Ekostis Semua!! 9 Ikan yang ada di Sungai Mississippi, Mana Favoritmu?

Nakama Aquatics – Buat kamu pecinta ikan pasti tidak asing dengan sungai yang satu ini. Sungai tersebut bernama Sungai Mississippi. Sungai Mississippi ini salah satu sungai di Amerika Serikat.

Sungai ini juga jadi salah satu sungai terpanjang di dunia dan merupakan sungai terpanjang ke-2 di Amerika Serikat lho.

Tercatat sungai ini panjangnya sampai 3,734 km. Wah gila sih panjang banget. Dan yang pasti di sungai Mississippi yang panjang tersebut ada banyak banget ikan-ikan di dalamnya. Apa saja ikan yang ada di sungai tersebut? Yuk simak berikut!!

1. Paddlefish

Pada urutan pertama ada yang namanya ikan Paddlefish. Ikan ini punya nama latin Polyodon spathula. Paddlefish ini ikan yang unik banget. Paddlefish memiliki hidung berbentuk dayung panjang menyerupai hiu gergaji.

Ini yang menjadikan ciri khas unik yang dimiliki Paddlefish. Dan ternyata hidung yang menyerupai dayung ini berfungsi untuk mendeteksi mangsa di Sungai Mississippi.

Soal fisik tubuh, ikan ini bisa tumbuh hingga panjang sekitar 2 sampai 3 meter. Dan berat bisa mencapai 100 kilogram. Dengan panjang dan berat maksimal seperti itu, tentu ikan ini butuh tempat yang sangat luas untuk hidup.

Alasan ikan ini senang berputar-putar mengelilingi sungai sambil membuka mulutnya lebar-lebar karena makanan utama ikan ini adalah zooplankton. Jadi saat berenang-renang, zooplankton yang masuk ke mulut Paddlefish akan tertahan oleh filamen insang sedangkan air sisanya dibuang melalui insang.

Sehingga sangat cocok dengan tipikal Sungai Mississippi yang sangat panajng tersebut.

2. Lake Sturgeon

Selanjutnya pada urutan kedua ada yang namanya ikan Lake Sturgeon. lake Sturgeon juga jadi ikan yang turut meramaikan Sungai Mississippi ini.

Ia punya nama latin Acipenser fulvescens. Bentuk fisik dari ikan Lake Sturgeon cukup unik dan benar-benar prasejarah.

Bentuk keseluruhan tubuhnya yang ramping dan terdapat semacam barisan bantalan kulit dari lempeng tulang di sisi dan punggungnya. Dengan begitu ia akan terlihat seperti torpedo yang berlapis baja.

Makanan utama ikan Lake Sturgeon adalah larva, serangga, siput, kerang, cacing , dan juga organisme kecil lainnya yang ditemukan di Sungai Mississippi. Oh iya, soal ukuran tubuh ia bisa mencapai panjang 2,2 meter dengan berat 108 kilogram. Wah gede juga ya.

Di Sungai Mississippi tersebut ikan Lake Sturgeon biasanya ditemukan di kedalaman 20 meter. Hal itu maklum karena ia lebih suka perairan yang suhunya dingin dan biasanya itu ada di air yang cukup dalam.

3. Longnose Gar

Kemudian pada urutan ketiga ada yang namanya ikan Longnose Gar. Longnose Gar ini nggak kalah unik sama 2 ikan sebelumnya, ia punya ciri khas menarik.

Ikan dengan nama latin Lepisosteus osseus memiliki moncong yang paling panjang dibandingkan dari seluruh spesies gar. Ini yang menjadikan ciri khas unik yang dimiliki Longnose gar.

Pada moncongikan ini, berjejer gigi yang mirip jarum-jarum yang sangattajam. Soal bentuk, Longnose Gar berbentuk silindris seperti spesies gar pada umumnya.

Ikan ini bisa tumbuh hingga panjang 2 meter dan berat sekitar 4 kilogram. Namun, jika dipelihara hanya bisa mencapai panjang 60-90 centimeter saja.

Menu makanan utama dari kan Longnose gar adalah ikan hidup. Meskipun ia juga mau makanan lain asal masih muat di mulutnya yang tipis tersebut.

Ikan Longnose Gar punya dua opsi dalam bernafas yaitu dengan ke atas permukaan air untuk mengambil udara secara langsung atau bernafas di air menggunakan insang.

Karena termasuk spesies gar, ikan ini masih memiliki paru-paru primitf yang memungkinkan untuk bernafas langsung di udara.

4. American Eel

Lalu pada urutan keempat ada yang namanya ikan American Eel. American Eel ini mungkin kamu sering jumpai di tayangan National Geographic Wild.

Secara fisik, meski termasuk belut, American Eel ini cukup keren lho. Ia memiliki tubuh berwarna kehijauan, coklat kekuningan, maupun kehitaman dengan perut berwarna keputihan.

Sirip ikan American Eel ini menjuntai di sekeliling ekornya yang bulat dari punggung hingga perutnya. Soal ukuran tubuh, American Eel ini pernah tercatat paling besar bisa sampai 152 cm.

Meskipun begitu, ikan dengan nama latin Anguilla rostrata ini biasanya hanya ditemukan ukurannya sekitar 59 cm. Dengan ukurannya tersebut, ia sangat aktif berenang dan berburu di Sungai Mississippi.

Ia termasuk ikan karnivora yang memakan mulaid ari serangga, ikan, telur ikan, kepiting, cacing, kerang,katak, bahkan sampai bangkai hewan. Jadi soal makanan sih, American Eel ini cukup oportunis.

5. Northern Pike

Berikutnya pada urutan kelima ada yang namanya ikan Northern Pike. Mungkin beberapa dari kamu justru lebih akrab dengan nama latinnya yaitu Esox Lucius.

Northern Pike memiliki fisik yang cukup garang dan unik. Ikan predator ini memiliki badan yang menyerupai ikan Salmon, tetapi yang aneh adalah kepala ikan ini mirip dengan ikan Arapaima.

Ia punya tubuh berwarna kehijauan dengan bayangan kuning hingga putih di bagian perutnya. Kemudian di seluruh tubuhnya terdapat bintik-bintik terang yang membuat penampilan ikan ini semakin menarik.

Di Sungai Mississippi, Northern Pike dapat tumbuh mencapai panjang 55 cm dengan berat 28,4 kg. Kalau dipikir lumayan besar juga sih ikan Northern Pike.

Dengan ukurannya tersebut ia mampu memangsa kodok, serangga, lintah, burung, bahkan sampai mamalia kecil. Sungguh ikan predator ganas yang mengerikan ya.

6. Smallmouth Bass

Selanjutnya pada urutan keenam ada yang namanya ikan Smallmouth Bass. Dari namanya saja mungkin sudah bisa dibayangkan kalau ikan ini punya mulut yang cukup kecil.

Dan benar saja, ikan dengan nama latin Micropterus dolomieu ini punya mulut kecil dan tubuhnya berwarna coklat. Walaupun kadang juga berwarna hitam kehijauan disertai dengan mata yang merah atau coklat bikin ikan ini makin garang.

Pada tubuh ikan Smallmouth Bass ada 13-15 semacam sinar lembut di sirip punggung. Uniknya, ikan Smallmouth Bass yang masih muda memakan plankton dan serangga air yang belum dewasa.

Selain itu ikan ini ternyata juga dikenal sebagai hewan yang kanibal lho. Ikan Smallmouth Bass juga kadang memakan udang karang, ikan, dan serangga air.

Di Sungai Mississippi, ia lebih nyaman mencari di bagian yang terdapat banyak sekali vegetasi alias tanaman air. Selain untuk bersembunyi, mungkin disana juga terdapat banyak sekali mangsa untuk dimakan.

Oh iya soal ukuran, ikan ini dapat mencapai panjang sekitar 40 cm. Lumayan besar sih untuk meramaikan Sungai Mississippi yang panjang tersebut.

7. Bluegill

Kemudian pada urutan ketujuh ada yang namanya ikan Bluegill. Gampangnya sih ikan ini punya fisik yang kurang lebih mirip seperti ikan nila.

Ia punya tubuh yang agak bantet dan berbentuk agak membulat jika dilihat dari samping. Ikan Bluegill ini juga punya ciri khas terutama bagian warnanya.

Tubuh ikan Bluegill ini berwarna biru tua dan ungu pada bagian muka dan penutup insang, lalu warna zaitun tua di bagian samping, dan pada perut berwarna oranye menyala hingga kuning.

Meskipun telah dilaporkan ikan Bluegill ada yang berukuran 41 cm, namun secara umum ikan dengan nama latin Lepomis macrochirus ini hanya tumbuh sekitar 19 cm saja.

Soal makanan, di Sungai Mississippi terebut ia menjadi predator pemakan yang sangat oportunistik. Dengan kata lain ia bakal memakan serangga, larva serangga, krustasea kecil, dan cacing.

8. Walleye

Abis itu pada urutan kedelapan ada yang namanya ikan Walleye. Walleye ini juga bisa dibilang ikan predator yang tidak kalah menarik di Sungai Mississippi ini.

Ikan dengan nama latin Sander vitreus ini suka sekali memakan ikan Yellow Perch dan Minnows saat dewasa. Walaupun begitu, lebih gilanya lagi ternyata ikan Walleye juga memakan udang karang, siput, katak, mudpuppies sampai mamalia kecil.

Kalau dipikir-pikir sih cukup gila juga ya makanannya tersebut. Bisa dibilang sih ikan ini termasuk ikan monster.

Ia punya sirip yang terbelah menjadi 2 bagian. Bagian anterior atau depan berduri dan bagian posterior atau belakang lunak. Ikan Walleye punya punggung berwarna hijau tua, sisi kuning keemasan, dan perut berwarna putih.

Berbicara soal ukuran, seperti yang sudah dibilang kalau ikan ini termasuk monster. Bayangkan saja ia bisa mencapai panjang 1 meter. Tentu itu ukuran ikan yang cukup besar di Sungai Mississippi ini.

9. White Sucker

Terakhir pada urutan kesembilan ada yang namanya ikan White Sucker. Ikan ini punya nama latin Catostomus commersonii.

Berbeda dengan urutan-urutan sebelumnya yang mungkin ukurannya cukup jumbo dan tergolong monster, ikan White Sucker ini cukup kecil lho.

Ukuran tubuhnya hanya dapat mencapai panjang sekitar 65 cm. Ikan White Sucker ini punya ciri khas di moncong bagian bawah yang seperti ikan pengisap lainnya.

Selain itu tubuh ikan White Sucker ini ramping dengan sirip punggung yang datar tunggal. Ketika kita lirik ke bagian belakang, tampak sirip ekornya punya lekukan yang kuat.

Makanan ikan ini cukup bervariasi meskipun tidak terlalu aneh. Ia memakan mulai dari alga, siput, kerang, larva serangga, detritus, sampai telur ikan.

Nah jadi itulah 9 ikan yang menghuni Sungai Mississippi. Sesuai dugaan ternyata sungai terpanjang ini dihuni oleh ikan-ikan monster. Bagaimana menurutmu? Mana ikan yang jadi favoritmu? Tulis di kolom koemntar ya. Semoga bermanfaat!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *