3 Serangkai Ikan Lele Monster Purba yang Harus Kamu Tahu!! Harganya?

Nakama Aquatics – Seperti yang kita tahu, ikan hias terutama jenis Catfish punya banyak sekali jenis. Bahkan golongan ikan Catfish termasuk jenis ikan hias yang paling populer.

Entah itu jenis ikan Catfish dengan harga terjangkau, sampai yang harganya untuk orang sultan. Tapi dari sekian banyak jenis ikan Catfish, ada 3 yang menurut mimin selalu bersama-sama.

Ketiga jenis Catfish ini kerap kali dipelihara bersama-sama dalam satu tank oleh para penghobi. Meskipun ciri-cirinya agak beda, namun ketiga ikan ini sama-sama punya tubuh yang garang dan mengerikan.

Bahkan mimin memberikan julukan 3 ikan lele purba ini sebagai “Three Musketeers Catfish”. Lalu apa saja 3 serangkai ikan Lele tersebut? Kamu penasaran? Yuk simak berikut!!

1. Ripsaw Catfish

Pada urutan pertama ada yang namanya iakn Ripsaw Catfish. Bisa dibilang ikan Ripsaw Catfish ini punya ciri khas yang cukup unik dan mencolok.

Ikan dengan nama latin Oxydoras Niger ini mempunyai duri-duri yang menyerupai gergaji yang ada di samping bagian tubuhnya. Dan jangan salah, duri-duri tersebut sangat tajam lho.

Selain itu, ikan Oxydoras Niger ini punya daging pelengkap yang menggantung di atap mulutnya yang berfungsi untuk mencicipi partikel makanan di antara kotoran sungai.

Lalu ngomong-ngomong soal ukuran, ikan ini dapat tumbuh mencapai panjang 90 cm lho. Kalau dibandingkan dengan ikan hias pada umumnya, ia termasuk ukuran yang cukup besar lho.

Jika melihat data yang dipegang oleh situs resmi Fish Base, dari segi sungai, ikan ini menyebar di Sungai Amazon, São Francisco hingga Essequibo. Tapi ada beberapa juga yang ditemukan di Sungai Orinoco.

Ikan Ripsaw Catfish senang sekali memakan krustasea, siput, dan invertebrata lainnya, lalu juga biji-bijian, hingga buah-buahan. Dengan kata lain, ia termasuk ikan omnivora alias pemakan segala.

Ikan Oxydoras suka dengan tempat yang gelap. Jadi ketika kamu memelihara ikan ini disarankan untuk menyediakan tempat bersembunyi terutama ketika ikan Oxydoras ini masih berukuran di bawah 1 meter.

Untuk harga sendiri, kamu bisa banderol ikan Ripsaw Catfish ini dengan harga Rp 850.000 untuk ukuran 20 cm. Kalau dipikir cukup mahal juga ya.

2. Irwini Catfish

Kemudian yang kedua ada yang namanya ikan Irwini Catfish. Sekilas jika kita melihat tubuh dari ikan Irwini Catfish akan takjub dengan duri-duri disampingnya.

Duri-durinya yang seperti gergaji inilah yang memikat perhatian kita karena terlihat lebih garang. Selain duri-duri di samping, warna tubunya yang merupakan kombinasi antara hitam dan coklat juga bikin keren.

Jika kita menyinggung soal ukuran tubuh, ikan dengan nama latin Megalodoras Irwini ini bisa tumbuh mencapai 60 cm dan badannya bakal terlihat gemuk banget.

Oh iya, soal harga, ikan ini bisa kamu banderol dengan harga sekitar Rp 4,5 juta untuk ukuran 28 cm. Jelas harganya ini termasuk sangat mahal bila dibandingkan ikan hias jenis Catfish lainnya.

Makanan dari ikan Irwini Catfish pun juga terbilang fleksibel. Ia mau diberi makan mulai dari pelet, udang rebon, sampai cacing darah.

Jadi meskipun tubuhnya sangat besar dan predator, ikan Irwini Catfish termasuk ikan yang pendamai. Sehingga kamu tidak perlu khawatir bila ikan ini tiba-tiba menyerang ikan lainnya.

3. Granulated Catfish

Setelah itu yang ketiga ada yang namanya ikan Granulated Catfish. Meski disebutkan terakhir, bukan berarti ikan ini adalah Catfish yang jelek.

Justru sebaliknya, ikan dengan nama latin Pterodoras Granulosus ini punya ciri khas tersendiri. Ia berbadan sangat besar dan gendut disertai tubuhnya yang berwarna cokelat keruh dengan bintik-bintik gelap.

Soal ukuran tubuh, ikan Granulated bisa tumbuh mencapai panjang 70 cm dengan berat 6,5 kilogam. Tentu itu ukuran yang cukup besar bagi sekelas ikan Catfish.

Dengan ukurannya yang sebesar itu ia suka sekali memakan tumbuhan berpembuluh, moluska, dan makanan lainnya. Karena ia rakus dan mau memakan apa saja, tak heran ikan Granulated catfish termasuk ikan omnivora yang oportunistik.

Soal harga, ikan Granulated Catfish ini bisa kamu banderol dengan harga Rp 1.500.000 untuk ukuran 22 cm. Sudah sangat jelas harga segitu membuat dompet kita kering jika membelinya.

Nah jadi itulah 3 serangkai ikan lele purba yang sangat ekostis. Tak heran “Three Musketeers Catfish” ini dipelihara secara bersamaan. Bagaimana menurutmu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *