Cara Melatih Mental Ikan Channa Marulioides Jadi Galak dan Mental preman

Udah sejak 2 bulan yang lalu, aku tuh sering ngeliat video-video pendek ikan channa yang menarik banget di TikTok. Begitu ada tangan yang mendekat ke akuarium, channa di dalamnya langsung membuka mulut dan menabrak nabrak kaca. Begitu tangan masuk ke air, ikan Channa tersebut pun langsung berontak dan menggigit tangan dengan ganas.

Bakal seru banget kalau kita punya channa yang galak dibandingkan channa yang kalem-kalem saja. Alias kalau kata orang tuh mental preman.

Ngeliat ikan channa yang aktif tentu saja lebih enak dibandingkan melihat channa yang hanya diam doang di dasar akuarium.

Jenis Channa yang kita bahas disini spesifiknya leibh ke Channa Marulioides. Walaupun secara umum bawaannya udah galak, tapi tidak sedikit juga yang mental si Channa Maru ini masih lembek dan bahkan penakut. Jadi seperti apa sih cara membuat mental ikan Channa Maru jadi lebih galak?

Jadi kita akan membagi pembahasan ini mulai dari penyebab, cara rahasianya, dan jika masih belum bisa.

PENYEBAB

Kita mulai dari penyebabnya dulu. Untuk mengetahui solusinya, tentu kita harus tahu dulu akar dari peneybab masalah. Seperti yang kita ketahui kalau penyebab ikan Channa mentalnya susah menjadi galak atau preman adalah biasanya beli dari ombyokan atau partaian.

Bukan berarti membeli dari ombyokan atau partaian itu salah ya. Enggak, nggak salah kok.

Jadi ketika seseorang membeli ikan Channa dari partaian/ombyokan, begitu beli dan setelah itu dibawa pulang. Setelah di aklimatisasi, lampu di tanka tau akuarium Channa tersebut langsung dikasih cahaya yang terang. Dalam hal ini adalah lampu.

Secara logika, ikan Channa yang ujug-ujug baru dateng, kemudian dikasih pencahayaan yang terang seperti itu tentu akan sangat kaget. Dan selain lampu, juga airnya yang cukup tinggi.

CARA RAHASIANYA

Cara rahasia untuk membuat mental ikan Channa menjadi galak ala-ala preman sebenarnya cukup mudah. Tapi tentu ya, untuk menjadikan mental ikan Channa, khususnya yang dimaksud ini adalah Channa Maru yang ombyokan itu perlu proses.

Tapi buat kamu yang suka cara-cara yang instan dan tercepat, kamu bisa pakai cara yang satu ini. Jadi ketika kamu abis beli ikan Channa tersebut dari partaian atau ombyokan, usahakan airnya pendek dulu.

Kalau dikira-kira ketinggian air yang pendek itu seberapa, tergantung ukuran ikan Channa Maru nya juga. Tapi air dengan ketinggian kurang lebih 10-15 cm itu sudah cukup. Atau bisa juga kamu menggunakan persentase dari tank.

Misal kamu mematok air 20% saja dari ketinggian tank. Yang penting adalah airnya pendek dulu. Jangan sampai terlalu tinggi, penuh, bahkan sampai air tank tersebut luber.

Setelah itu saat proses aklimatisasi, jangan dikasih lampu atau pencahayaan terlebih dahulu. Kamu bisa tutup bagian depan tank menggnakan impraboard berwarna hitam untuk menutupi bagian depan tank kamu, kalau memang ruangan terebut harus dikasih cahaya. Karena bisa jadi ruangan yang ditempati tank tersebut pencahayannya cukup terang.

Karena bagian depan tertutup impraboard, dengan asumsi, tank  bagian kanan, kiri dan belakang kamu juga sudah tertutup background atau skotlet, maka praktis tidak ada celah cahaya yang bisa masuk.

Otomatis kamu tidak bisa ngajak Channa ini untuk bermain-main. Entah menggunakan karet, cermin, atau bahkan animasi bergerak yang ada di smartphone. Karena memang kita perlu membuat dia tenang selama paling tidak sehari.

Selanjutnya di hari ke-2, kitabis kasih makan Channa Maru tersebut sampe kenyang. Lakukan itu selama 3 hari sampe 1 minggu.

Nah minggu berikutnya nih, kita bisa coba aja mulai puasa. Ketika di hari senin, kita kasih makan dia makanan dengan porsi yang berkurang dari sebelumnya. Maksudnya gimana?

Misal nih kemarin dikasih makan 2 udang untuk satu prorsinya, sekarang kita cuma kasih 1 udang aja. Trus kamu lanjut puasa selama 3 hari, saat hari kamis itulah kamu baru kasih lagi 1 udang.

Eittss tapi sambil dikasih makan jangan lupa juga untuk digodain dulu Channa nya. Kamu bisa geser-geser makanannya di depan kaca mulai dari atas-bawah, lalu juga kanan kiri.

Selain digodain makanan, kamu juga bisa godain menggunakan cermin supaya godannya lebih bervariasi. Setelah itu, baru deh kamu masukkan makanan tersebut. Bisa makanan berupa udang, atau pelet PPKM ini.

MASIH BELUM BISA?

Masih belum bisa? Nah pertanyaannya adalah kalau ikan nggak mau respon gimana? Karena namanya juga ikan, yang merupakan makhluk hidup, bisa jadi ada beberapa cara yang belum tentu langsung 100% bim salabim langsung berhasil.

Kalau dalam kasus tadi, ya udah saat hari senin kita tetep ngasih ikan Channa tersebut dengan porsi lebih sedikit yaitu 1 udang aja. Kamu tunggu 3 hari kemudian, yaitu sampai hari kamis, kamu bisa bangun dari tempat tidur kamu, dan lihat apa yang terjadi.

Ikan Channa Maru pada saat hari kamis 100% pasti bergerak. Kenapa bisa begitu? Karena dia udah tau siapa tuannya.

Nah kalau galaknya sampai berani sama tangan atau bahkan sampai gigit-gigit, tentu itu proses yang lebih advance lagi. Dan jika kita menyimpulkan dari cara yang udah dijabarin tadi, tentu bikin Channa bermental galak yang instan saja perlu waktu. Nggak usah ikan Channa deh, bikin mi instan aja butuh waktu juga kan?

Jadi sabar aja dan harus mau berproses. Untuk makanannya kamu bisa support juga dengan pelet PPKM. Dengan pelet pilihan yang terbukti tentu hasilnya bisa maksimal. Dan ini adalah pelet yang bikin ikan Channa Marulioides kamu nggak perlu proses puasa terlebih dahulu, alias bisa langsung dikasihkan.

Pelet ini ngebantu banget mempercepat mutasi warna ke ikan Channa Maruliodes 80% , wow! Dan juga ngebantu pertumbuhan cabung dan bunga 20%, mantap!

Sudah banyak hasil testimoni yang muncul cabung dan bunga. Untuk cara pemakaian pelet PPKM sudah ada di Instagram @animalhome.14 . Mulai sekarang progresnya dan lihat hasilnya! Untuk pemesanan bis alangsung ke @animalhome.14 yaaak!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *