Labi-labi Hutan Si Reptil Air yang Banyak Dicari Orang

Nakama Aquatics – Kamu pasti tidak asing lagi bukan dengan yang namanya labi-labi? Bagaimana kalau labi-labi Hutan. Nah kali ini kita akan membahas seputar labi-labi Hutan, si reptil air yang banyak dicari orang.

Perlu kamu ketahui juga nih, ia juga punya nama lain lho yaitu Forest Soft-shelled Turtle atau Malayan Soft-shelled Turtle. Seperti apa sih? Yuk simak berikut!

Klasifikasi Ilmiah

Kingdom : Animalia

Filum : Chordata

Kelas : Reptilia

Ordo : Testudines

Subordo : Cryptodira

Famili : Trionychidae

Subfamili : Trionychidae

Genus : Dogania

Spesies : D. subplana

Nama Latin/Ilmiah : Dogania subplana

Bentuk Fisik

Berbicara mengenai fisik khususnya soal ukuran, Labi-labi Hutan itu umumnya berukuran sedang. jarang sih ada yang berukuran besar, paling-paling hanya sekitar 25-40 cm saja.

Kerapasnya yang agak lembut berbentuk jorong atau memanjang dan berbentuk pipih datar. Sedangkan warna punggungnya abu-abu kehitaman, kecoklatan atau bisa juga kemerahan. Dan tentunya warna tersebut dengan pola atau bintik-bintik halus.

Soal kepala dan mulutnya, hampir sama seperti jenis labi-labi pada umumnya ya. Ia mempunyai mulut yang cenderung mancung disertai rahangnya yang kuat. Bagaimana? Apakah kamu takut melihat kepalanya?

Penyebaran wilayah

Sebenarnya berasal dari mana sih labi-labi Hutan ini? Jadi ia menyebar mulai dari Burma, Malaysia, Singapura, Filipina, dan Indonesia yang mencakup Sumatra, Singkep, Natuna, Kalimantan, dan Jawa. Wow cukup luas juga ya ternyata?

Makanan

Kamu tadi sudah melihat kan bentuk rahang labi-labi Hutan yang agak menyeramkan? Kira-kira makannya apa ya? Mengutip dari situs resmi Thailand National Park, ia memakan siput dan moluska lainnya. Lho, apakah kuat memakan siput dan moluska lainnya? Tentu kuat dong, karena ia bisa menghancurkan cangkang mereka dengan rahangnya yang kuat.

Habitat & Karakteristik

Kalau menyinggung soal habitat, labi-labi Hutan lebih memilih untuk hidup di air yang mengalir bersih yang ditemukan di sungai berbatu pada ketinggian yang lebih tinggi.

Perlu kamu ketahui nih, labi-labi Hutan biasanya bersifat nokturnal, di siang hari lebih banyak bersembunyi dalam lumpur. Sedangkan saat malam hari, ia cenderung aktif berburu mangsa.

Temperamen

Sebenarnya jika digabung dengan ikan lain yang lebih besar, ia cenderung takut. Kalau untuk ikan kecil, biasanya ia lebih berani bahkan labi-labi yang satu ini bakal mengejar ikan kecil tersebut. karena ia mengira itu adalah mangsanya.

Sedangkan jika temperamennya dengan manusia, ia cenderung agak agresif dan suka menggigit kalau tanganmu ada di depan mukanya. Belum lagi ketika dipegang, kakinya suka bergerak cepat seperti mendayung. Untuk itulah kamu harus berhati-hati jika ingin memegang labi-labi Hutan ini. Oke?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *