6 Ikan Predator Air Tawar Tipe Bawah Yang Populer

Nakama Aquatics –¬†Berbagai jenis ikan predator air tawar terkadang membuat kita bingung menentukan akan membeli jenis ikan yang mana. Padahal jika kita benar-benar mengerti tipe ikan berdasarkan letak terhadap permukaan air khususnya tipe bawah, kita akan lebih selektif dalam membeli ikan khususnya ikan predator.

Karena itulah Nakama Aquatics akan mengulas ikan-ikan predator air tawar tipe bawah yang populer dipelihara. Sebenarnya, fungsi dari ikan predator tipe bawah adalah membersihkan sisa-sisa makanan yang masih ada di bagian bawah tank/akuarium sehingga lebih bersih.

6 Ikan Predator Air Tawar Tipe Bawah Yang PopulerTerkadang dalam beberapa kasus, ikan tipe atas dan tengah tidak bisa memakan semua makanan yang diberikan sehingga beberapa jatuh ke bawah dasar akuarium/tank.

Nah di sinilah tugas ikan predator tipe bawah, mereka akan memakan sisa-sisa tersebut sehingga tidak ada makanan yang membusuk (yang tentunya dapat berdampak buruk bagi kelayakan air akuarium/tank).

Apa saja ikan predator tipe bawah tersebut? Anda bisa juga menggunakan daftar berikut untuk pertimbangan dalam membeli ikan tipe bawah.

 

1. Palmas

Palmas Ikan Predator Air Tawar Tipe BawahSumber gambar : ikanhias-id.blogspot.com

Ikan Palmas merupakan ikan predator air tawar yang merupakan tipe bawah, artinya ikan ini sering sekali berada di dasar akuarium/tank.

Bentuk ikan Palmas sekilas terlihat mirip dengan Belut, namun jika kita perhatikan lebih dekat akan terlihat beberapa perbedaan. Seperti sirip yang lebih lebar dan muka yang lebih besar serta kaki dayung yang lebih besar daripada Belut.

Ikan yang sudah hidup sejak ratusan juta tahun yang lalu ini bisa jadi alternatif bagi anda yang mencari ikan predator air tawar tipe bawah. Sebab selain harganya terjangkau dan tidak perlu merogoh kocek yang dalam, ikan ini terlihat cantik dan menyeramkan dalam satu waktu.

Jenis Palmas ada banyak seperti Senegalus, Lapradei, Orna, Tali, Delhezi, dan masih banyak lagi tentunya. Anda bisa memilih jenis Senegalus atau Delhezi karena harganya masih terjangkau dan masuk akal.

 

2. Lungfish

Lungfish Ikan Predator Air Tawar Tipe BawahSumber gambar : ark21.com

Ikan ini cukup unik dan memiliki daya tarik yang cukup khas di mata hobiis. Tubuhnya yang menyerupai belut tetapi badannya agak tebal dan besar. Kemudian dilengkapi dengan kaki tipis berjumlah 4 membuatnya bisa berjalan baik di air maupun di darat.

Lungfish bisa bertahan di darat bukan hanya karena memiliki kaki, tetapi karena Lungfish menggunakan paru-paru untuk bernafas.

Lungfish akan naik ke permukaan air setiap sekitar 15 menit sekali untuk mengambil udara. Namun meskipun begitu, Lungfish adalah ikan tipe bawah yang lebih sering menghabiskan waktunya di dasar akuarium/tank.

Harga ikan predator ini memang sedikit merogoh kocek tapi akan sebanding dengan daya tahan hidupnya yang cenderung kuat dan tidak mudah mati.

Dikutip dari beberapa jurnal penelitian, Lungfish mampu bertahan tanpa makanan selama 3 tahun dan bisa bertahan hidup di musim kemarau tanpa air sekalipun.

Bagi Anda yang ingin memlihara Lungfish sebaiknya hindari ikan tipe bawah yang lainnya, ini demi mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Karena Lungfish memiliki mental seperti preman bahkan pembunuh.

Contohnya, Anda tidak bisa menggabungkan Lungfish dengan ikan Pari atau mungkin Catfish. Jika Anda pernah melihat ada hobiis yang mencampurkan Lungfish dengan ikan tipe bawah yang lainnya sebenarnya hal itu cukup beresiko.

Tetapi keputusan tetap di tangan Anda, ingin mengambil resiko yang diakibatkan oleh Lungfish atau tidak? Oh iya, untuk jenis Lungfish yaitu African, Australian, dan American. Lungfish tetaplah ikan yang menarik untuk dipelihara karena jarang sekali ada ikan yang bernafas menggunakan paru-paru.

 

3. Pari

Pari Ikan Predator Air Tawar Tipe BawahSumber gambar : pinterest.com

Ikan Pari masih menjadi ikan predator air tawar yang eksotis bagi sebagian besar orang, mungkin Anda juga termasuk salah satunya.

Dan itulah alasan ikan Pari merupakan ikan predator tipe bawah yang bisa dibilang paling indah daripada 5 ikan tipe bawah yang lainnya. Selain karena motifnya yang cantik dan menawan, ikan Pari masih dianngap sebagai ikan air laut padahal tidak semuanya demikian.

Dan tentu saja, biar bagaimana pun memiliki ikan Pari diantara masyarakat umum bisa menjadi suatu kebanggaan yang mungkin bisa dipamerkan. Kabar baiknya lagi adalah ikan Pari bisa dijadikan tankmate dengan ikan lainnya (asal tankmate Pari sendiri tidak jahat).

Jenis ikan Pari yang bisa dipelihara sangat banyak dan berbagai macam mulai dari yang bermotif seperti Motoro, Scobina, Ocellata, hingga jenis termahal yaitu Leopoldi. Atau mungkin yang tidak memiliki motif seperti Himantura signifer.

Soal pakan bukan suatu hal yang perlu dipusingkan. Anda bisa memberi cacing beku, udang, atau ulat untuk makanan ikan Pari. Ikan Pari juga cenderung fleksibel dalam hal makanan.

4. Belut

Belut Ikan Predator Air Tawar Tipe BawahSumber gambar : oceanuts.wordpress.com

Belut biasanya dikenal dengan ikan konsumsi, tetapi jangan salah karena ada beberapa jenis Belut yang memang untuk hias. Makanan belut cenderung fleksibel seperti ikan kecil, udang, cacing beku, maupun insekta.

Jadi bagi Anda yang ingin memelihara jenis Belut hias maka buang jauh-jauh keraguan karena ikan tipe seperti inilah yang sangat cocok untuk menjadi pemakan sisa-sisa makanan yang ada di tank/akuarium.

Jenis Belut yang populer adlaah Fire Eeel, Tire Track Eeel, atau mungkin Tiger Eel. Tentu jenis Belut tersebut memiliki corak yang dapat menjadi daya tarik sehingga menjadi ikan hias yang selain menawan juga dapat membantu ikan predator membersihkan sisa-sisa makanan.

 

5. Catfish

Catfish Ikan Predator Air Tawar Tipe BawahSumber gambar : aquaticmag.com

Catfish atau ikan lele adalah ikan yang paling ekonomis dan bersahabat soal harga. Karena kebanyakan jenis Catfish memiliki harga yang terjangkau seperti Redtail Catfish atau Tiger Shovelnose Catfish yang sudah banyak dikembangbiakkan sehingga membuat harga turun.

Atau bagi Anda yang memiliki budget berlebih bisa membeli Catfish seperti Vulture Catfish dan Tigrinus Catfish.

Sebenarnya bukan masalah mahal atau murahnya, ikan predator tipe bawah juga berguna untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang masih ada. Itulah gunanya memiliki ikan tipe bawah, jadi Anda tidak perlu merasa khawatir “Oh, nanti gimana ya jika tank saya kotor karena sisa-sisa makanan?”.

Silahkan Anda pilih mau jenis Catfish yang mana dan tentunya jangan lupa sesuaikan dengan budget yang Anda miliki.

 

6. Arcipenser

Arcipenser Ikan Predator Air Tawar Tipe BawahSumber gambar : tnaqua.org

Kadang ada orang yang juga menyebutnya Stugrgeon. Ikan ini bisa masuk dalam daftar incaran anda apabila ingin memiliki ikan predator perenang aktif. Memang ikan Arcipenser senang menjelajah dan aktif berenang kesana kemari namun dominasi areanya masih di sekitar dasar akuarium/tank.

Ikan yang telah hidup sekitar 208-245 juta tahu yang lalu ini memiliki banyak penggemar karena selain aktif, ikan Arcipenser juga memiliki tubuh prasejarah.

Perlu diketahui, ada sekitar 27 jenis Sturgeon di dunia ini. Ikan yang memiliki penyebaran wilayah sepanjang subartik Eurasia dan Amerika Utara ini adalah ikan predator tipe bawah yang perlu hidup di air dingin dan sejuk.

Banyak pemilik yang mengakalinya dengan menggunakan chiller (mesin pendingin air) yang menguras dompet hingga yang hanya bermodalkan fan cooler.

Arcipenser memang bukan ikan sembarang orang, karena harga ikan ini relatif mahal bagi sebagian besar orang. Namun tidak ada salahnya menjadikan ikan ini sebagai penghias area bawah akuarium Anda.

Itulah 6 ikan predator air tawar tipe bawah yang cukup populer. Bijaklah dalam menggabungkan sesama ikan predator tipe bawah dalam satu tank karena bisa berakibat fatal. Entah itu berebut makanan hingga saling makan satu sama lain.

Semoga daftar 6 ikan predator air tawar tipe bawah yang populer dapat menginspirasi dan bermanfaat bagi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *