Masih Hidup Aja! Inilah 7 Ikan Predator Air Tawar Purba Yang Populer Dipelihara

Nakama Aquatics – Di zaman yang dibilang sudah modern ini ternyata masih terdapat hewan purba yang diantaranya adalah ikan. Ikan yang dapat bertahan sejak ratusan juta tahun yang lalu mampu hidup hingga saat ini.

Umumnya ikan yang kita jumpai saat ini adalah ikan yang berada di bumi dalam waktu yang belum terlalu lama. Namun sekarang pun, masih ada lho ikan-ikan purba yang sudah hidup lama di bumi. Bahkan beberapa ikan ini menjadi populer dipelihara karena alasan tertentu.

Nah ikan apa sajakah itu? Yuk simak berikut.

1. Arwana
Arwana Salah Satu Ikan Air Tawar Purba

Pada urutan pertama ada yang namanya ikan Arwana. Ikan Arwana adalah salah satu ikan purba yang hidup hingga saat ini. Arwana sudah ada di bumi sejak 220 juta tahun yang lalu.

Ikan Arwana ini umumnya memiliki nama latin Scleropages sp. Penyebaran habitatnya pun cukup luas yakni mulai dari Asia, Australia, beberapa wilayah di Afrika, hingga Amazon.

Ikan ini memiliki habitat di sungai dan danau dengan arus yang tenang. Tak heran, karena bentuknya yang indah membuat populer dipelihara bahkan secara legal.

2. Paddlefish
Paddlefish Salah Satu Ikan Air Tawar Purba

Pada urutan kedua ada yang namanya ikan Paddlefish. Ikan ini juga dikenal dengan nama Polyodon Spatula. Ikan ini terkenal dengan hidungnya yang menyerupai dayung panjang dan mirip hiu gergaji.

Uniknya adalah berdasarkan penelitian dan penemuan, ikan ini telah hidup lebih dulu dari pada dinosaurus. Telah ditemukan fosil tertua yang berumur lebih dari 300 juta tahun yang lalu.

Terdapat dua jenis Paddlefish yaitu Chinese dan American. Ikan ini menjadi incaran para hobiis karena ciri khas dayungnya yang lucu dan menggemaskan.

3. Arcipenser
Acipenser Salah Satu Ikan Air Tawar Purba

Selanjutnya pada urutan ketiga ada yang namanya ikan Acipenser. Ikan Acipenser juga biasa disebut Sturgeon. Penampilannya yang begitu prasejarah, dengan hidung panjang dan lempengan-lempengan berbentuk bintang pada sepanjang sisi ikan dan sirip punggungnya.

Terdapat 27 spesies ikan Sturgeon di dunia ini. Dan menurut beberapa penelitian, ikan Sturgeon sudah hidup sejak  sekitar 245-208 juta tahun yang lalu.

Ikan ini memiliki penyebaran wilayah sepanjang subartik Eurasia dan Amerika Utara. Tubuhnya yang sedikit mirip hiu menjadi daya tarik tersendiri bagi peminat ikan ini.

4. Lungfish
Lungfish Salah Satu Ikan Air Tawar Purba

Kemudian pada urutan keempat ada yang namanya ikan Lungfish. Ikan Lungfish memiliki nama latin Protopterus sp. Ikan Lungfish adalah ikan yang benar-benar terlihat purbanya karena bernafas menggunakan paru-paru.

Tidak hanya itu, ikan purba ini memiliki kemampuan untuk dapat hidup tanpa air dan makanan selama kurang lebih 3 tahun. Penyebaran habitat Lungfish tersebar mulai dari Afrika, Amerika Selatan, hingga Australia.

Bentuk tubuhnya mirip belut, hanya saja lebih gemuk dan terdapat 4 kaki kecil yang digunakan untuk berjalan di air maupun darat/lumpur. Banyak hobiis yang senang dengan ikan ini karena bentuknya yang bagus dan cara perawatannya yang cenderung mudah.

5. Palmas
Palmas Salah Satu Ikan Air Tawar Purba

Berikutnya pada urutan kelima ada yang namanya ikan Palmas. Ikan Palmas juga disebut ikan naga ini memiliki nama latin Polypterus sp. Bentuknya sekilas mirip sekali dengan belut, tetapi jika diperhatikan secara mendetail, tentu sangat berbeda.

Ikan ini diperkirakan telah hidup lebih dari 60 juta tahun yang lalu. Awalnya ikan ini terdistribusi di daerah Afrika barat.

Namun sekarang sudah berada dimana-mana karena proses berkembang biak yang cenderung mudah. Ikan purba yang mirip ular ini punya banyak peminat selain karena harganya yang murah, juga mudah merawatnya.

6. Alligator
Alligator Salah Satu Ikan Air Tawar Purba

Lalu pada urutan keenam ad ayang namanya ikan Alligator. Ikan Alligator memiliki nama latin Lepisosteus sp. Yang membuat ikan ini unik adalah karena ikan ini memiliki kepala buaya. Ikan ini telah hidup lebih dari 100 juta tahun yang lalu.

Dan dengan bentuk yang aneh tersebut, wajar apabila Alligator adalah termasuk golongan ikan-ikan purba. Ikan ini sering dijuluki ‘ikan primitif’ atau ‘fosil hidup’.

Di alam liar, ikan ini bisa tumbuh sangat besar lebih dari 2 meter, hanya saja untuk jenis-jenis tertentu seperti Alligator Spatula yang memang bisa tumbuh sangat besar. Meskipun tampangnya menyeramkan, ikan purba ini memiliki banyak penggemar di berbagai belahan dunia.

7. Arapaima
Arapaima Salah Satu Ikan Air Tawar Purba

Terakhir pada urutan ketujuh ada yang namanya ikan Arapaima. Ikan Arapaima juga disebut ikan Piracucu. Ikan ini memiliki bentuk yang khas yaitu kepala yang menyerupai ikan Gabus tapi disisi lain badannya mirip seperti ikan Arwana.

Ikan ini sudah ada di bumi sejak ratusan tahun lalu. Ikan Arapaima juga bisa bernafas langsung di udara terbuka sehingga makin menguatkan jika ikan ini adalah ikan primitif.

Ikan ini dapat tumbuh sangat besar dan pertumbuhannya begitu cepat. Sayang, ikan purba ini terancam punah di habitat aslinya karena perburuan Arapaima yang berlebihan.

Itulah 7 ikan predator air tawar purba yang populer dipelihara di masyarakat. Memang sebenanrnya masih banyak lagi ikan purba baik di air tawar maupun air laut. Namun 7 itulah yang paling terkenal dan mendominasi.

Apapun itu, tetap dukung dalam pelestarian ikan purba tersebut dan jangan sampai membuatnya punah. Karena hal itu juga berdampak terhadap kita sendiri serta anak cucu kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *