Kura-kura Picta Si Kura-kura yang Berasal dari Atlantik

Nakama Aquatics – Kura-kura air apa sih yang menurutmu punya ciri-ciri fisik paling mainstream? Jawaban kamu pasti kura-kura Brazil kan? Eeittss, tapi jangan salah sangka dulu, ternyata ada lho kura-kura yang mirip dengan kura-kura Brazil. Apa itu? Namanya adalah kura-kura Picta.

Ada fakta yang mengejutkan nih buat kamu. Sebuah fosil kura-kura Picta pernah ditemukan yang menyatakan bahwa kura-kura ini ternyata sudah eksis sejak 15 juta tahun yang lalu. Wow sudah lama juga ya ternyata?

Seperti apa sih seluk-beluk dari kura-kura Picta? Kamu mulai penasaran sekarang? Yuk simak berikut!!

Klasifikasi Ilmiah

Kingdom : Animalia

Filum : Chordata

Kelas : Reptilia

Ordo : Testudines

Subordo : Cryptodira

Famili : Emydidae


Subfamili : Deirochelyinae

Genus : Chrysemys

Spesies : C. picta

Nama Latin/Ilmiah : Chrysemys picta

Bentuk fisik

Mengenai bentuk fisik, kalau dilihat secara sekilas, kura-kura Picta ini mirip sekali ya dengan kura-kura Brazil? Warna kerapasnya berwarna zaitun kehitaman, sedangkan plastron yang bagian bawah itu berwarna kuning. Tuh kan, kurang mirip apalagi coba? Jadi kalau secara keseluruhan dan sekilas, hampir mirip deh dengan kura-kura Brazil.

Soal ukuran, kura-kura Picta dapat mencapai panjang maksimal 25 cm. Bagaimana? Apakah menurutmu itu termasuk kura-kura air yang besar?

Penyebaran wilayah

Kalau mengenai penyebaran wilayah, kura-kura Picta adalah kura-kura endemik yang paling tersebar luas di Amerika Utara. Wilayahnya mencakup mulai dari Kanada selatan ke Meksiko utara, dan dari Atlantik ke Pasifik.

Makanan

Eh makanan kura-kura Picta itu apa sih? Jadi makanan kura-kura Picta mulai dari tumbuhan air, ganggang, dan makhluk air kecil lainnya seperti serangga, krustasea, dan ikan.

Yah meskipun ironinya adalah ketika masih bayi maupun saat jadi telur, ia sering menjadi incaran predator lain seperti tikus, anjing, dan ular. Tapi begitulah ekosistem di alam liar. Siapa yang dapat bertahan, dia yang menang.

Habitat & karakteristik

Untuk berkembang, kura-kura Picta membutuhkan habitat khusus yang bisa mendukung mereka. Habitatnya itu perairan dengan bagian dasar yang lembut, lalu terdapat tempat untuk berjemur, serta banyak vegetasi air alias tanaman-tanaman air.

Mereka ternyata suka sekali dengan arus yang bergerak lambat, seperti anak sungai, rawa-rawa, kolam, dan tepi danau.

Biasanya ketika siang hari, ia cenderung istirahat atau mungkin berjemur. Berbeda ketika malam hari, ia bakal lebih aktif untuk berburu mangsa.

Temperamen

Kalau kamu punya kura-kura ini, atau mungkin pernah lihat video tentang kura-kura Picta di Youtube pasti bsia menebak dong seperti apa temperamen dari kura-kura ini?

Yup, kura-kura ini cukup jinak jika berinteraksi dengan manusia. bahkan ia cenderung malu-malu atau kabur ketika berhadapan dengna manusia. Lain cerita ketika dengan ikan, justru ia bakal emmangsanya. Kalau kura-kura Picta dengan kura-kura lain sih biasanya bakal cenderung aman ya, jadi kamu tidak perlu khawatir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *