Waspada Corona, Penghobi Ikan/Kura-kura Harus Ngapain? Ini 5 Tipsnya!!

Nakama Aquatics – Wabah Corona kini semakin berdampak besar, terutama di sekitar lingkungan kita. Tidak hanya masyarakat umum saja yang terdampak, tapi juga kita, para penghobi akuatik seperti ikan maupun kura-kura.

Tentu yang kita khawatirkan bukan diri kita sendiri, tapi juga ikan maupun kura-kura yang mereka rawat. Lalu bagaimana tips agar penghobi ikan atau kura-kura tetap bertahan di tengha pandemi Corona ini? Kamu penasaran? Yuk simak berikut!!

1. Selalu sedia pakan untuk ikan/kura-kura

Tips yang pertama adalah kamu harus selalu menyediakan pakan untuk ikan dan kura-kura yang kamu rawat. Ketika pergerakan dan mobilisasi ke luar rumah dibatasi, maka itu bisa berdampak lho buat penghobi ikan maupun kura-kura.

Kamu bakal lebih terbatas untuk membeli pakan untuk ikan dan kura-kura, mengingat ada himbauan untuk tidak keluar rumah bila darurat saja. Tapi kamu bisa mensiasatinya dengan membeli pakan tersebut lebih banyak dalam sekali beli, sehingga mengurangi frekuensi kamu keluar rumah.

Misal, biasanya kamu membeli pelet 3 bungkus. Tapi karena di tengah pandemi Corona ini, kamu bisa membeli pelet sebanyak 10 bungkus untuk sekali beli. Sehingga kamu tidak perlu bolak-balik keluar rumah ‘hanya’ untuk membeli pakan ikan atau kura-kura.

2. Lebih rajin nguras air akuarium/kolam

Kemudian tips yang kedua adalah untuk lebih rajin menguras air akuarium maupun kolam. Himbauan ketika virus Corona melanda adalah untuk selalu berada di rumah.

Dengan semakin banyak waktu luang ketika berada di rumah, kamu bisa memanfaatkannya untuk menguras air akuarium maupun kolam. Berbeda dengan kondisi baisanya, dimana kamu mungkin menghabiskan waktumu di luar rumah hingga tidak sempat menguras air akuarium maupun kolam.

Tapi juga jangan sampai berlebihan, tetaplah menguras air secukupnya. Untuk ikan hias umumnya hanya cukup dikuras 20% saja setiap 2 hari sekali. Sedangkan untuk kura-kura, meski tidak terlalu berpengaruh, kamu juga harus mempertimbangkan tingkat pembuangan air seberapa banyak. Sehingga tidak ada air yang terbuang sia-sia.

3. Selalu cuci tangan setelah nguras air akuarium/kolam

Selanjutnya tips yang ketiga adalah selalu mencuci tangan setelah menguras air akuarium maupun kolam. Memang pada kondisi seperti kamu punya banyak waktu luang untuk menguras.

Tapi jangan lupakan juga kebersihan tanganmu, apalagi jika tanganmu selalu berkontak dengan mata atau mulut. Karena itulah, penting buat kamu agar selalu menjaga kebersihan tanganmu dengan mencucinya.

Apalagi mengingat air akuarium yang bisa jadi kotor, dan siapa tahu, membawa bakteri atau virus yang berbahaya bagimu. Jadi, jangan sampai lupa cuci tangan ya!

4. Lebih rutin menjemur kura-kura

Tips yang keempat adalah lebih rutin menjemur kura-kura. Untuk tips yang keempat ini bisa jadi kamu selama ini jarang melakukannya. Karena ketika pagi hari, kamu bakal lebih sibuk persiapan berangkat ke kantor atau sekolah, alih-alih menjemur kura-kura.

Begitu juga ketika sore hari, mungkin tenaga kamu sudah lelah dan terkuras sehingga memilih untuk tidak menjemur kura-kura. Dengan begitu umumnya kamu bakal menjemur kura-kura pada hari sabtu dan minggu saja. Yaitu pada saat libur.

Berbeda dengan kondisi sekarang dimana kamu punya banyak waktu luang di rumah. Kamu bisa memanfaatkannya dengan menjemur kura-kura di pagi hari. Harapannya kura-kura yang kamu rawat jadi lebih sehat.

5. Menyimak Instagram Nakama Aquatics

Terakhir tips yang kelima adalah kamu bisa menyimak Instagram Nakama Aquatics. Di hari yang panjang ini, dan terus menerus berada di rumah rasanya bakal bosen bila tidak membuka media sosial, seperti Instagram.

Buat kamu para pecinta ikan maupun kura-kura, mungkin sebagian sudah tahu kalau Nakama Aquatics juga ada di Instagram. Kita bakal berintarksi dan membahas bersama seputar akuatik seperti ikan, kura-kura, dan lainnya.

Dengan begitu, selain nggak bosen, kamu juga menambah wawasan seputar dunia akuatik. Buat kamu yang belum tahu Instagramnya apa, kamu bisa langsung cek @nakamaaquatics.id . Jangan lupa follow ya supaya tidak ketinggalan berbagai pembahasan menarik seputar akuatik.

Nah itulah 5 tips yang bisa kamu lakukan sebagai penghobi ikan/kura-kura ketika sedang dilanda virus Corona ini. Semoga kamu bisa mendapat manfaatnya dan bisa terus bertahan bersama teman-temanmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *