Oscar Si Ikan Predator Ganas Bercorak Eksotis Asal Amazon, Cichlid Sejuta Umat

Nakama Aquatics – Kalau kita ngomongin soal ikan hias khususnya predator, rasanya kurang lengkap kalau tidak membahas ikan yang satu ini. Ya, namanya adalah ikan Oscar.

Ikan Oscar ini bisa dibilang ikan Cichlid dan ikan hias predator sejuta umat, karena memang sangat umum dipelihara. Hal itu wajar karena ikan Oscar punya warna dan corak yang menarik.

Lalu seperti apa sih seluk beluk ikan Oscar ini? Kamu penasaran? Yuk simak berikut!!

Klasifikasi Ilmiah

Kingdom : Animalia

Filum : Chordata

Kelas : Actinopterygii

Ordo : Cichliformes

Famili : Cichlidae

Genus : Astronotus

Spesies : A. ocellatus

Nama Latin/Ilmiah : Astronotus ocellatus

Bentuk Fisik

Kalau kita lihat sekilas, ikan Oscar mirip sekali dengan ikan Louhan. Dimana lekuk tubuhnya agak membulat dengan ekor yang cukup berkibar di belakangnya.

Hanya saja yang membedakannya dengan ikan Oscar dengan ikan Louhan adalah warnanya. Secara umum, ikan Oscar punya warna gelap seperti hitam lalu dihiasi dengan bintik-bintik cincin oranya.

Namun meskipun begitu, ikan Oscar ternyata punya variasi warna bahkan bentuk yang bermacam-macam lho. Mulai dari Oscar Tiger yang ditandai dengan dasar warna ikan abu-abu dan dengan corak yang beragam pada tubuhnya.

Lalu ada Oscar Red yang memiliki ciri yaitu sebagian besar tubuhnya dipenuhi oleh warna merah cerah yang mengagumkan. Kemudian ada juga Oscar yang paling sering ditemui yaitu Oscar Albino dimana ikan Oscar ini adalah hasil kelainan genetik sehingga membuat seluruh tubuh ikan berubah menjadi putih namun tatap memiliki corak warna di tubuhnya.

Sedangkan ada juga Oscar Long Finned dengan bentuk yang indah karena memiliki sirip yang panjang manjuntai. Selanjutnya ada Oscar Gold yang memiliki warna yang cerah seperti emas.

Ada juga yang namanya Oscar Batik yang memiliki corak seperti batik. Tak ketinggalan, ada juga Oscar Lemon yang punya warna kuning yangcerah banget seperti warna kuning pada buah lemon.

Dan terakhri ada Oscar Black yang punya tubuh berwarna hitam. Meskipun warnanya cukup bervariasi, tapi secara umum ikan Oscar ini bisa tumbuh mencapai kurang lebih 45 cm.

Penyebaran wilayah

Jika kita berbicara soal penyebaran wilayah, ikan Oscar menyebar mulai dari Peru, Ekuador, Kolombia, Brasil, dan Guyana Prancis, dan terdapat di lembah Sungai Amazon. Kalau dipikir-pikir ikan Oscar ini cukup luas penyebaran wilayahnya karena tidak terpaku hanya satu daerah saja.

Makanan

Menyinggug soal makanan, ebanyakan ikan yang dimakan oleh ikan Oscar di alam liar adalah ikan lele yang tidak banyak bergerak, contohnya seperti spesies Bunocephalus, Rineloricaria, dan Ochmacanthus.

Jadi ikan Oscar ini berburu dengan cara menghisap mangsanya. Ingat, menghisap ya, bukan mengoyak layaknya Piranha.

Selain itu ikan Oscar juga gemar sekali udang, siput, serangga dan larva serangga, serta buah-buahan dan kacang-kacangan secara musiman. Jika dilihat dari makanannya yang cukup bervariasi, bisa disimpulkan ikan Oscar ini adalah hewan omnivora alias pemakan segala.

Bahkan di penangkaran ia juga mau memakan sesuatu yang lebih besar seperti jangkrik hingga belalang. Kalau kamu pelihara ikan Oscar, ia juga bisa diberi makanan berupa pelet.

Habitat & Karakteristik

Di habitat alaminya, ikan Oscar biasanya hidup di habitat ‘white-water’ yang bergerak lambat, dan bahkan sering ditemui juga sedang berlindung di bawah cabang-cabang pohon yang terendam.

Ini bisa jadi petunjuk buat kamu yang pelihara ikan Oscar. Kalau sebenarnya ikan Oscar lebih nyaman jika diberi tempat bersembunyi. Entah itu kayu-kayuan, batu-batuan, atau dekorasi lainnya.

Selain itu yang perlu kamu perhatikan, meskipun ikan Oscar bisa hidup di air yang cukup dingin, tapi ada batasnya. Ia hanya bisa tahan di air yang suhunya paling kecil sekitar 13 derajat Celcius. Jadi akan lebih bagus kalau kamu pelihara di air yang suhunya cukup hangat.

Mengenai karakteristik, ikan Oscar ini termasuk ikan tipe tengah. Jadi akan sangat wajar kalau ia lebih sering menduduki area tengah tank.

Temperamen

Berbicara mengenai temperamen dari ikan Oscar, ia suka sekali mengklaim suatu area di akuarium dan akan sangat agresif dengan ikan lainnya yang masuk ke wilayahnya itu.

Besar kecilnya wilayah yang diklaim juga bervariasi, karena itu tergantung sama ukuran dan agresivitas dari naluri ikan. Kalau ikan Oscar sudah membangun suatu wilayah, maka ia akan mempertahankannya dengan gigih dengan mengusir ikan lain.

Jadi bsia dibilang kalau kamu mau menggabungkan ikan Oscar, ketahui dulu ikan Oscar yang kamu punya temperamennya seperti apa. Kadang ada yang galak banget, tapi ada juga yang biasa-biasa aja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *