Tiger Moray Eel Si Belut Laut yang Dipelihara di Air Tawar

Nakama Aquatics – Ketika mengarungi sebuah perairan, tentu kita bisa melihat banyak sekali aneka ragam ikan. Salah satunya yang paling menarik dan eksotik ada yang namanya ikan Tiger Moray Eel.

Ikan ini punya cukup banyak nama lain seperti Many-toothed Moray, Spotted Freshwater Moray, Blackspotted Moray, hingga Tiger Freshwater Moray.

Nah sebagai klarifikasi, Tiger Moray Eel ini punya nama ilmiah ‘Gymnothorax polyuranodon’. Jadi bukan ‘Scuticaria tigrina’ yang merupakan nama ilmiah Tiger Eel. Yah, meski terlihat sama, namun keduanya berbeda.

Oh iya, perlu kamu ketahui juga nih, ia cukup populer lho di kalangan penghobi ikan hias. Tiger Moray Eel ini sering menjadi incaran lantaran bentuknya yang eksotis dan tentu berguna sebagai pembersih akaurium.

Ya, Tiger Moray Eel tergolong sebagai ikan tipe bawah alias Bottom Cleaner. Maka tak heran bila ada beberapa penghobi yang memang sengaja memelihara ikan ini untuk dijadikan sebagai pembersih area bawah akuarium.

Lalu seperti apa sih seluk beluk dari Tiger Moray Eel? Kamu penasaran? Yuk simak berikut!!

Klasifikasi Ilmiah

Kingdom : Animalia

Filum : Chordata

Kelas : Actinopterygii

Superordo : Elopomorpha

Ordo : Anguilliformes

Famili : Muraenidae

Genus : Gymnothorax

Spesies : G. polyuranodon

Nama Latin/Ilmiah : Gymnothorax polyuranodon

Tiger Moray Eel (Sumber : Ebner)
Bentuk Fisik
Bentuk fisik Tiger Moray Eel (Sumber : DKFair)

Jika kamu pertama kali melihat belut yang satu ini, maka sudah bisa dipastikan kamu bakal terpaku sama warna dan coraknya yang menarik ini.

Corak warna dari Tiger Moray Eel adalah kuning atau cokelat terang, ditutupi bintik-bintik dan bercak cokelat gelap hingga hitam. COraknya yang mirip harimau tersebut menjadikannya daya tarik tersendiri.

Mengutip dari laman situs resmi dari Fish base, ikan Tiger Moray Eel ini dapat tumbuh mencapai panjang hingga 150 cm alias 1,5 meter. Ukuran tersebut cukup besar apabila kita ingin memeliharanya dalam sebuah akuarium.

Yang jelas dengan bentuknya yang memanjang seperti itu, sudah pasti menambah variasi dalam sebuah komunitas di akuarium. Sehingga ketika akuarium kamu isinya lebih bervariasi, maka sudah pasti nggak tidak bakal membosankan.

Penyebaran wilayah
Penyebaran wilayah Tiger Moray Eel (Sumber : Map)

Soal penyebaran wilayah, Tiger Moray Eel ini cukup luas lho. Ia menyebar mulai dari wilayah Indo-Pasifik, termasuk Sri Lanka, Filipina, Indonesia, Papua Nugini, garis pantai utara Australia, hingga berbagai pulau di Pasifik barat.

Terlepas dari penyebaran wilayah alaminya tersebut, Tiger Moray Eel yang sekarang banyak dipelihara oleh penghobi bisa jadi menyebar lebih luas lagi. Mengingat bisa jadi ada beberapa penghobi yang melepasnya ke alam liar.

Makanan
Makanan Tiger Moray Eel (Sumber : flickr)

Jika kita berbicara mengenai makanan, sama seperti jenis Moray Eel lainnya, ia termasuk hewan karnivora. Ya, Tiger Moray Eel ini senang sekali memakan ikan kecil, udang, hingga cacing. Dan biasanya ia lebih suka makanan tersebut dalam kondisi masih hidup.

Tiger Moray Eel ini sebenarnya dibekali gigi-gigi yang tidak terlalu tajam, tapi yang mengerikanadalah gigitannya sedikit beracun. Ya, meski gigitannya ini tidak mematikan, tapi sangat menyakitkan. Dan bahkan bisa menyebabkan korban ataupun mangsanya terinfeksi.

Habitat & Karkateristik
Habitat & Karakteristik Tiger Moray Eel (Sumber : flickr)

Tiger Moray Eel biasanya hidup di daerah perairan yang cukup dangkal. Biasanya kedalaman airnya sekitar 10 kaki alias 3 meter. Secara spesifik habitatnya berada di perairan pantai laut dangkal, muara, muara sungai, hingga hulu dengan jarak yang pendek.

Sebenarnya belut ini cukup kontroversial, ia banyak dikira sebagai spesies ‘air tawar’. Padahal sebenarnya Tiger Moray Eel ini tetaplah ‘hewan marine‘ alias spesies air laut.

Hanya saja memang, tidak seperti Moray Eel yang lain, ia bisa mentolerir air dengan tingkat salinitas yang lebih rendah dan bahkan bisa hidup di air tawar. Wow, sungguh menakjubkan bukan?

Sebenarnya yang menjadi karakter khas dari belut bercorak kuning-hitam ini adalah ia suka sekali bersembunyi di sebuah tempat. Entah itu di gua-guaan atau batu-batuan.

Itulah kenapa jangan hewan kalau kita memeliharanya di akuarium, Tiger Moray Eel ini cenderung bersembunyi di suatu tempat. Kalau dalam akuarium tersebut terdapat dekorasi seperti batu-batuan, tumpukan kayu, dan lainnya, maka ia bakal sembunyi di situ.

Tapi kalau pun tidak terdapat tempat persembunyian dari dekorasi, ia bakal melilitkan tubuhnya di filter sebagai usahanya bersembunyi. Jadi bisa disimpulkan, Tiger Moray Eel ini adalah salah satu ikan yang sangat butuh bersembunyi.

Temperamen
Temperamen Tiger Moray Eel (Sumber : flickr)

Apabila kita menyinggung soal temperamen, Tiger Moray Eel ini kalau ada di akaurium sebenarnya ia cukup kalem. Bahkan seperti yang sudah disinggung sebelumnya, ikan ini cenderung pemalu dan suka bersembunyi. Itu berarti kemungkinanya lebih kecil untuk mengganggu bahkan mengintimidasi ikan-ikan lainnya.

Kalau pun kamu masih ragu, bisa juga kamu mencegahnya dengan cara menghindari tankmate yang berukuran lebih kecil dari mulutnya. Dengan begitu kamu bisa meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan.

Nah itulah seluk beluk mengenai Tiger Moray Eel, si belut laut yang dipelihara di air tawar. Bagaimana menurutmu? Apakah belut eksotis yang satu ini bakal masuk daftar keinginan kamu buat dipelihara?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *