Panduan Cara Merawat Ikan Channa Asiatica WS RS RSWS Semua Jenis

Channa sebagai ikan yang memiliki kemampuan adaptasi yang cukup kuat menjadikan mereka ikan dengan persebaran luas di Asia, yuk kita kenalan dengan channa asal Cina. Channa asiatica atau biasa disebut Chinese Snakehead, Green Snakehead, dan Small Snakehead merupakan satu dari empat spesies channa yang bisa ditemukan dari Cina.

Di alam liar, mereka bisa kamu jumpai di daerah tengah dan bawah lembah Sungai Yangtze, yang merupakan daerah persebaran paling utara mereka dan sungai Sông Cái yang berada di Vietnam Utara. Selain tempat tersebut, ikan ini juga bisa ditemukan di Pulau Hainan, dan memiliki populasi yang dikenalkan di Taiwan dan beberapa pulau Ishigaki Sima yang berada di kepulauan Ryukyu, Jepang.

Mereka hidup diperairan yang memiliki arus yang tidak kencang dan biasa hidup di tempat yang lembab, di area hutan hujan. Asiatica menempati kolam, danau, sungai kecil dimana mereka bersembunyi di lubang-lubang kecil yang ada di akar pohon, bebatuan dan sebagainya.

Bentuk fisik

Bentuk fisik dari Channa Asiatica sebenarnya tidak jauh berbeda dengan jenis ikan Gabus lainnya. Hanya saja yang membedakan adalah dari sisi corak warnanya. Untuk ukurannya, ikan ini memiliki panjang maksimal 35 cm.

Channa asiatica memiliki warna hitam, abu-abu, dan coklat untuk warna dasar tubuhnya. Sedangkan warna hiasannya yang berupa bintik-bintik adalah biru muda, coklat muda, hingga putih.

Perbedaan antara jantan dan betina dari asiatica adalah jantan memiliki sirip punggung beserta sirip dubur yang lebih panjang dan memiliki warna corak yang lebih cerah. Sementara betinanya memiliki bentuk tubuh yang lebih membuncit.

Kondisi Akuarium

Channa asiatica merupakan jenis channa yang aktif, karena itu siapkan akuarium dengan ukuran terkecil 120 x 50 x 50 cm ya agar asiaticamu bisa berenang dengan bebas. Kamu bisa memberikan batu dan kayu didasar tank sebagai tempat persembunyian mereka. Pastikan permukaan air akuariummu bersih ya, karena seperti channa-channa lainnya, asiatica bernafas dengan cara menghirup udara yang berada di permukaan air.

Untuk warna background akuariummu, kamu bisa menyesuaikan dengan warna yang ingin kamu bentuk pada channamu. Jika kamu ingin warna cerah, maka gunakan background warna cerah agar pola bunga dan bar asiaticamu makin indah, begitu juga sebaliknya dengan warna gelap ya.

Untuk kondisi air, sebagai ikan yang hidup diiklim sub-tropik di alam sana, mereka membutuhkan suhu yang lebih dingin dibandingkan channa lokal. 15-25˚C merupakan suhu ideal mereka. Jangan biarkan mereka terlalu lama disuhu air yang terlalu tinggi karena mereka akan rentan terkena penyakit.

Asiatica merupakan channa yang agresif, jadi sebaiknya kamu tidak menggabungkan mereka dengan ikan jenis lain ya agar tidak dimangsa. Mereka bisa hidup secara berpasangan dengan syarat satu sama lain ada kecocokan dan berikan masing-masing tempat bersembunyi ya.

Makanan

Mereka senang memangsa serangga, ikan, dan krustasea kecil di alam liar, kamu bisa juga memberikan mereka pelet agar warna dan gizinya cukup. Jangan lupa untuk mengontrol frekuensi pemberian makan ikanmu agar mereka tidak kegemukan ya.

Karena ukurannya yang kecil, channa ini cukup umum loh untuk dipelihara oleh penghobi yang tidak memiliki ruang besar di rumah mereka, kalau kamu bagaimana setelah membaca ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *