Redtail Catfish Si Ikan Lele Berwajah Doraemon

Nakama Aquatics – Siapa sih yang tidak mengenal sosok Doraemon? Ya, tokoh kartun yang satu ini sangat populer. Tapi tahukah Anda? Ternyata ada ikan lele yang wajahnya menyerupai Doraemon.

Memangnya ada ikan yang mirip dengan tokoh Doraemon? Ada kok, namanya Redtail Catfish. Ikan ini juga biasa disebut RTC atau singkatan dari namanya yaitu Redtail Catfish.

Redtail Catfish digolongkan sebagai ikan tipe bawah, atau biasa disebut dengan “Bottom Cleaner”. Dimana fungsi dari Bottom Cleaner adalah membersihkan sisa-sisa makanan yang masih ada di bagian bawah tank/akuarium sehingga lebih bersih.

Terkadang dalam beberapa kasus, ikan tipe atas dan tengah tidak bisa memakan semua makanan yang diberikan sehingga beberapa jatuh ke bawah dasar akuarium/tank.

Nah di sinilah tugas ikan predator tipe bawah, mereka akan memakan sisa-sisa tersebut sehingga tidak ada makanan yang membusuk (yang tentunya dapat berdampak buruk bagi kelayakan air akuarium/tank).

 

Klasifikasi Ilmiah

Kingdom : Animalia

Filum : Chordata

Kelas : Actinopterygii

Ordo : Siluriformes

Famili : Pimelodidae

Genus : Phractocephalus

Spesies : P. hemioliopterus

Nama Latin/Ilmiah : Phractocephalus hemioliopterus

Redtail Catfish Si Ikan Lele Berwajah DoraemonSumber gambar : flickr.com

Bentuk Fisik

Bentuk Fisik Redtail CatfishSumber gambar : @sisidmariano (Instagram)

Bentuk dan perpadauan warna merah pada ekor Redtail Catfish kontras dengan dengan warna putih pada bagian perut dan hitam pada bagian atasnya. Keunikan yang paling mencolok dan menjadi daya tarik ikan ini ada dua hal.

Yang pertama adalah ukuran kepalanya yang besar dan melebar mirip tokoh Doraemon. Bentuk kepalanya inilah yang membuatnya terlihat lucu dan menggemaskan. Terkadang ada beberapa Redtail Catfish yang memiliki kepala berpola batik.

Kemudian yang kedua adalah ekornya yang berwarna merah, kontras dengan warna tubuhnya itu. Semakin bertambahnya umur, ikan lele berwajah doraemon ini memiliki warna merah di ekor yang semakin menyala.

Oh iya, berbicara tentang ukuran tubuh, ikan ini tergolong sebagai ikan predator yang sangat besar. Bagaimana tidak? Redtail Catfish mampu tumbuh mencapai panjang 1,8 m dengan berat hingga 80 kg.

 

Penyebaran wilayah

Redtail Catfish berasal dari Sungai Amazon, Orinoco, dan Essequibo. Sungai-sungai tersebut meliputi beberapa negara di Amerika latin seperti Kolombia, Venezuela, Guyana, Ekuador, Peru, Bolivia, dan tentu saja Brasil.

 

Makanan

Makanan Redtail CatfishSumber gambar : commons.wikimedia.org

Sebagai pemakan yang sangat rakus, Redtail Catfish mau makan apa saja mengingat ikan ini adalah ikan omnivora. Saat Anda memelihara ikan ini, Anda bisa memberi makanan hidup maupun mati.

Anda bisa memberinya makan seperti ikan kecil, potongan udang, udang hidup, cacing beku, ulat, bahkan hingga pelet. Ikan predator ini benar-benar lahap bila kita berbicara soal makanan.

Tapi Anda harus perhatikan bahwa Redtail Catfish agak susah dalam mengontrol jatah makanan. Biasanya dalam kebanyakan kasus, ikan ini akan memuntahkan apa yang dimakan apabila berlebihan atau kekenyangan. Tentu hal tersebut membuat tank Anda bisa menjadi kotor.

Oleh sebab itu, Anda perlu memberi makan Redtail Catfish secukupnya saja ya. Kalau ikan ini kekenyangan yang berakibat muntah atau bahkan kematian, kan bisa repot dan rugi sendiri.

Biasanya jika sudah ada indikasi mulai kekenyangan, perut Redtail Catfish akan tampak gemuk dan membulat. Jika sudah seperti itu, hentikan pemberian makanan pada ikan ini.

Dan ngomong-ngomong, ikan ini sendiri sudah sering digunakan sebagai “Bottom Cleaner”. Redtail Catfish menjadi favorit karena perawatan dan soal makanan tidak terlalu rewel tersebut. Anda juga bisa memilih ikan ini sebagai Bottom Cleaner di tank milik Anda.

Habitat & Karakteristik

Habitat & Karakteristik Redtail CatfishSumber gambar : [at]witty.fish (Instagram)

Habitat Red Tail Catfish adalah perairan air tawar seperti sungai atau danau yang sangat luas. Di alam liar, ikan ini banyak dipancing di sungai berarus deras maupun berarus tenang.

Saat Anda memelihara ikan ini, penting untuk memberinya tempat persembunyian. Redtail Catfish kurang lebih sama seperti jenis ikan lele lainnya. Mereka sangat suka bersembunyi dan termasuk hewan nokturnal.

Karena ikan lele berekor merah ini suka diam di bagian dasar atau bawah tank, sebaiknya memberi bebetauan atau substrat pasir untuk membuatnya sangat nyaman.

Soal dekorasi tank, Anda bisa memberinya apapun asal tidak membahayakan bagi ikan ini, Contohnya seperti batu, kayu yang tidak terlalu tajam, dedaunan, maupun tanaman air. Redtail Catfish biasanya akan menggunakannya sebagai tempat persembunyian.

Temperamen

Temperamen Redtail CatfishSumber gambar : suzannephotography.co.uk

Temperamen Redtail Catfish tergolong baik dan jinak kepada tankmate lainnya. Namun perlu diperhatikan bahwa tankmate harus berukuran sepadan dengannya.

Mengapa? Lihat saja mulutnya yang lebar, apabila tankmate berukuran lebih kecil maka cepat atau lambat tankmate tersebut akan menjadi mangsa Redtail Catfish.

 

Catatan khusus

Saat ini belum ada catatan khusus mengenai populasi dari beberapa sumber termasuk Wikipedia karena dari pihak IUCN belum melakukan evaluasi terhadap Redtail Catfish.

4 thoughts on “Redtail Catfish Si Ikan Lele Berwajah Doraemon

  • December 20, 2018 at 1:32 am
    Permalink

    Terimakasih review dan penjelasannya min, enak dibacanya. Ikan ini memang unik, dibilang predator tapi masih tergolong jinak, mudah dipelihara dan bisa dijadikan tankmate. Saya juga punya koleksinya dirumah untuk tankmate arwana dan red parrot.

    Reply
    • January 4, 2019 at 3:15 pm
      Permalink

      Meskipun sepertinya jinak, tapi harus hati-hati untuk Red Tail Catfish karena bisa memakan yang lainnya setiap saat apabila ia lapar.

      Reply
  • May 5, 2020 at 3:38 pm
    Permalink

    Ikan ini dalam pemeliharaan perlu diberi aerator gak?

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *