Ikan Yang Pasti Dimiliki Aquascaper. Berikut Cara Merawat Ikan Neon Tetra

Nakama Aquatics – Kalau kamu sering melihat-lihat aquascape, baik secara langsung maupun tidak langsung. Pasti kamu tidak asing dengan ikan neon tetra. Neon tetra merupakan ikan kecil dengan ukuran 4 cm yang memiliki warna biru ditubuhnya dengan garis merah yang ada ditengah tubuhnya sampai ke pangkal ekor.

Untuk melihat perbedaan jenis kelamin antara jantan dan betinanya, ikan betina neon tetra memiliki perut yang lebih bulat dan bentuk garis merah yang tidak lurus, berbeda dengan garis merah diikan jantan yang berbentuk lurus. Pada malam hari, warna biru dan merah tersebut akan berubah menjadi abu-abu atau hitam saat mereka beristirahat dan kembali cerah ketika sudah pagi.

Neon tetra (Paracheirodon innesi) merupakan ikan air tawar yang termasuk dalam famili Characidae. Seperti kerabat-kerabatnya dari Characidae, ikan ini merupakan ikan asli Amerika Selatan, lebih tepatnya berasal dari sungai Amazon yang melintasi Kolombia, Peru, dan Brazil.

Di alam liar, ikan neon tetra merupakan ikan yang hidup secara berkelompok di aliran air yang cenderung tenang dan air yang berwarna keruh. Dikenal karena warnanya yang indah dan perawatannya yang mudah, menjadikan neon tetra sebagai ikan yang selalu ada di toko akuarium. Berikut cara merawatnya ya:

1. Kondisi Akuarium

Walaupun neon tetra merupakan ikan yang kecil, tapi mereka lebih senang hidup di air yang cukup luas, pastikan kamu memiliki akuarium dengan kapasitas 20 gallon atau sekitar 80 liter. Untuk temperaturnya yang cocok dengan mereka, jaga suhu airmu antara 21°-27° C dan pastikan pH airmu berkisar antara 6.8-7.

Dan tambahkan tanaman air diakuariummu yang cukup banyak agar mereka tidak stress, karena di alam liar mereka hidup di sekitar tanaman air untuk bersembunyi dari predator.

 2. Makanan

Sebagai omnivora, neon tetra memakan hewan lain dan tanaman/sayuran. Mereka biasa memakan alga, larva serangga, cacing, dan invertebrata kecil lainnya. Kamu tidak perlu khawatir untuk pemberian makanannya karena sebagai pemakan segala, mereka senang memakan makanan hidup, beku, flakes, dan pelet. Karena ukuran mulutnya yang kecil, pastikan makanan yang kamu berikan muat ya untuk mereka makan.

Untuk frekuensi pemberian makanan, kamu bisa memberi mereka makan dua kali sehari dengan catatatn makanan yang kamu berikan harus mereka makan habis dibawah durasi 3 menit, karena makanan sisa akan menjadi kotoran yang menurunkan kualitas air akuariummu.

  3. Perilaku dan Tankmates

Di Sungai Amazon karena ukurannya yang kecil menjadika neon tetra ikan yang hidup berkelompok sebagai bentuk pertahanan dirinya agar tidak dimangsa oleh predator. Oleh karena itu, setidaknya kamu memiliki paling sedikit 6 ekor neon tetra, para ahli dunia perikanan menyarankan antara 15-20 ekor untuk satu akuarium dengan kapasitas 20 gallon.

Karena sifatnya yang damai, jika kamu ingin menggabungkan mereka dengan ikan lain, pastikan ikan lain tersebut tidak bisa memakan neon tetramu dan bukan merupakan ikan agresif. Ikan-ikan seperti gurame berukuran kecil, corydoras, dwarf chiclids cocok untuk hidup berdampingan dengan mereka.

4. Penyakit

Ikan cantik ini memiliki penyakit yang menyerang jenis mereka sendiri, penyakit ini diberi nama pleistophora atau Neon Tetra Disease. Penyakit ini termasuk penyakit menular dengan transisi yang bisa berasal dari air, biota air lainnya, dan barang-barang yang ada di akuariummu.

Gejala penyakit yang nampak apabila ikanmu sudah terkena antara lain:

  • Warna yang memudar
  • Ikan tidak lincah dan diam di dasar akuarium
  • Munculnya cyst diperut ikan
  • Menyusutnya perut dan berat ikan
  • Ikan kehilangan nafsu makan

Sayang sekali, untuk penyakit ini sampai sekarang belum ditemukan obatnya. Oleh karena itu, sebaiknya kamu mencegah penyakit itu datang dengan cara menjaga kebersihan kondisi akuariummu ya.

Neon tetra merupakan ikan yang cukup mudah untuk dipelihara, tapi ingat jangan sampai kamu lengah ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *