Channa Bleheri Si Ikan Gabus Pelangi Titisan Sungai Brahmaputra India

Nakama Aquatics – Ikan Gabus alias Channa jadi salah satu favorit para pecinta ikan hias di Indonesia. Dan berbicara mengenai ikan Gabus, ada jenis yang mungkin menjadi sorotan karena keunikannya, yaitu ikan Gabus jenis Channa Bleheri.

Ikan ini keren banget karena tubuhnya yang warna-warni hingga dijuluki sebagai “Rainbow Snakehead”, yang artinya Gabus Pelangi. Kamu penasaran? Yuk Simak berikut yaa!

Klasifikasi Ilmiah

Kingdom : Animalia

Filum : Chordata

Kelas : Actinopterygii

Ordo : Anabantiformes

Famili : Channidae

Genus : Channa

Spesies : C. bleheri

Nama Latin/Ilmiah : Channa bleheri

Bentuk Fisik

Jika kita melihat dari segi fisik, tentu ikan Channa Bleheri ini sangat menarik. Warna dari ikan Channa Bleheri ketika dewasa berwarna dasar kecoklatan, seringkali dengan sisi dan sirip biru, ditutupi dengan bintik-bintik merah jingga cerah.

Channa Bleheri menonjol dari Gabus kerdil lainnya karena kurangnya sirip perut. Oh iya, perbedaan warna bisa kita lihat dari gender juga lho, dimana Channa Bleheri jantan punya warna yang lebih cerah dan ukurannya pun lebih besar.

Ikan Channa Bleheri mampu tumbuh mencapai panjang hingga 17 cm. Kalau dipikir sih tidak terlalu besar ya. Hal ini wajar karena ia termasuk Dwarf Snakehead alias Gabus dengan ukuran yang kecil.

Penyebaran wilayah

Ikan Channa Bleheri alias Rainbow Snakehead ini menyebar di wilayah Assam. Perlu kamu ketahui India tempat dearah Assam berasal ini adalah negara yang sangat besar. Iklim di daerah tersebut berbeda-beda. Dimana ada 4 iklim pada daerah ini yaitu musim panas, musim hujan, musim dingin, musim semi-gugur.

Untuk musim panas, biasanya berawal dari Maret meluas sampai Juni, cuaca ini diketahui dengan kelembaban tinggi yang ekstrim. Cuaca rata-rata pada saat ini adalah 35-38 derajat celcius.

Untuk musim hujan, ditandai dengan curah tinggi. Biasanya juga ada badai disertai petir yang sering terjadi selama musim ini disiang hari. Periode musim ini berawal dari Juni hingga Oktober. Pada saat inilah daerah Assam menjadi hijau dipenuhi tumbuhan-tumbuhan dan diketahui Sungai Brahmaputera meninggi volumenya membanjiri hutan-hutan serta daerah sekitarnya. Oh iya, suhu pada musim ini berada di kisaran 18-26 derajat Celcius.

Untuk musim dingin, ditandai dengan curah hujan rendah serta keadaan pagi dan sore yang berkabut. Musim ini dimulai pada November hingga Februari. Suhu dari musim hujan ini berada di kisaran 6-8 derajat Celcius, wih dingin banget yak. Oh iya, diketahui bahwa wilayah-wilayah yang digenangi air di musim hujan telah mengering. Channa Bleheri diketahui mulai menggubur diri di tempat-tempat yang sudah menurun jauh level airnya, sebagian hampir mengering tapi masih lembap.

Untuk musim semi-gugur, dimana musim semi berada di rentang Maret sampai April dan musim gugur berada di rentang September sampai Oktober. Dimana pada musim ini suhunya sedang, jadi dengan kata lain tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Untuk curah hujannya sendiri sedang.

Makanan

Ikan Channa Bleheri adalah ikan predator. Sehingga wajar jika makanan kesukaannya adalah udang, jangkrik, cacing tanah, sampai dengan ikan.

Ketika kamu memelihara ikan Channa Bleheri, jangan khawatir soal makanan karena ia juga lebih fleksibel. Kamu bisa memberikan makanan mati meskipun dalam beberapa kasus perlu dibiasakan terlebih dahulu.

Untuk pemberian pakannya pun disesuaikan dan justru jangan terlalalu sering dan terlalu banyak. Karena akan membuatnya kegendutan hingga punya tubuh yang tidak proporsional.

Habitat & karakteristik

Ikan Channa Bleheri ini hidup di habitat yang namanya Tropical Moonson Forest. Dimana habitat tersebut punya curah hujan tinggi, kelembapan tinggi pula, serta musim panas dengan suhu yang sangat tinggi.

Jika kita mengacu dari habitatnya tersebut, sebaiknya ketika kamu pelihara Channa Bleheri, setup tank dengan kayu-kayuan, batu-batuan, dedaunan kering, dan tanaman air. Ini tentu membuat Channa Bleheri nyaman karena bisa bersembunyi.

Soal suhu juga harus kamu perhatikan, ia datang dari iklim yang berbeda dengan Indonesia. Perhatikan perubahan suhu musiman di habitat aslinya, ikan Channa Bleheri seperti gabus subtropis lainnya memiliki kebutuhan untuk istirahat selama musim dingin.

Ketika musim hujan reda dan volume air berkurang, habitat Channa Bleheri di rawa-rawa dan aliran-aliran kecil mengering, bahkan kadang menyisakan hanya lumpur dan tanah yang basah saja. Pada saat itulah insting dari ikan Channa Bleheri akan menggali kedalam tanah atau lumpur dan tidak akan makan selama air belum ada.

Artinya dari musim gugur di Oktober, melewati musim dingin Desember sampai Maret, lanjut ke musim panas sampai musim hujan kembali tiba di Juni, kamu perlu coba meniru perubahan suhu ini dengan menurunkan suhu di bulan November sampai sekitaran Februari, sertapengurangan pemberian pakan juga salah satu faktor esensial ketika kamu memelihara ikan Channa Bleheri ini.


Mengenai karakteristik, ikan Channa Bleheri termasuk aktif lho jika berada di sebuah tank/akuarium. Berbeda mungkin dengan kebanyakan Channa lainnya. Sehingga aktifnya berenang dari si Channa Bleheri ini bener-bener enak dilihat.

Bahkan bisa dibilang karakteristiknya cukup kuat dari segi mental. Contohnya sudah berani gigit tangan dan bahkan bisa handfeeding lho. Yah meskipun faktor supaya bisa seperti juga berpengaruh seperti keadaan sekitar.

Dan seperti karakteristik ikan Channa lainnya, ikan dengan julukan Rainbow Snakhead ini jago banget lompat. Jadi selalu sediakan tutup akuarium ya. Jangan sampai lengah dan kasih celah, oke?

Temperamen

Apabila soal temperamen, jelas ikan Channa Bleheri tidak bisa digabung dengan ikan hias lainnya. Karena ia bisa dibilang termasuk agresif. Maka dari itu penting bagi Channa Bleheri untuk menghidari atau tidak terlihat secara visual oleh Channa lainnya di akuarium.

Bahkan Channa yang pasangan (pair) pun sesekali akan melakukan agresi satu sama lain. Jadi yang berbeda hanya tingkat agresinya tergantung jenis Channa tersebut. Kamu perlu ingat kalau dalam Channa hanya ada 2 temperamen yaitu agresif atau sangat agresif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

//phaurtuh.net/4/1236643