Awas Kesetrum!! 7 Ikan Air Tawar yang Menghasilkan Listrik

Nakama Aquatics –¬†Ikan air tawar tentu punya caranya sendiri untuk berburu dan mendapatkan mangsa. Dan dari sekian banyak cara, ada beberapa ikan unik yang menggunakan listrik sebagai senjata utamanya untuk berburu mangsa.

Ikan-ikan berikut disebut Electric Fish alias ikan listrik. Dimana mereka mengeluarkan listrik langsung dari tubuhnya. Fungsinya secara spesifik bisa berbeda tergaantung dari golongannya.

Jika bergolongan Strongly Electric Fish, maka listriknya tersebut bisa sampai membunuh atau menyerang mangsa. Namun untuk golongan Weekly Electric Fish, maka listriknya hanya sekedar mendeteksi mangsa atau lingkungan sekitar.

Lalu apa saja sih ikan-ikan air tawar berkemampuan listrik ini? Kamu penasaran? Yuk simak berikut!!

1. Belut Listrik

Pada urutan pertama ada yang namanya ikan Belut Listrik. Kalau kalau kita ngomongin soal ikan yang menghasilkan listrik, rasanya memang ada yang kurang jika tidak menyinggung Belut Listrik.

Belut Listrik ini ikonik banget. Ia mampu tumbuh mencapai panjang 2,5 meter lho. Sungguh ukuran yang sangat mengerikan.

Dengan ukurannya yang besar tersebut ia mampu mengeluarkan aliran listrik sebesar 650 volt untuk berburu maupun membela diri. Melalui listrik 650 volt tersebut ia bahkan bisa melumpuhkan seekor buaya dalam sekali serangan.

Kekuatan listriknya tersebut jelas sangat menakutkan, apalagi buat kita sebagai manusia. Bahkan diketahui Belut Listrik bisa mengeceas iPhone dalam sekejap.

Karena kemampuan listriknya inilah, Belut Listrik termasuk ikan yang masuk golongan “Strongly Electric Fish”. Dimana selain untuk mendeteksi, listriknya bisa juga sekaligus menyerang dan membunuh.

2. Lele Listrik

Kemudian yang kedua ada yang namanya ikan Lele Listrik. Dalam bahasa inggris ikan ini disebut Electric Catfish, yang mana mungkin kamu familiar karena iajuga dijadikana sebagai ikan hias.

Sesuai namanya, ikan ini dapat mengaliriri listrik dari tubuhnya. Biasnaya ia gunakan untuk mendeteksi lingkungan sekitar sampai berburu mangsa. Diketahui kekuatan listriknya ini mencapai 350 volt.

Memang tidak sebesar Belut Listrik, tapi tetap saja kekuatannya membuat kita merinding. Karena itulah ketika kita memelihara ikan Lele Listrik sebaiknya perlu waspada dan jangan asal nyelupin jari ke dalam air.

Meski tubuhnya lucu karena berbentuk batang dan membulat, namun ikan ini ternyata bisa tumbuh mencapai panjang hingga 1,2 meter denga berat 20 kilogram. Cukup besar bila dibandingkan ikan Lele secara umum.

3. Black Ghost Knifefish

Selanjutnya pada urutan ketiga ada yang namanya ikan Black Ghost Knifefish. Dari namanya saja, ikan Black Ghost Knifefish sudah terdengar sangat menyeramkan

Tubuh ikan Blackghost Knifefish mampu menghasilkan sinyal listrik lemah berkekuatan 550 volt dengan frekuensi medan listrik antara 0,1-10 kHz. Sinyal listrik lemah tersebut berasal dari organ ekor ikan Black Ghost Knifefish dan dengan cepat didistribusikan oleh reseptor yang ada di seluruh kulitnya untuk mendeteksi keberadaan mangsa, contohnya seperti larva serangga.

Cara berburunya tersebut memang sangat impresif. Dan perlu kamu ketahui kalau listriknya ini lebih digunakan sebagai alat pendeteksi mangsa ataupun lingkungan sekitar.

Dimana ikan Black Ghost Knifefish gemar memangsa mulai dari cacing sampai dengan larva serangga. Sungguh mengesankan.

4. Elephantnose Fish

Berikutnya pada urutan keempat ada yang namanya ikan Elephantnose Fish. Jika kita lihat, ciri khas ikan Elephantnose ada di mulut bagian bawahnya yang mirip belalai gajah.

Meskipun terlihat lucu, namun ternyata ikan ini punya kemampuan mengalirkan listrik dari dalam tubuhnya. Diketahui ikan Elephantnose Fish ini mampu mengeluarkan listrik sebesar 500 volt.

Dimana sama seperti ikan Black Ghost Knifefish, fungsinya lebih sebagai mendeteksi mangsa ataupun lingkungan sekitar. Jadi bukan untuk membunuh dan menyerang mangsa.

Dengan kata lain ikan Elephantnose Fish termasuk ikan Weekly Electric Fish mengingat kekuatan listriknya yang tidak begitu besar dan hanya sebagai pendeteksi saja.

5. Bottlenose Mormyrid

Lalu pada urutan kelima ada yang namanya ikan Bottlenose Mormyrid. Ikan Mormyrid memiliki bentuk tubuh yang menyerupai lumba-lumba, karena itulah ikan ini sering dijuluki lumba-lumba air tawar.

Ikan Mormyrid bisa tumbuh besar dengan ukuran panjang maksimal 75 centimeter dan dengan berat mencapai 10 kilogram. Memang ia bukanlah ikan yang bisa tumbuh besar apalagi raksasa.

Yang cukup mengejutkan adalah kekuatan listrik dari ikan Bottlenose Mormyrid ini hanya mencapai 25 volt saja. Tentu kita akan cukup kaget mendengarnya mengingat selisih perbedaan kekuatan listriknya sangat jauh dibandingkan ikan-ikan sebelumnya.

Dan tanpa perlu didebat, listriknya tersebut hanya digunakan ikan Mormyrid sebagai pendeteksi saja. Entah itu mangsa maupun lingkungan sekitar. Oleh karenanya, ikan Mormyrid termasuk ikan listrik bergolongan “Weekly Eletric Fish”.

6. Glass Knifefish

Setelah itu pada urutan keenam ada yang namanya ikan Glass Knifefish. Glass Knifefish punya tubuh yang lumayan unik, apalagi tubuhnya agak transparan.

Seperti jenis Knifefish lainnya, bentuk tubuh ikan ini mirip sekali dengan pisau. Jika kita cari, memang belum ada data pasti yang memberi tahu secara spesifik seberapa besar kekuatan listrik yang bisa dibuat oleh si Glass Knifefish ini.

Namun yang pasti bisa diperkirakan kalau listrik dari ikan Glass Knifefish ini tidaklah besar-besar amat. Kurang lebih fungsinya juga mirip seperti Mormyrid maupun Elephantnose yang hanya untuk pendeteksi saja.

Dugaan tersebut bukannya tanpa alasan, mengingat terdapat data juga yang mengatakan kalau Glass Catfish termasuk ikan listrik bertipe Weekly Electric Fish alias ikan dengan kekuatan listrik yang lemah.

7. Belida

Terakhir pada urutan ketujuh ada yang namanya ikan Belida. Siapa sangka ikan Belida yang kita kenal selama ini ternyata juga mengaliri listrik dalam tubuhnya.

Disebutkan kalau ikan Belida ini hanyalah tipe Weekly Electric Fish. Meskipun memang belum ada data pasti juga lebih tepatnya berapa volt yang dihasilkan oleh ikan Belida ketika mendeteksi mangsa dan lingkungan sekitar.

Tapi dengan petunjuk kalau ikan Belida termasuk ikan berlistrik lemah, maka sudah cukup bisa disimpulkan kalau listriknya bukan untuk membunuh maupun menyerang.

Dimana ikan Belida ini gemar sekali berburu mulai dari ikan kecil, udang, hingga serangga. Dengan kata lain, meskipun ia termasuk ikan predator namun listrik bukan untuk membunuh secara langsung.

Nah itulah tadi 7 ikan air tawar yang menghasilkan listrik. Baik itu listrik yang hanya sekedar mendeteksi sampai listrik yang bisa membunuh. Mana ikan air tawar berlistrik yang paling kamu sukai? Tulis di kolom komentar ya. Semoga bermanfaat!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *