7 Ikan Predator yang Berburu Secepat Kilat, Mangsa Tak Berkutik?

Nakama Aquatics –¬†Sebagai hewan yang membutuhkan makanan, ikan punya cara berburunya masing-masing. Termasuk ikan predator salah satunya.

Nah beberapa ikan predator ada yang berburu secara diam-diam, namun ada juga yang menyambar mangsanya secepat kilat. Dimana ikan predator yang berburu secepat kilat sampai membuat percikan air tentu sangat seru.

Lalu apa saja ikan predator yang berburu secepat kilat? Kamu penasaran? Yuk simak berikut!!

1. Peacock Bass

Pada urutan pertama ada yang namanya ikan Peacock Bass. Peacock Bass adalah ikan air tawar dengan kemampuan berburu sangat mengerikan.

Dari tubuhnya saja sudah bisa terlihat kalau ikan ini memang dirancang untuk menyambar mangsa secepat kilat. Tubuh ikan Peacock Bass sangat menyerupai roket.

Selain tubuh roketnya, ikan ini juga punya mulut serta rahang yang cukup lebar untuk mencaplok mangsanya. Sehingga mangsa yang sudah ditarget sulit untuk menghindar.

Biasanya yang dimakan oleh ikan Peacock Bass adalah ikan kecil, udang, sampai serangga. Apapun makanannya, jelas ikan ini akan menyambar mangsanya tanpa ampun.

2. Hujeta Gar

Kemudian pada urutan kedua ada yang namanya ikan Hujeta Gar. Ikan Hujeta Gar juga tidak kalah hebat soal berburu.

Ikan ini dilengkapi dengan tubuh yang ramping dan lurus membuatnya seperti torpedo. Karena tubuh rampignnya inilah, ia bisa bergerak secepat kilat termasuk saat memakan mangsanya.

Dengan mulutnya yang menyerupai paruh, ikan Hujeta Gar bisa menukik tajam dan kembali ke tempat semula. Ditambah tubuhnya yang tidak terlalu besar, maka ia bis alebih leluasa.

Ikan Hujeta Gar ini biasa memakan ikan kecil. Karena ukuran kecilnya tersebut, maklum kalau menu makannya tidak bervariasi.

3. Tiger Datz

Selanjutnya pada urutan ketiga ada yang namanya ikan Tiger Datz. Ikan yang memiliki tampang harimau ini ternyata juga gercep saat berburu.

Ikan Tiger Datz punya struktur rahang yang kurang lebih sama seperti Peacock Bass. Hanya saja bentuk tubuh ikan Tiger Datz ini lebih pendek dan agak bantet.

Meski begitu mulutnya ini bisa agak membesar saat mencaplok mangsa. Karena tubuh pendeknya ini juga, ia mampu bergerak secara kilat bahkan kurang dari 2 detik.

Makanan dari ikan Tiger Datz pun bermacam-macam, tapi yang paling ia sukai adalah ikan kecil hidup, Tentu ikan kecil hidup akan meningkatkan insting berburunya.

4. Archerfish

Lalu pada urutan keempat ada yang namanya ikan Archerfish. Archerfish memanglah ikan yang unik.

Bayangkan saja ia punya kemampuan untuk menembak mangsa dengan cara menyemprotkan air. Hal tersebut membuat mangsa, khususnya serangga yang ada di ranting atau pohon akan terjatuh.

Ketika si serangga sudah jatuh ke air, maka ikan Archerfsih akan dengan sigap menyambar mangsa tersebut. Dan bahkan bisa dibilang timingnya pun sangat tepat karena mata Archerfish sangat jeli dalam melihat.

Karena kemampuannya inilah, ikan Archerfish lebih cenderung berburu serangga yang hinggap di atas. Meski kadang bisa saja ia memakan ikan kecil.

5. Payara Armatus

Berikutnya pada urutan kelima ada yang namanya ikan Payara Armatus. Ikan Payara Armatus ini juga tergolong ikan predator yang unik.

Karena jika kita melihat fisiknya maka kita akan langsung fokus dengan gigi taringnya yang tajam. Giginya ini bahkan bisa tumbuh lagi dalam 24 jam ketika patah.

Selain itu, tubuh dari ikan Payara Armatus begitu ramping dan aerodinamis. Sehingga ia sangat lincah bahkan di arus kencing sekalipun.

Mangsa yang sudah jadi targetnya pun tidak bisa berkutik apalagi menghindar. Dan mangsa dari ikan Payara Armatus ini umumnya adalah ikan-ikan kecil.

6. African Tigerfish

Setelah itu pada urutan keenam ada yang namanya ikan African Tigerfish. Sebagai ikan yang punya julukan macan air tawar, jelas ia bukan ikan predator kaleng-kaleng.

Dari struktur tubuh ikan African Tigerfish, ikan ini punya tubuh yang begitu aerodinamis juga bahkan hingga ekor. Tubuhnya tersebut membuat African Tigerfish bisa bergerak lincah bahkan di arus kencang.

Selain ikan, bahkan burung pun juga jadi target ikan African Tigerfish. Jadi bisa kamu bayangkan betapa mengerikannya sambaran dari ikan African Tigerfish ini.

Seperti yang kita tahu kecepatan burung ketika terbang tentu sangat cepat. Jadi bisa disimpulkan kecepatan African Tigerfish melebihi burung sampai bsia menangkapnya.

7. Largemouth Bass

Terakhir pada urutan ketujuh ada yang namanya ikan Largemouth Bass. Ikan ini punya bentuk tubuh yang kurang lebih sama seperti Peacock Bass.

Mulut serta rahang dari ikan Largemouth Bass juga cukup besar dan kuat. Lalu juga didukung dengan badannya yang menyerupai roket.

Karena itulah bukan hal sulit bagi ikan Largemouth Bass untuk menyamber mangsa. Apalagi ikan-ikan kecil yang sama sekali sulit untuk menghindar.

Bisa dibilang kalau soal berburu mangsa, ikan Largemouth Bass hampir sama seperti Peacock Bass. Sehingga tidak akan berbeda jauh.

Nah jadi itulah 7 ikan predator dengan cara berburu yang secepat kilat. Tentu ikan-ikan ini bisa kamu jadikan referensi untuk memelihara supaya makin seru. Mana yang menurutmu paling keren? Semoga bermanfaat!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *