Tire Track Eel Si Belut Dengan Corak Batik

Nakama Aquatics – Anda adalah penggemar ikan belut? Mungkin ada baiknya apabila Anda mencoba memelihara ikan yang satu ini. Tire Track Eel, si belut dengan corak batik.

Corak batik? Seekor belut dengan corak batik yang menghiasi badannya? Iya. Keren bukan? Ikan belut ini biasanya kerap menjadi pendamping ikan-ikan predator. Dan ternyata Tire Track Eel juga punya nama lain loh. Namanya adalah Spinny Eel, Zigzag Eel, Leopard Spinny Eel, dan juga White-spotted Spinny Eel.

Baca juga : 6 Ikan Predator Air Tawar Tipe Bawah yang Populer

Tire Track Eel adalah ikan predator tipe bawah, atau biasa disebut sebagai “Bottom Cleaner”. Fungsi dari ikan predator tipe bawah adalah membersihkan sisa-sisa makanan yang masih ada di bagian bawah tank/akuarium sehingga lebih bersih.

 

Klasifikasi Ilmiah

Kingdom : Animalia

Filum : Chordata

Kelas : Actinopterygii

Ordo : Synbranchiformes

Famili : Mastacembelidae

Genus : Mastacembelus

Spesies : M. armatus

Nama Latin/Ilmiah : Mastecembelus armatus

Sumber gambar : pinterest.com

 

Bentuk Fisik

Sumber gambar : azgardens.com

Tire Track Eel sebenarnya memiliki bentuk fisik yang hampir sama seperti ikan belut pada umumnya. Hanya saja pada bagian ekornya terdapat seperti sirip yang sedikit lebar dan sedikit meruncing bagaikan duri.

Pada warna, Tire Track Eel termasuk ikan cantik untuk sekelas belut. Tubuhnya yang coklat dihiasi dengan corak batik yang indah.

Soal ukuran, Tire Track Eel dapat tumbuh mencapai panjang sekitar 90 cm. Tapi biasanya ikan ini banyak dijumpai hanya mencapai panjang sekitar 50 cm saja.

 

Penyebaran wilayah

Sumber gambar : animal-world.com

Belut yang satu ini berasal dari India, Thailand, Indonesia, Sri Lanka, Pakistan, Vietnam, dan juga beberapa daerah di Asia Tenggara.



Makanan

Sumber gambar : [at]animal_lovers_._ (Instagram)

Makanan dari Tire Track Eel adalah larva serangga, cacing darah, cacing tanah, ikan kecil, cacing beku, hingga udang. Tire Track Eel tidak suka memilih-milih makanan, baik makanan yang mati maupun hidup, semua akan dilahapnya.

Ikan ini memang cukup fleksibel soal makanan. Jadi santai saja, tidak perlu khawatir memikirkan soal makanan apabila ingin memelihara Tire Track Eel.

 

Habitat & Karakteristik

Sumber gambar : [at]dowonders (Instagram)

Habitat Tire Track Eel adalah lahan basah pada dataran rendah, sungai pesisir, dan juga rawa-rawa. Tire Track Eel sangat suka dengan perairan yang dilengkapi bebatuan, pasir, dan juga tanaman air tentunya.

Selain itu perlu diketahui bahwa belut ini adalah hewan nokturnal, artinya ikan ini berburu/aktif di malam hari tetapi tidur/istirahat ketika siang hari. Sungguh berkebalikan dengan manusia.

Ketika kamu memelihara belut ini, kamu bisa menambahkan dekorasi yang bisa membuatnya bersembunyi dalam selimut kegelapan. Contoh dekorasinya bisa seperti batu-batuan, kayu, goa-goaan, atau dekorasi apapun yang bisa digunakan untuk sembunyi.

 

Temperamen

Sumber gambar : [at]nessa_lang (Instagram)

Temperamen Tire Track Eel bisa dibilang lumayan baik. Hanya saja tetap perlu berhati-hati, sebab ikan ini bisa saja melukai ikan lain ketika kelaparan.

Untuk itulah berhati-hati apabila Anda ingin menggabungkannya dengan ikan pari. Karena mereka sama-sama ikan tipe bawah (Bottom Cleaner), ada kemungkinan ikan pari akan menjadi korban ketika Tire Track Eel kelaparan. Bahkan tidak menutup kemungkinan tubuh ikan pari bisa sobek-sobek.



Catatan khusus

Tire Track Eel digolongkan kategori “Least Concern” oleh pihak IUCN. Itu artinya Tire Track Eel masih memiliki risiko yang rendah terkait kepunahannya di habitat aslinya. Meski begitu, tetap jaga kelestariannya ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *