Channa Maru VS Channa Barca, Mana Ikan yang Lebih Keren?

Nakama Aquatics – Jika kamu berkecimpung di dunia ikan hias, khususnya ikan predator, mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya ikan Gabus. Atau dalam beberapa kasus disebut sebagai Channa.

Keindahan serta keelokan ikan Gabus atau Channa ini menjadi daya tarik banyak orang. Tapi dari sekian banyak jenis ikan Channa, ada 2 jenis yang sangat menonjol yaitu Channa Marulioides dan Channa Barca.

Pertanyaannya adalah, sebenarnya siapa yang paling bagus? Kamu penasaran? Yuk simak berikut!!

Kepopuleran masing-masing ikan

Sebelum kita membandingkan lebih detail tentna gkedua jenis ikan Channa ini, yaitu Channa Maru dan Channa Barca, mari kita lihat kepopuleran masing-masing ikan.

Beberapa waktu yang lalu mimin sempat survey kecil-kecilan mengenai kepopuleran tentang kedua ikan ini.

Hasilnya pun ikan Channa Barca lebih diunggulkan 2 kali lebih banyak dibandingkan Channa Maru. Itu jika dilihat hanya dari angka.

Tapi bagaimana kalau dibahas secara detail dan terperinci tentang kedua ikan ini? Tenang, untuk itulah pembahasan ini ada. Simak terus sampai selesai supaya kamu tahu.

Sekilas tentang fisik masing-masing ikan

Pertama kita membahas dari segi fisik terlebih dahulu. Sekilas dari segi fisik, tentu ikan Channa Maru dan Channa Barca memiliki ciri khas yang berbeda.

Ikan Channa Maru memiliki corak yang begitu indah dan elegan. Warna tubuh pada Channa Maru adalah oranye kekuningan pada bagian bawahnya, sedangkan pada bagian atas tampak berwarna dominan hitam. Pada tubuh Channa Maru ini juga terdapat semacam corak berbentuk bunga teratai.

Berbeda dengan ikan Channa Barca, ia memiliki corak yang lebih eksotis dan mewah. Tubuhnya didominasi warna biru kehijau dengan titik-titik hitam yang membentuk pola tertentu. Siripnya bagian atas berwarna oranye samar-samar, sedangkan siripnya bagian bawah berwarna biru kehijauan. Yang menarik adalah kedua sirip ini dipercantik strip hitam di bagian ujungnya.

Untuk ukuran tubuh, Channa Marulioides hanya dapat tubuh mencapai panjang 65 cm. Sedangkan Channa Barca dapat tumbuh hingga mencapai 90 cm.

Sehingga jika dari segi fisik, mengingat bahwa keren itu identik dengan sesuatu yang eksotis dan biasanya semakin besar semakin bagus, maka menurut mimin Channa Barca lebih diunggulkan disini.

Sehingga skornya 0 untuk Channa Maru dan 1 untuk Channa Barca.

Makanan keduanya adalah…

Lalu jika kita menyinggung soal makanan, baik ikan Channa Maru maupun Channa Barca adalah sesama ikan predator.

Mereka berdua sama-sama memakan mulai dari ikan, amfibi, hingga serangga darat. Dan karena mereka sesama ikan Gabus, tentu cara berburunya tidak jauh berbeda.

Dan jelas, baik ikan Channa Barca maupun Channa Maru bukanlah ikan predator kaleng-kaleng. Saat mereka berburu tentu sergapannya yang lincah dan gesit menjadi andalannya.

Selain itu dalam hal akselerasi, mereka sangat cepat hingga bisa membuat kita kaget karena efek kejut air tersebut.

Jadi jika dilihat dari segi makanan, bisa dibilang skornya adalah seri. Sehingga skornya masih tetap sama, yaitu 0 untuk Channa Maru dan 1 untuk Channa Barca.

Dari segi penyebaran wilayah

Jika kita melihatnya dari segi penyebaran wilayah mungkin akan cukup seru. Mengingat ikan Channa Maru dan Channa Barca memiliki penyebaran wilayah yang berbeda.

Kita mulai dari penyebaran wilayah ikan Channa Maru. Ia menyebar mulai dari Thailand selatan (di bawah Tanah Genting Kra), Malaysia, dan Indonesia, termasuk Kepulauan Sunda Besar.

Sedangkan untuk ikan Channa Barca, hanya menyebar secara terbatas yaitu di negara bagian Assam dan Nagaland di timur laut India.

Jika dibandingkan, penyebaran wilayah Channa Maru yang menjangkau lebih banyak wilayah dibandingkan Channa Barca. Dimana Channa Barca cenderung lebih eksklusif.

Yang mana kalau kita kaitkan, kata “eksklusif” biasanya identik dengan kata “keren”. Sehingga karena Channa Barca punya cakupan wilayah yang lebih eksklusif, maka Channa Barca lebih diunggulkan disini.

Sehingga skornya berubah menjadi 0 untuk Channa Maru dan 2 untuk Channa Barca.

Dari segi temperamen

Kemudian jika kita melihat dari segi temperamen, ada beberapa perbedaan antara Channa Maru dan Channa Barca. Yah, meskipun mereka sama-sama ikan Gabus sekalipun.

Beberapa sumber mengatakan bahwa ikan Channa Maru masih bisa digabung dengan ikan lainnya saat masih kecil. Baru ketika mencapai kematangan seksualnya, ikan Channa Maru sangat agresif dan tidak bisa digabung dengan ikan lain.

Berbeda dengan ikan Channa Barca yang sudah sangat agresif dan teritorial sejak masih kecil. Karena itulah jangan heran jika memelihara Channa Barca sebaiknya sendirian saja.

Untuk temperamen, mimin lebih pilih Channa Maru mengingat semakin ikan itu bisa digabung dengan ikan lainnya maka akan semakin keren karena bervariasi tank tersebut. Sehingga dalam hal tempereman, Channa Maru lebih diunggulkan disini.

Jadi skor 1 untuk Channa maru dan 2 untuk Channa Barca.

Kesimpulan

Nah jadi itulah pertandingan Channa Maru dan Channa Barca dari berbagai sisi. Hasil skornya adalah 1 untuk Channa Maru dan 2 untuk Channa Barca. Sehingga Channa Barca yang keluar sebagai pemenang ikan yang lebih keren.

Iya, mimin tahu kalau ikan yang lebih keren itu sangat relatif dan tiap orang bisa berbeda-beda. Jadi kalau kamu punya pendapat lain silahkan tulis di kolom komentar. Semoga bermanfaat!!

One thought on “Channa Maru VS Channa Barca, Mana Ikan yang Lebih Keren?

  • September 28, 2020 at 6:39 pm
    Permalink

    Min apakah ada pengaruh lokaliti terhadap warna dominan maru? Misal sumatera dominan kuning, kalimantan dominan merah, dst

    Kalau gak ada, berarti semua maru terlepas dari lokaliti mana punya probabilitas yang sama untuk jadi kuning, merah, biru, apapun itu?

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *