Tiger Barb Si Ikan Sumatera yang Bisa Bersihin Lumut

Nakama Aquatics – Kamu tahu ikan yang satu ini? Tubuhnya berwarna loreng-loreng seperti harimau. Yup, inilah ikan Tiger Barb, atau mungkin kamu lebih akrab dengan sebutan ikan Sumatera. Seperti apa sih seluk beluknya? Kamu penasaran? Yuk simak berikut!!

Klasifikasi Ilmiah

Kingdom : Animalia

Filum : Chordata

Kelas : Actinopterygii

Ordo : Cypriniformes

Famili : Cyprinidae

Subfamili : Barbinae

Genus : Puntigrus

Spesies : P. tetrazona

Nama Latin/Ilmiah : Puntigrus tetrazona

Sumber gambar : All Ponds Solutions

Bentuk fisik

Sumber gambar : Aquarium Tidings

Mungkin bentuk fisik dari Tiger Barb sudah banyak yang bisa mengenali ya. Lihat saja, coraknya seperti harimau berwarna perak hingga kuning kecoklatan dengan empat garis hitam vertikal.

Dan kalau berbicara mengenai ukuran tubuh, ikan Tiger Barb dapat mencapai panjang hingga 13 cm lho. Untuk golongan ikan kecil-kecil, ini termasuk yang lumayan besar lho. Yahh meskipun biasanya di penangkaran hanya dapat tubuh sekitar 10 cm saja. Kalau meurutmu bagaimana? Ia termasuk ikan yang kategori kecil atau sedang?

Penyebaran wilayah

Kamu tahu nggak sih ikan Tiger Barb berasal dari mana? Mengutip dari situs resmi Seriously Fish, ikan Tiger Barb awalnya berasal dari Sumatera bagian tengah dan selatan. Meskipun kini sudah merambah hampir ke seluruh dunia mulai dari Singapura, Australia, Amerika Serikat, Kolombia, bahkan hingga Suriname.

Makanan

Sumber gambar : whogivesafish.com

Ikan Tiger Barb diperkirakan termasuk jenis hewan omnivor. Kenapa omnivora? Karena selain memakan invertebrata air, ia juga memakan bahan tanaman dan detritus organik di alam.

Lalu kamu pasti bertanya, kalau mau pelihara iakn ini dikasih makan apa ya? Jawabannya adalah cacing darah, daphnia, hingga artemia. Tapi kalau kamu adalah orang yang sibuk, ikan ini juga bisa kok diberi makanan berupa pelet. Lebih praktis kan?

Habitat & Karakteristik

SUmber gambar : yourfishstore.com

Jiak kita berbicara mengenai habitat dari ikan Tiger Barb, ia belum diketahui secara pasti seperti apa habitatnya. Namun sudah ada dugaan bahwa ikan ini biasanya hidup di aliran hutan serta anak sungai yang mengandung air yang relatif jernih dengan substrat seperti pasir dan batu kerikil.

Saat kamu memelihara ikan ini sebaiknya buat akuarium kamu penuh dengan tanaman air, kalau bisa seperti aquascape yang penuh dengan kehijauan. Tapi kalau memang hanya mampu sebatas aksesoris atau dekorasi biasa juga tidak masalah.

Lalu kalau kamu melihat kebiasaannya, ia senang sekali berkelompok. Jadi kamu paling tidak harus memeliharanya minimal 8-10 ekor pada sebuah akuarium yang sama. Hal ini penting untuk menghindari stres pada ikan Tiger Barb.

Temperamen

Ada yang nggak kamu sangka-sangka nih. Ternyata ikan ini punya reputasi menggigit sirip ikan lainnya. Meskipun hal itu dilakukan pada keadaan-keadaan tertentu saja seperti tank atau akuarium yang sempit alias terbatas.

Biasanya ikan ini lebih cocok jiak digabung dengan ikan bergerombol lainnya seperti ikan Pelangi atau bisa juga ikan Tetra. Mungkin kalau bsia kamu juga menambahkannya ikan sapu-sapu sebagai pelengkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *