Tigrinus Catfish Si Zebra Berkumis Yang Menggemaskan

Nakama Aquatics – Tigrinus Catfish sebenarnya sudah tidak asing lagi di kalangan pecinta ikan predator di Indonesia, hanya saja Tigrinus Catfish termasuk golongan ikan predator kelas atas. Alasannya adalah karena perlu banderol harga yang tinggi untuk memboyong ikan ini ke tank Anda. Sehingga cukup merogoh kocek bagi siapa saja yang ingin membelinya.

Ikan ini juga punya nama lain yang sebenarnya tidak kalah populer, yaitu Zebra Shovelnose Catfish dan Tigerstriped Catfish. Disebut “Zebra” karena di bagian badannya terdapat garis-garis berpola mengarah vertikal yang menyerupai warna badan seekor zebra.

Berbicara soal tipe ikan berdasarkan letak terhadap permukaan air, Tigrinus Catfish termasuk dalam golongan ikan tipe bawah alias Bottom Cleaner.

Jadi ikan ini sangat cocok bagi Anda yang membutuhkan tukang sapu di bagian dasar (posisi bawah) tank Anda. Dijamin ikan ini mampu menangani masalah tersebut mengingat Tigrinus Catfish cukup fleksibel dalam hal makanan.

Tertarik untuk memelihara Tigrinus Catfish? Sebelum membeli hingga memelihara ikan ini, ada baiknya Anda menambah wawasan dengan cara membaca artikel berikut untuk menghindari risiko kematian ketika memelihara. Simak berikut.

 

Klasifikasi Ilmiah

Kingdom : Animalia

Filum : Chordata

Kelas : Actinopterygii

Ordo : Siluriformes

Famili : Pimelodidae

Genus : Brachyplatystoma

Spesies : B. tigrinum

Nama Latin/Ilmiah : Brachyplatystoma tigrinum

Tigrinus Catfish Si Zebra Berkumis Yang MenggemaskanSumber gambar : [at]doremonster (Instagram)

Bentuk Fisik

Bentuk Fisik Tigrinus CatfishSumber gambar : [at]fish12rage (Instagram)

Jika dilihat dari bentuk fisiknya memang mirip dengan jenis ikan-ikan lele lainnya. Hanya saja mungkin yang sedikit membedakan adalah pada ujung ekor terdapat sesuatu yang tipis seperti tali, sehingga ekor Tigrinus Catfish terlihat sangat panjang.

Tigrinus Catfish memiliki garis-garis vertikal di sepanjang badan hingga ekor serta siripnya. Garis-garis vertikal di badannya inilah yang membuat ikan ini dijuluki “Si Zebra Berkumis”, karena badannya mirip sekali dengan zebra dibandingkan dengan harimau.

Garis-garis vertikal di badannya juga membuatnya terlihat unik diantara jenis ikan-ikan lele lainnya yang kebanyakan coraknya tidak terlalu menonjol.

Berdasarkan data yang diperoleh dari jurnal milik J.G. Lundberg dan M.W. Littman pada tahun 2003, Tigrinus Catfish ternyata mampu tumbuh mencapai panjang 60 cm di alam liar.

 

Penyebaran wilayah

Tigrinus Catfish menyebar di Sungai Amazon yang meliputi Brazil dan Kolombia. Ikan ini bisa dibilang memiliki penyebaran wilayah yang cukup eksklusif, karena penyebarannya tidak terlalu luas.

 

Makanan

Makanan Tigrinus CatfishSumber gambar : tumblr.com

Di alam liar, Tigrinus Catfish hampir selalu memangsa ikan kecil. Tapi saat Anda ingin memelihara ikan ini, jangan khawatir, Tigrinus Catfish dapat beradaptasi dengan makanan mati.

Tigrinus juga lahap kok dengan makanan mati seperti potongan udang, potongan cumi, potongan ikan mati, cacing beku, ulat, bahkan kerang.

 

Habitat & Karakteristik

Habitat & Karakteristik Tigrinus CatfishSumber gambar : [at]sgtropicalfish (Instagram)

Habitat Tigrinus Catfish yang paling penting untuk diingat adalah perairan dengan kelarutan oksigen yang tinggi yaitu sekitar 5 miligram per liter.

Jadi untuk Anda yang ingin memelihara ikan ini, disarankan untuk menyiapkan aerator untuk memenuhi kebutuhan oksigen di dalam air tank. Semakin banyak oksigen yang dihasilkan oleh aerator semakin bagus, itu artinya semakin banyak oksigen yang tersedia di tank sehingga menyerupai di habitat aslinya.

Oh iya, Anda perlu mengerti bahwa Tigrinus Catfish juga senang perairan dengan transparansi rendah alias keruh. Selain air yang keruh, perairan dengan arus yang cukup deras juga disenangi Tigrinus Catfish.

Mungkin apabila Anda mempunyai budget lebih, Anda bisa menyediakan Wave Maker saat memelihara Tigrinus Catfish.

Karakteristik dari Tigrinus Catfish sebenarnya seperti ikan lele lainnya, mereka lebih senang dan sering didapati berada di bagian bawah tank. Sesekali Tigrinus Catfish berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya untuk mencari mangsa atau sekadar eksplorasi tank.

Temperamen

Temperamen Tigrinus CatfishSumber gambar : [at]sgtropicalfish (Instagram)

Temperamen Tigrinus Catfish sejatinya baik-baik saja, mungkin yang perlu diwaspadai adalah ukuran tankmate-nya. Ikan lain yang menjadi tankmate harus lebih besar daripada Tigrinus Catfish.

Tapi perbedaan ukuran antara Tigrinus Catfish maupun tankmate juga jangan terlalu jauh, atau salah satu yang lebih kecil akan menjadi korbannya.

 

Catatan khusus

Saat ini belum ada catatan khusus mengenai populasi dari beberapa sumber termasuk Wikipedia karena dari pihak IUCN belum melakukan evaluasi terhadap Tigrinus Catfish.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *