Ikan Neon Tetra Cocok Digabung Sama Siapa? Ini 9 Tankmate Buat Ikan Neon Tetra

Nakama Aquatics – Ikan Neon Tetra sekarang menjadi ikan yang cukup populer di kalangan pecinta ikan hias, terutama di kalangan aquascape. Ya, harganya yang terjangkau dan warnanya yang menarik serta mencolok sangat cocok untuk hijaunya aquascape.

Selain harganya yang terjangkau, ikan Neon Tetra juga cukup gampang dalam hal pemeliharaan. Ketika sebuah aquascape yang begitu hijau, lalu ditambah gerombolan ikan Neon Tetra kecil-kecil namun berkilau tentu sangat enak dipandang.

Tapi ternyata ikan Neon Tetra juga punya potensi menjadi lebih bagus lagi lho. Salah satunya dengan menambahkan ikan Neon Tetra dengan tankmate lainnya.

Memang tidak bisa sembarangan memilih tankmate, apalagi ikan Neon Tetra adalah ikan dengan ukuran yang sangat kecil. Jadi kalau salah tankmate, yang ada malah dimakan ikan Neon Tetra tersebut.

Lalu siapa sjaa tankmate-tankmate yang bisa digabung dengan ikan Neon Tetra? Kamu penasaran? Yuk simak berikut!

1. Harlequin Rasbora

Pada urutan pertama kamu bisa ngasih tankmate yaitu ikan Harlequin Rasbora. Harlequin Rasbora kalau kit alihat adalah ikan dengan tampilan warna merah jambu dengan bercak besar, coklat tua.

Selain itu juga ia punya bentuk segitiga di setiap sisi tubuhnya. Ikan Harlequin Rasbora memiliki dada yang dalam yang sangat meruncing hingga ke ekornya.

Ikan Harlequin Rasbora termasuk ikan yang damai. Ia termasuk ikan tipe atas yang cukup aktif. Apalagi jika ikan ini dipelihara secara berkelompok, tentu akan sangat menarik.

Oh iya, untuk menggabungkan ikan Harlequin Rasbora dengan Neon Tetra perlu minimal 5 ekor. Hal itu untuk meminimalisir saling bully-membully.

Ikan ini termasuk kecil sama seperti Neon Tetra. Dimana ikan ini hanya mampu mencapai panjang maksimal 5 cm.

2. Zebra Danios

Selanjutnya pada urutan kedua ada ikan Zebra Danios. Secara fisik, ikan Zebra Danios ini sangat kecil dan ramping sama halnya seperti Neon Tetra.

Ia memiliki fisik berwarna emas keperakan dengan garis-garis biru metalik yang membentang dari hidung ke ekor. Ikan Zebra Danios yang termasuk omnivora ini juga merupakan ikan schooling, alias sangat suka berkelompok.

Ikan ini termasuk mudah dalam hal pemeliharaan jadi benar-benar sangat disarankan buat kamu yang mencari tankmate untuk ikan Neon Tetra. Untuk jumlah ikannya, karena ia termasuk ikan schooling, kamu sebaiknya pelihara ikan ini minimal 10 ekor.

Ikan Zebra Danios juga tidak terlalu besar. Ia hanya mampu mencapai panjang 5 cm. Jadi ikan ini dirasa sangat aman bagi Neon Tetra.

3. Hatchetfish

Kemudian daftar tankmate yang ketiga adalah ikan Hatchetfish. Sama seperti ikan-ikan sebelumnya, Ikan Hatchetfish juga termasuk ikan yang sangat kecil dari segi ukuran.

Bayangkan saja, ia hanya mampu mencapai panjang 6 cm saja. Supaya ikan Hachetfish lebih nyaman, kamu bisa memeliharanya secara berkelompok minimal 5 ekor.

Ikan Hachetfish termasuk omnivora, sehingga ia mau memakan apa saja yang muat di mulutnya termasuk pelet. Dengan kata lain, sangat tidak mungkin ikan Hachetfish ini akan memakan ikan Neon Tetra.

Dari segi fisik, ikan Hachetfish punya warna keperakan cerah dengan dada sangat dalam yang meruncing tajam hingga ke ekor. Tentu akan sangat cocok apabila dipadukan dengan Neon Tetra serta aquascape.

4. Guppy

Setelah itu pada urutan keempat ada ikan Guppy. Tentu ikan Guppy sangat lumrah dan sering kita temui berada satu tank dengan ikan Neon Tetra. Khususnya apabila konsep akuariumnya adalah aquascape.

Ikan Guppy memang terkenal sebagai ikan dengan varian warna yang cukup banyak. Sehingga sangat cocok untuk menghiasi hijaunya aquascape. Selain warna, ekornya yang biasanya lebar sangat menarik perhatian kita.

Tentu supaya makin menarik, kita bisa memelihara ikan Guppy ini dalam jumlah yang cukup banyak. Tapi kamu harus berhati-hati, takutnya ikan Guppy ini malah menyaingi ikan Neon Tetra dalam hal makanan.

Pastikan jumlahnya tidak terlalu banyak, apalagi melebihi jumlah ikan Neon Tetra pada tank tersebut. Mengingat makanan ikan Guppy dan Neon Tetra cenderung sama yaitu pelet.

5. Chili Rasbora

Berikutnya pada urutan kelima ada ikan Chili Rasbora. Ikan Chili Rasbora punya ciri fisik ramping dengan rupa yang sangat kecil.

Selain itu warna tubuh ikan ini adalah merah mencolok dengan tanda hitam. Yah meskipun ikan Chili Rasbora ini punya sirip kecil yang sama sekali tidak mencolok, berbeda seperti Neon Tetra.

Ikan Chili Rasbora juga termasuk ikan schooling, yang artinya ikan ini lebih baik dipelihara secara berkelompok. Paling tidak kamu bisa memelihara ikan ini minimal 10 ekor dalam satu tank.

Tapi sama seperti yang sebelumnya, pastiin ikan Chili Rasbora ini tidak menyaingi ikan Neon Tetra dalam hal makanan. Untuk cara pemeliharaannya sendiri, ikan Chili Rasbora termasuk sangat mudah bahkan untuk pemula sekalipun.

6. Dwarf Gourami

Kemudian pada urutan keenam ada ikan Dwaf Gourami. Ikan Dwarf Gourami ini mungkin juga sering disebut sebagai ikan Sepat.

Ikan ini termasuk ikan yang pendamai. Tetapi kamu perlu berhati-hati, pastikan untuk tidak merawat lebih dari 1 jantan dalam 1 tank karena takutnya mereka bakal berantem.

Jadi untuk amannya kamu cukup pelihara ikan Dwarf Gourami 1 ekor jantan saja. Atau boleh juga Dwarf Gourami yang betina. Karena apabila ada jantan yang teritorial, tentu takutnya akan membahayakan bagi Neon Tetra nya sendiri.

Dan yang perlu diperhatikan juga, ikan Sepat ini mampu tumbuh lebih besar dari Neon Tetra yaitu 9 cm. Sehingga kamu sebagai penghobi perlu sedikit waspada.

7. Zebra Loach

Pada urutan ketujuh kamu bisa ngasih tankmate berupa ikan Zebra Loach. Dari segi fisik, ikan ini mirip sekali seperti ikan Botia. Dimana sisi perut rata dengan sangat sempurna.

Selain itu juga hidung ikan Zebra Laoch juga lancip dan beberapa pasang duri terletak di mulut mereka. Dengan mulut seperti itu, ia termasuk ikan omnivora alias pemakan segala.

Meski begitu, ia termasuk ikan yang cukup damai. Sehingga sangat cocok bila Zebra Loach ini digabung dengan Neon Tetra.

Soal ukuran tubuh, ikan Zebra Loach ini mampu tumbuh mencapai panjang 10 cm. Dimana ukuran tersebut 2 kali lebih besar dibandingkan dengan Neon Tetra. Jadi meski tidak menggigit, sebaiknya tetap waspada dengan gerak-geriknya.

Ikan ini termasuk iakn tipe bawah dan sangat aktif. Zebra Loach suka sekali memakan siput, ia bahkan akan mengejar siput yang terlalu besar untuk mulutnya dan memetiknya sampai mati. JSehingga kamu jangan mencoba mencampurkan spesies ini dengan jenis siput apapun.

8. Corydoras

Setelah itu pada urutan kedelapan ada ikan Corydoras. Ikan Corydoras yang sering kamu lihat ini ternyata juga cocok dengan Neon Tetra lho.

Ikan Corydoras memiliki kepala kubah yang miring tajam ke ekornya. Sehingga bisa dibilang penampilan uniknya ini sangat cocok dengan Neon Tetra. Tidak hanya soal bentuk, melainkan juga mengenai karakter.

Dimana akrakter ikan Corydoras sangat suka di bagian bawah. Tentu ini akan sangat berguna bagi ikan Neon Tetra yang agak kesulitan membersihkan ikan yang berada di area bawah.

Contohnya ketika kamu memberi makan pelet dan pelet itu jatuh ke dasar karena tidak sempat dimakan oleh Neon Tetra, maka ikan Corydoras akan langsung melahapnya.

9. Kuhli Loach

Terakhir pada urutan kesembilan ada yang namanya ikan Kuhli Loach. Ikan ini mungkin juga tidak asing buat kamu, karena sering juga dilihat di toko-toko ikan hias.

Ikan kuhli Loach sendiri adalah ikan yang sangat unik dengan keperawakan seperti ulat. Meski begitu, warna tubuhnya yang merupakan belang antara warna coklat dan emas menjadikannya daya tarik tersendiri.

Sama seperti sebelumnya, ikan Kuhli Loach suka sekali berada di area bawah tank. Sehingga sangat cocok untuk membersihkan sisa-sisa makanan di akaurium.

Selain itu juga, ikan Kuhli Loach juga bukan ikan yang galak. Dengan kata lain, antara ikan Neon Tetra dan Kuhli Loach ini akan saling melengkapi.

Nah jadi itulah 9 ikan yang sangat cocok untuk tankmate Neon Tetra. Tentu semakin banyak jenis ikan dalam satu akuarium bakal semakin menarik. Tapi kamu tetap selalu pantau karakter mereka dan juga kualitas air. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *