6 Ikan Predator Air Tawar Tipe Tengah Yang Populer

Nakama Aquatics – Berbagai jenis ikan predator air tawar terkadang membuat kita bingung menentukan akan membeli jenis ikan yang mana. Padahal jika kita benar-benar mengerti tipe ikan berdasarkan letak terhadap permukaan air khususnya tipe tengah, kita akan lebih selektif dalam membeli ikan khususnya ikan predator.

Karena itulah Nakama Aquatics akan mengulas ikan-ikan predator air tawar tipe tengah yang populer dipelihara. Sebenarnya, fungsi dari ikan predator tipe tengah adalah membantu membersihkan makanan yang posisinya tanggung (di bawah enggak, di atas juga enggak, artinya berada di tengah-tengah).

Ada juga fungsi lain yaitu untuk meramaikan akuarium sehingga terlihat lebih ramai (Karena buat apa area atas dan bawah ramai tapi di tengah-tengahnya malah sepi?).

Apa saja ikan predator tipe tengah tersebut? Anda bisa juga menggunakan daftar berikut untuk pertimbangan dalam membeli ikan tipe tengah. Simak berikut.

 

1. Peacock Bass

Peacock Bass Ikan Predator Tipe TengahPemilik gambar : Himawan Bagus

Ikan Peacock Bass adalah ikan predator tipe tengah yang paling favorit dan populer. Anda tahu? Peacock Bass yang merupakan keluarga Cichla ini adalah ikan predator yang rakus dan lahap ketika makan.

Tak heran selain tubuh yang indah dan menarik, ikan yang rakus dan lahap ini bisa menjadi pertunjukan yang sempurna ketika kita merasa jenuh. Belum lagi masalah marking/pewarnaan yang ada di badan Peacock Bass berwarna-warni makin membuat kita terpikat dengan ikan yang satu ini.

Peacock Bass Ikan Predator Tipe TengahPemilik gambar : Himawan Bagus

Selain memiliki keindahan dari segi visual, secara fungsional Peacock Bass juga bisa berguna untuk melahap habis makanan yang lewat di area tengah tank. Dengan begitu beban membersihkan makanan ikan predator tipe bawah tidak terlalu berat.

 

2. Golden Dorado

Golden Dorado Ikan Predator Tipe TengahPemilik gambar : Larry Setiawan

Ikan predator berikutnya adalah Golden Dorado. Golden Dorado itu merupakan ikan perenang aktif sehingga sangat disarankan untuk dijadikan tipe tengah tank anda. Dengan sifatnya yang aktif berputar-putar mengelilingi akuarium akan sangat efektif dalam hal membersihkan makanan yang berada di area tengah.

Anda bisa memilih Golden Dorado karena ikan ini terlihat seperti ikan Salmon. Jadi bagi anda yang ingin memelihara ikan Salmon, Golden Dorado pun jadi.

Harga pasar dari ikan ini relatif menengah, tidak terlampau mahal. Oh iya jangan lupa saat memelihara Golden Dorado sebaiknya hindari ornamen yang mengganggu si perenang aktif ini.

 

3. Payara

Payara Ikan Predator Tipe TengahYang berikutnya adalah ikan Payara. Ikan ini sering kita temui berada di area tengah pada sebuah tank. Payara adalah ikan yang memang memiliki banyak peminat karena giginya yang menyerupai vampir.

Hingga ada julukan ikan vampir atau Vampire fish untuk Payara. Gigi Payara begitu panjang dan menyerupai taring vampir. Faktanya, ketika taring ini patah, maka akan segere regenerasi dalam waktu 24 jam. Sungguh luar biasa.

Memelihara Payara sebaiknya punya sistem filtrasi yang mumpuni, oksigen yang melimpah, dan arus yang deras. Soal arus deras bisa dimanipulasi menggunakan alat bernama wave maker.

Payara memang tidak terlalu efektif jika dibandingkan dengan Golden Dorado karena Payara adalah tipe ikan yang cenderung diam di tempat (baik ketika berarus maupun tidak). Tapi tidak ada salahnya menambah Payara ke dalam daftar koleksi anda.

Payara memiliki beberapa jenis seperti Armatus, Vulpinus, Tatauaia, Scomberoides, Wallacei, dan masih banyak lagi. Yang disarankan adalah Payara Armatus karena ikan ini bisa tumbuh besar dan memiliki nafsu makan yang lebih tinggi dibandingkan yang lainnya.

 

4. Oscar

Oscar Ikan Predator Tipe TengahPemilik gambar : Larry Setiawan

Di urutan keempat ada ikan Oscar. Anda mungkin sudah pernah mendengar ikan Oscar ya? Ikan predator ini merupakan keluarga dari Cichlid. Nama latin atau limiah Oscar adalah Astronotus ocellatus. Ikan Oscar seringkali ditemui berada di area tengah sebuah tank.

Walaupun ikan ini sedikit jahil dan usil, namun tidak sampai membuat luka atau bahkan mati terhadap tankmate-nya. Lain lagi ceritanya apabila tankmate Oscar berukuran terlalu kecil, karena bisa jadi mangsanya.

Ikan predator seperti Oscar juga bisa efektif untuk membersihkan makanan yang berada di area tengah karena Oscar sangat lahap ketika makan cacing beku atau ikan.

Yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai ikan predator tipe atas menjadi terlalu tersaingi dengan adanya Oscar. Karena terkadang Oscar juga sangat sigap menunggu di permukaan air untuk menyambut makanan yang akan diberi.

Tetapi cara merawatnya yang mudah dan tidak ada keperluan khusus bisa menjadi pertimbangan yang penting. Tentu anda tidak ingin kerepotan sendiri dalam merawat ikan predator kan? Ada beberapa macam jenis Oscar seperti Tiger, Red, atau Albino.

 

5. Datnoid

Datnoid Ikan Predator Tipe TengahPemilik gambar : Larry Setiawan

Ikan Datnoid atau Datz juga punya nama lain seperti Tigerfish. Ikan Datnoid merupakan ikan predator air tawar yang cukup populer di kalangan hobiis pecinta ikan predator.

Warna kuning keemasan dengan loreng-loreng hitam yang menyerupai harimau menjadikannya daya tarik secara visual. Ikan predator tipe tengah ini bisa mencapai ukurang hingga 25 centimeter dan 45-50 centimeter apabila di alam liar.

Ikan Datnoid seringkali terlihat berada di area tengah sebuah tank. Ikan Datnoid atau Datz senang sekali memakan ikan kecil, cacing beku, sampai dengan udang. Jadi bisa dibilang ikan ini cukup fleksibel soal makanan.

Penasaran dengan harganya? Jangan khawatir, harga pasar ikan Datnoid cukup terjangkau. Oleh sebab itulah ikan Datnoid begitu populer. Selain menarik dan indah, juga harganya yang relatif cukup terjangkau bagi banyak orang.

 

6. Belida

Belida Ikan Predator Tipe TengahSumber gambar : newsinfo.inquirer.net

Belida juga bisa dijadikan alternatif untuk ikan predator tipe tengah. Selain lahap, ikan ini juga memiliki bentuk tubuh yang unik berbentuk menyerupai pisau.

Tempramen dari Belida perlu diwaspadai juga, karena jika ikan ini lapar maka kita akan melihat tankmate-nya terluka. Maka dari itu Nakama Aquatics menempatkannya di urutan terakhir karena kurang disarankan, dan lagi pula masih banyak ikan predator tipe tengah lainnya yang lebih menarik.

Yup, dan itulah 6 ikan predator air tawar tipe tengah yang cukup terkenal di kalangan hobiis dan kolektor. Sebisa mungkin bijaksana dalam menggabungkan sesama ikan predator tipe tengah dalam satu tank karena bisa berakibat fatal.

Entah itu berebut makanan hingga saling makan satu sama lain. Semoga daftar 6 ikan predator air tawar tipe tengah yang populer dapat menginspirasi dan bermanfaat bagi anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *