memiliki kumis. Kumis ini adalah sebuah ciri khas dari ikan Carp, namun Koki tidak memilikinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *