Emangnya Seseram Apasih Ikan Goliath Tigerfish?

Nakama Aquatics – Ikan air tawar tersebar luas di seluruh penjuru dunia. Ada jenis ikan air tawar yang non-predator. Tapi ada juga jenis ikan air tawar yang predator.

Beberapa dari jenis ikan predator maupun non-predator tersebut hidup berdampingan dengan buaya karena memang dalam satu ekosistem. Dan mungkin kebanyakan dari kita bakal berpikir bahwa buaya adalah raja air tawar yang ada saat ini.

Akan tetapi, ternyata ada ikan yang sanggup memakan binatang buas yang biasa kita temukan di sungai tersebut. Ikan tersebut adalah Goliath Tigerfish yang memang biasa dikenal sebagai salah satu monster di sungai.

Bahkan dalam media Daily Star yang membahas mengenai keganasan ikan Goliath Tigerfish, mendapatkan beberapa komentar yang menggambarkan betapa mengerikannya ikan ini.

Komentar-komentar tersebut seperti “Selalu tahu jika ketakutan saya terhadap perairan gelap tidak sepenuhnya tidak masuk akal”. Lalu ada juga komentar “Ini adalah salah satu hal yang saya tidak akan pernah percaya ada kecuali tertangkap di kamera”.

Lalu seperti apakah seramnya ikan Goliath Tigerfish ini? Kamu semakin merinding dan penasaran? Yuk simak berikut!!

Sekilas tentang ikan Goliath Tigerfish

Sekilas, ikan Goliath Tigerfish punya tubuh yang cukup mengerikan namun keren sekaligus. Sesuai dengan namanya, ikan air tawar yang satu ini benar-benar seperti harimau dan goliath. Ketika sudah menyandang nama ‘Goliath’, maka hal yang pertama kali terlintas dalam benak pikiran kita adalah ganas dan bringas.

Dan memang ikan Goliath Tigerfish ini benar-benar menakutkan. Ia memiliki 32 gigi yang berjarak dan tersusun rapi di tepi rahangnya. Gigi-gigi tersebut saling mengunci antara gigi atas dan bawah.

Jadi jika ada mangsa yang sudah tercengkram dan terkunci oleh gigi dan rahangnya tersebut, maka sudah bisa dipastikan akan sangat sulit untuknya keluar dari cengkraman tersebut.

Tidak hanya bentuknya saja, tapi ukurannya pun sangat besar karena bisa mencapai panjang hingga 1,53 meter dengan berat 70 kilogram. Panjang tubuhnya tersebut sekitar 5 kaki. Wow sungguh mengejutkan!!

Habitat ikan Goliath Tigerfish

Goliath Tigerfish adalah ikan air tawar yang punya nama latih ‘Hydrocynus goliath’. Ikan ini adalah ikan buas yang berasal dari Afrika. Ia menyebar mulai dari Tanzania hingga ke Republik Demokratik Kongo.

Untuk habitat ikan Goliath Tigerfish, ia sering menghuni sungai dengan arus yang sangat deras bahkan kondisi airnya agak keruh. Sungai tersebut bernama Sungai Kongo.

Goliath Tigerfish ini memiliki kecepatan yang dapat mengatasi derasnya arus sungai tersebut. Bergerak kesana-kemari dengan lincahnya, meski aliran sungai tersebut menantangnya dari arah yang berlawanan.

Goliath Tigerfish adalah ikan yang cukup baik apabila di-tankmate dengan ikan predator lain pada umumnya, namun tetap jangan lupa untuk memberi makan tepat waktu. Sebab Goliath Tigerfish cepat atau lambat bisa melukai tankmate-nya jika tidak diberi makan.

Goliath Tigerfish melawan buaya

Mengutip dari media Daily Star, bahwa menurut sebuah pengamatan dan informasi dari warga lokal setempat, ikan ini sama sekali tidak takut dengan buaya.

Goliath Tigerfish bakal benar-benar menyerang mangsa yang jauh lebih besar, termasuk buaya. Hal ini tentu akan mengagetkan kita semua mengingat buaya merupakan salah satu hewan air yang tidak kalah buas dan mengerikan.

Tubuh buaya terbilang cukup besar dan dipenuhi kulit yang keras. Selain itu mulut dan gigitan buaya juga juga didesain khusus untuk berburu mangsa. Maka sudah seharusnya ikan bukanlah tandingan bagi buaya yang hebat ini.

Tapi sepertinya Goliath Tigerfish menjadi pengecualian dari sekian banyak ikan-ikan yang menjadi mangsa buaya tersebut. Buaya yang dimaksud ini, secara spesifik adalah Buaya Nil alias Nile Crocodile.

Ketika Goliath Tigerfish bertemu dengan anak-anak buaya, maka dengan mudahnya ia akan memakan buaya-buaya kecil tersebut.

Apabila Goliath Tigerfish ternyata bertemu dengan buaya yang masih remaja, maka bisa jadi ada perlawanan dari buaya tersebut. Tapi apadaya, Goliath Tigerfish ini sungguh kuat untuk menantang buaya remaja tersebut. Sehingga bisa membuat buaya remaja tersebut terluka parah hingga cacat.

Dan jika Goliath Tigerfish bertemur buaya dewasa pun, maka pertarungan hebat dan sengit sudah pasti terjadi. Tubuh Goliath Tigerfish yang gesit dan bertenaga disertai gigi-giginya yang tajam mampu menandingi buaya dewasa. Saling dorong mendorong maupun gigit menggigit antara Goliath Tigerfish dan buaya tidak terhindarkan lagi. Tapi kemungkinan besar Goliath Tigerfish lah yang menjadi pemenangnya meskipun mungkin harus menerima luka yang parah juga.

Seseram itu, memangnya apa makanan Goliath Tigerfish?

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa ikan Goliath memiliki 32 gigi yang berjarak dan rapi di tepi rahangnya. Dengan giginya tersebut maka sudah pasti akan membantunya dalam berburu mangsa.

Ikan Goliath Tigerfish memakan berbagai hewan lain seperti ikan kecil, krustasea, dan lainnya. Namun ada hal yang sangat mengejutkan dari makanan ikan Goliath Tigeerfish ini.

Ikan ini diketahui memangsa lele seberat 60 pon, dan yang lebih mengejutkan lagi adalah Goliath Tigerfish ini merobeknya menjadi dua bagian. Sungguh mengerikan.

Tentu ini menandingi saudaranya, African Tigerfish, dalam hal mangsa. Dimana saudaranya ini juga punya mangsa yang unik yaitu burung. Ya, kamu tidak salah mendengar, saudara dari Goliath Tigerfish, yaitu African Tigerfish saja, bisa memangsa burung.

Jadi tidak heran setelah mengetahui kegilaan African Tigerfish yang memangsa burung, maka juga tidak heran mendengar Goliath Tigerfish yang memangsa buaya maupun lele raksasa.

Target pancing yang ekstrim dari Jeremy Wade

Buat kamu para pecinta ikan monster dan ikan predator tentu sudah tidak asing lagi dengan sosok yang satu ini. Ya, namanya adalah Jeremy Wade.

Jeremy Wade adalah seorang pemancing profesional yang berasal dari Inggris. Ia merupakan satu dari sedikit orang yang berhasil menangkap ikan Goliath Tigerfish, si harimau air asal Sungai Kongo tersebut.

Jeremy Wade ini bahkan mampu mengalahkan Goliath Tigerfish yang berukuran panjang 5 kaki atau sekitar 1,5 meter berbobot 45 kilogram setelah berupaya menangkapnya selama 8 hari. Perjuangannya tersebut patut diapresiasi.

Bahkan tangkapan Jeremy Wade ini diunggah di channel Youtube-nya yaitu River Monster. Pada video berjudul ‘Jeremy Wade Catches Killer Goliath Tigerfish’, Jeremy Wade menarik perhatian begitu banyak orang yang kagum sekaligus kaget akan hasil perjuangannya tersebut.

Bahkan video tersebut viral dengan berhasil menggaet 23 juta kali ditonton. Yah, meski video tersebut sudah bertengger lama di Youtube sejak 4 tahun yang lalu, tetap saja pencapaian 23 juta kali ditonton menunjukan betapa Jeremy Wade melawan Goliath Tigerfish adalah hal yang benar-benar gokil.

Bagaimana kalau tidak seseram itu?

Kita sudah membahas banyak sekali hal-hal yang sangat menakutkan dari ikan Goliath Tigerfish. Tapi coba kita balik, bagaimana kalau ternyata ikan Goliath Tigerfish tidak seseram itu? Apalagi ketika ikan Goliath Tigerfish tersebut amsih berukuran sangat kecil.

Ya, ada kemungkinan besar ikan Goliath Tigerfish bakal dipelihara oleh para penghobi ikan predator yang ada di dunia maupun di Indonesia.

Dan sekarang pun sudah cukup banyak penghobi yang memelihara ikan Goliath Tigerfish di akuarium/tank milik mereka. Ikan Goliath Tigerfish yang mereka rawat umumnya berukuran sangat kecil yaitu sekitar 10-15 cm saja.

Dimana ukuran tersebut sangat jauh dengan ukuran maksimal ikan Goliath Tigerfish di alam liar yang bisa mencapai 1,53 meter. Itu artinya hanya sepersepuluh dari ukuran maksimalnya.

Cara merawat ikan Goliath Tigerfish

Mungkin kamu tidak akan pernah terpikirkan, bagaimana sih merawat ikan ganas yang bahkan mampu menyerang buaya dan lele raksasa? Apakah tidak berbahaya dan sulit?

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kenyatannya saat ini sudah ada beberapa penghobi yang merawat ikan Goliath Tigerfish. Yah, meskipun merawat ikan ini bukan perkara yang mudah.

Kalau kamu ingin merawatnya, siapkan tank/akuarium yang cukup luas dengan panjang 2 meter atau lebih. Itu semua agar ikan Goliath Tigerfish ini bisa bergerak dengan bebas dan leluasa.

Lalu sebagai tambahan, kamu bisa menggunakan alat bernama Wave Maker yaitu pembuat arus air. Dimana tentu akan sangat disukai oleh ikan Goliath Tigerfish ini. Di habitat aslinya saja ia sering melawan derasnya arus Sungai Kongo. Maka tidak ada salahnya jika kita menggunakan Wave Maker sebagai penggantinya.

Lalu untuk makanan, bisa jadi ini agak sedikit merepotkan. Karena umumnya ikan Goliath Tigerfish yang masih kecil hanya mau memakan ikan-ikan kecil yang masih hidup. Tentu bisa saja ikan Goliath Tigerfish kecil memakan makanan mati, tetapi hal tersebut jarang ditemukan.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah ikan Goliath Tigerfish ini benar-benar seram, apalagi ketika sudah dewasa. Mendapat predikat sebagai ‘Goliath’, tentu ikan ini bukan ikan kaleng-kaleng.

Beberapa artikel dan media menggambarkannya sebagai salah satu sosok monster raksasa yang menakutkan bahkan untuk pemancing profesional sekalipun.

Dimana sebagai buktinya, ia mampu memangsa lele raksasa bahkan buaya. Dengan giginya tersebut sudah pasti mangsa-mangsa tersebut bukan masalah besar baginya.

Dan meski bisa dipelihara di tank/akuarium kamu sendiri, tentu memerlukan perawatan khusus yang bisa jadi bagi sebagian besar orang cukup sulit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *