Malabar Wolffish Si Serigala Air Yang Mematikan

Nakama Aquatics – Ikan yang satu ini cukup menarik. Dikenal buas oleh masyarakat lokal dan juga dikenal garang oleh hobiis ikan. Namanya adalah Malabar Wolffish.

Malabar Wolffish sendiri mempunyai nama lain yaitu Trahira. Ikan yang memiliki julukan si serigala air mematikan ini merupakan ikan hias  yang cukup terkenal di kalangan pecinta ikan predator di Indonesia.

Seperti apa profilnya? Yuk simak ulasan Malabar Wolffish berikut.

Klasifikasi Ilmiah

Kingdom : Animalia

Filum : Chordata

Kelas : Actinopterygii

Ordo : Characiformes

Famili : Erythrinidae

Genus : Hoplias

Spesies : H. malabaricus

Nama Latin/Ilmiah : Hoplias malabaricus

Malabar Wolffish Si Serigala Air Yang MematikanSumber gambar : Benny Maharditya (Facebook)

Bentuk Fisik

Bentuk Fisik Malabar WolffishSumber gambar : [at]citylightbaby (Instagram)

Seperti julukannya, yaitu “ikan serigala”, ikan ini benar-benar memiliki bentuk fisik yang mirip serigala. Hanya saja perbedaannya serigala yang satu ini hidup di air.

Postur tubuhnya yang garang membuat banyak hobiis ikan kepincut memilikinya. Selain itu, mulut besarnya juga ditopang oleh giginya yang menonjol dan tajam seperti silet.

Warna dari kulit Malabar Wolffish umumnya bervariasi. Tetapi yang paling sering dijumpai adalah warna abu-abu kecoklatan dihiasi dengan garis vertikal (atau bisa juga horisontal) dengan warna yang lebih gelap.

Ikan yang memiliki julukan serigala air mematikan ini dapat tumbuh mencapai 55 cm dengan berat sekitar 8 kg. Bagi Anda yang tertarik memeliharanya, Anda perlu menyiapkan tank yang cukup luas.

 

Penyebaran wilayah

Penyebaran Wilayah Malabar WolffishSumber gambar : fishbase.org

Sebenarnya Malabar Wolffish ini berasal dari mana sih? Ikan ini mayoritas ditemukan di daerah-daerah di Amerika Latin.

Malabar Wolffish menyebar mulai dari Argentina, Bolivia, Brasil, Ekuador, Guyana, Kosta Rika, Kolombia, Paraguay, Peru, Suriname, Trinidad, Tobango, Uruguay, dan juga Venezuela (mengutip dari Wikipedia).

 

Makanan

Makanan Malabar WolffishSumber gambar : [at]urip1982 (Instagram)

Layaknya ikan predator lainnya, Malbar Wolffish adalah pemakan ikan yang sangat ganas. Kecepatan, kelincahan, dan kekuatan membuat mangsa seringkali tak berkutik.

Tapi Anda bisa juga kok memberinya makanan berupa makanan mati seperti potongan udang, cacing beku, atau bahkan ulat hongkong.

Di habitat aslinya yaitu sungai yang keruh dengan arus yang sangat deras, Malabar Wolffish tetaplah pemburu yang handal. Biasanya Malabar Wolffish berburu di malam hari, karena ikan merupakan hewan nokturnal.

 

Habitat & Karakteristik

Habitat & Karakteristik Malabar WolffishSumber gambar : [at]aquamazing_store (Instagram)

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa Malabar Wolffish hidup di sungai dengan arus yang sangat deras. Tidak hanya itu, sungainya juga cenderung keruh sehingga mata biasa sulit melihat apa yang ada di dalam air.

Pada saat malam hari, ikan ini begitu aktif. Berbanding terbalik ketika pagi hari, Wolffish Malabar beristirahat di vegetasi.

Bagi yang belum tahu apa itu vegetasi. Vegetasi adalah semacam tempat yang terdapat banyak tumbuhan. Jadi disitulah Wolffish berlindung sekaligus berisitirahat.

Temperamen

Temperamen Malabar WolffishSumber gambar : [at]pollysaur_jurassicfish (Instagram)

Meskipun cenderung pendiam, tetapi jangan pernah tertipu dengan karakteristiknya ini. Malabar Wolffish sangat berbahaya.

Tidak disarankan sama sekali apabila ukuran tankmate sedikit lebih kecil daripada ukuran mulut si Malabar Wolffish. Karena apa? Sudah jelas nanti bisa menjadi santapan lezat bagi Malabar Wolffish.

Jadi ukuran tankmate harus benar-benar jauh lebih besar daripada mulut si serigala air ini.

 

Catatan khusus

Saat ini belum ada catatan khusus mengenai populasi dari beberapa sumber termasuk Wikipedia karena dari pihak IUCN belum melakukan evaluasi terhadap Malabar Wolffish.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *