Genghis Khan VS Golden Dorado, Mana Ikan yang Lebih Keren?

Nakama Aquatics – Di dunia ikan, kadang ada beberapa ikan yang mirip dengan ikan lainnya. Entah itu sama dari segi fisiknya, karakternya , atau yang lainnya.

Termasuk 2 ikan ini yaitu Genghis Khan dan Golden Dorado. Keduanya punya karater yang sama, yaitu aktif berputar keliling kesana kemari terutama pas dirawat di sebuah akuarium.

Tentu ini sangatlah menarik. Lalu pertanyaannya, jika kedua ikan ini dibandingkan, manakah yang paling keren? Kamu penasaran? Yuk simak berikut!!

Bentuk fisik

Jika kita melihat dari segi bentuk fisik, mereka juga dikenal sebagai ikan KW. Disebut ikan KW karena mereka mirip dengan ikan lainnya.

Genghis Khan dikenal sebagai ikan hiu air tawar, atau bisa dibilang ikan Hiu versi KW. Sedangkan Golden Dorado bisa dibilang sebagai ikan Salmon versi KW.

Untuk ikan Genghis Khan, wajar disebut ikan hiu air tawar atau Hiu versi KW karena punya bentuk tubuh seperti ikan Hiu. Mulai dari siripnya yang tinggi ditambah dengan mulutnya yang agak lebar.

Lalu untuk ikan Golden Dorado, disebut ikan Salmon versi KW juga karena bentuk tubuhnya yang mirip ikan Salmon. Badannya lonjong ditambah struktur mulut yang rata.

Oke, lalu kalau kita bandingkan secara fisik, tentu jawabannya adalah Genghis Khan. Kenapa bisa begitu?

Kita semua tahu kalau ikan hiu terkenal akan keganasannya yang membuat ikan hiu tampak keren. Bandingkan dengan ikan Salmon, yang bentuknya tidak terlalu garang bahkan cenderung biasa saja.

Karena ikan Genghis Khan mirip ikan Hiu dan Golden Dorado mirip ikan Salmon, sehingga pemenangnya adalah ikan Genghis Khan. Jadi dari segi bentuk fisik, skor 1 untuk Genghis Khan dan 0 untuk Golden Dorado.

Corak warna tubuh

Berikutnya kita bandingkan dari segi corak warna tubuh. Secara sekilas tentu kedua ikan ini punya warna yang cukup jauh berbeda.

Ikan Golden Dorado cenderung punya warna yang cerah dan menarik yaitu perak keemasan. Sedangkan Genghis Khan cenderung punya warna yang gelap yaitu hitam pada bagian atas dan putih pada bagian bawah.

Dari sini saja sudah jelas bahwa secara umum, warna yang lebih cerah apalagi perak dipadukan dengan keemasan tentu lebih keren.

Karena Golden Dorado punya warna yang lebih keren, maka ia lebih diunggulkan dalam hal ini. Sehingga skornya menjadi 1 untuk Genghis Khan dan 1 untuk Golden Dorado.

Ukuran tubuh

Tidak ketinggalan juga kita bandingkan dari segi ukuran tubuh. Ukuran tubuh seekor ikan kadang juga menjadi acuan seberapa keren ikan tersebut.

Mengutip dari situs resmi Seriously fish, ikan Genghis Khan dapat mencapai panjang hingga maksimal 250 cm. Lalu dengan sumber yang sama, ikan Golden Dorado dapat tumbuh mencapai panjang maksimal 140 cm saja.

Dari perbandingan tersebut sudah bisa dipastikan bahwa ikan Genghis Khan bisa tumbuh lebih besar daripada ikan Golden Dorado. Secara umum, semakin besar ikan tersebut maka semakin keren ikannya.

Jadi karena Genghis Khan yang lebih besar, maka dialah pemenangnya. Sehingga skornya menjadi 2 untuk Genghis Khan dan 1 untuk Golden Dorado.

Karakteristik

Jika dilihat dari segi karakteritstik, keduanya punya banyak kesamaan. Baik ikan Genghis Khan maupun Golden Dorado, sama-sama punya sifat yang sangat aktif.

Jangankan di alam dengan arus air yang begitu kencang, di akuarium atau kolam pun mereka sering terlihat berenang kesana kemari.

Sehingga dari karakteristik ini mereka sama-sama diunggulkan, atau dengan kata lain seimbang. Sehingga skornya tetap sama yaitu 2 untuk Genghis Khan dan 1 untuk Golden Dorado.

Dari segi harga dan popularitas

Terakhir kita bandingkan dari segi harga dan popularitas. Tentu kita memakai asumsi, semakin populer maka harganya semakin naik. Dan ketika harganya naik, maka secara umum ikan tersebut lebih keren.

Berbicara soal harga tentu ikan Genghis Khan dan Golden Dorado punya harga yang berbeda. Dengan ukuran sama-sama sekitar 20 cm, Genghis Khan punya harga di kisaran 300 ribuan. Sedangkan Golden Dorado sendiri bisa mencapai di kisaran harga 1 jutaan.

Dengan asumsi yang sudah dijelaskan sebelumnya, yaitu semakin mahal harganya semakin bagus, maka Golden Dorado pemenangnya. Sehingga skornya menjadi 2 untuk Genghis Khan dan 2 untuk Golden Dorado. Waduh, kurang 1 babak lagi, kira-kira siapa pemenangnya?

Makanan

Terakhir sebagai babak penentu, kita bandingkan mereka dari segi makanan. Meski kedua ikan ini bisa masuk sebagai kategori ikan predator, namun mereka ternyata berbeda lho.

Ikan Genghis Khan termasuk ikan omnivora. Yang mana tercatat ikan Genghis Khan mau memakan apa saja. Bahkan di alamnya, ketika dewasa, ikan Genghis Khan diketahui memakan bangkai anjing. Tentu ini sungguh gila.

Berbanding terbalik dengan ikan Golden Dorado yang mana termasuk piscesvora, alias pemakan ikan. Di alamnya, ketika dewasa, ikan Golden Dorado memakan ikan Trout.

Dengan anggapan bahwa semakin gila makanannya, maka ikan tersebut semakin keren. Dan jika kita melihat perbandingan tadi, makanan Genghis Khan tentu lebih gila yaitu bangkai anjing dan cakupannya lebih luas karena omnivora.

Sehingga jika dibandingkan dari segi makanan, ikan Genghis Khan lah pemenangnya. Maka skornya menjadi 3 untuk Genghis Khan dan 2 untuk Golden Dorado. Wow, sungguh luar biasa!!

Kesimpulan

Nah jadi itulah pertandingan Genghis Khan dengan Golden Dorado dari berbagai sisi. Hasil skornya adalah 3 untuk Genghis Khan dan 2 untuk Golden Dorado. Sehingga Golden Dorado yang keluar sebagai pemenang ikan yang lebih keren.

Iya, mimin tahu kalau ikan yang lebih keren itu sangat relatif dan tiap orang bisa berbeda-beda. Jadi kalau kamu punya pendapat lain silahkan tulis di kolom komentar. Semoga bermanfaat!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *