20 Jenis Ikan Hias dan Harganya di 2021

Nakama Aquatics – Di masa pandemi seperti sekarang ini, orang-orang akan cenderung lebih sering berada di rumah. Dan saat di rumah ia butuh sesuatu untuk menemani dirinya, contohnya seperti hewan peliharaan termasuk ikan hias.

Sayangnya ikan hias saat ini harganya makin naik mengingat permintaan ikan hias makin banyak akibat penghobi ikan hias baru. Dan jelas, beda jenis ikan, beda pula harganya.

Lalu apa aja sih jenis ikan hias beserta harganya di tahun 2021 ini? Berikut mimin pilihkan ikan yang sekiranya bakal populer di tahun 2021 beserta harganya. Kamu penasaran? Yuk simak berikut!!

1. Channa Maru

Pada urutan pertama ada ikan Channa Maru. Khususnya ikan Channa Maru yang paling murah yaitu Yellow Sentarum, pada tahun 2021 nanti perkiraan harga ikan Channa Maru bakal menjadi Rp 45.000 untuk ukuran 5 cm.

Harga tersebut wajar naik dari tahun sebelumnya mengingat peminatnya semakin banyak dan kontes ada dimana-mana. Sehingga jelas penghobi ikan Channa Maru pun saling berburu ikan ini satu sama lain.

2. Neon Tetra

Selanjutnya pada urutan kedua ada ikan Neon Tetra. Ikan Neon Tetra memang salah satu ikan kecil-kecil yang mammpu memikat kita dengan warnanya yang mengkilap.

Ikan Neon Tetra bisa punya harg ayang lebih mahal di tahun 2021 yaitu Rp 4.500 untuk ukuran 2 cm. Harga tersebut wajar naik karena amkin banyak orang yang menggunakan ikan ini sebagai ikan aquascape.

3. Palmas Senegalus Albino

Kemudian pada urutan ketiga ada ikan Palmas Senegalus Albino. Ikan Palmas Senegalus Albino adalah ikan predator yang lucu karena tubuhnya mirip naga kecil.

Di tahun 2021 nanti kamu bisa banderol harga ikan Palmas Senegalus Albino ini Rp 30.000 untuk ukuran 10 cm. Karena penghobi ikan predator skala kecil makin banyak, wajar harganya bakal naik.

4. Koki

Berikutnya pada urutan keempat ada ikan Koki. Ikan Koki memang sangat lucu menggemaskan dari segi fisiknya.

Saat ini memang ikan KOki harganya murah dan di thaun 2021 tidak bakal jauh-jauh dari harga sekarang, diperkirakan bakal seharga sekitar Rp 20.000 untuk jenis yang paling murah.

5. Manfish

Lalu pada urutan kelima ada ikan Manfish. Ikan Manfish ini punya tubuh yang tinggi dan berbentuk seperti segitiga layar sehingga sangat cocok untuk aquascape.

Ikan manfish ini kemungkinan bakal seharga sekitar Rp 10.000 untuk ukuran dan jenis yang paling murah. Kenaikan harga bisa dimaklumi karena peminat aquascape banyak yang suka ikan ini.

6. Oscar

Setelah itu pada urutan keenam ada ikan Oscar. Ikan Oscar ini banyak digemari banget, selain karena warna fisiknya juga karena sifat predatornya yang ganas.

Ikan Oscar paling murah di tahun 2021 bisa kamu banderol sekitar Rp 35.000 untuk ukuran 8 cm. Harga ini sangat wajar naik mengingat ikan Oscar yang mudah dipelihara jadi punya banyak peminat.

7. Cupang

Selanjutnya pada urutan ketujuh ada ikan Cupang. Ikan Cupang seolah sudah viral banget dan menyebar kemana-mana. Karena itulah ia sangat populer.

Harganya pun bisa mencapai sekitar Rp 5.000 untuk jenis dan anatomi tubuh yang biasa saja. DImana untuk ikan yang lebih berkualitas, tentu bakal lebih mahal lagi.

8. Lemon Cichlid

Kemudian pada urutan kedelapan ada ikan Lemon Cichlid. Ikan Lemon Cichlid ini warnanya mencolok banget karena berwarna kuning.

Di tahun 2021, ikan Lemon Cichlid bisa kamu banderol seharga Rp 15.000 untuk ukuran 2 cm. Harganya wajar naik mengingat yang ngefans dengna ikan ini makin banyak.

9. Blackghost Knifefish

Lalu pada urutan kesembilan ada ikan Blackghost Knifefish. Ikan ini bisa kamu banderol seharga Rp 20.000 untuk ukuran 10 cm.

Dnegan tubuh uniknya yang mirip hantu tak heran banyak yang suka. Apalagi jika ditaruh di aquascape, ikan Blackghost Knifefish sangat cocok.

10. Alligator Spatula

Setelah itu pada urutan kesepuluh ada ikan Alligator Spatula. Ikan ini memang terkenal sebagai predator yang cukup garang dan mengerikan.

Ikan Alligator Spatula bisa kamu beli seharga Rp 40.000 untuk ukuran 13 cm. Karena penghobi ikan predator semakin banyak. Maka wajar saja jika harganya makin melonjak naik.

11. Guppy

Pada urutan kesebelas ada ikan Guppy. Ikan Guppy adalah salah satu ikan kecil dengan warna yang cukup indah.

Di tahun 2021 nanti, harga ikan Gupy bakal berkisar Rp 10.000 untuk ukuran dan jenis yang agak murah. Tentu kalau kualitasnya makin bagus, maka makin mahal.

12. Silver Arowana

Selanjutnya pada urutan keduabelas ada ikan Silver Arowana. Ikan Silver Arowana ini menarik banget kalau kita sebagai penghobi ikan predator.

Dan untuk harganya, ikan Silver punya harga sekitar Rp 80.000 untuk ukuran 8 cm. Tentu mahalnya ini sangat wajar, karena ikan Arowana memang identik dengan ikan eksotis.

13. Tiger Datz

Kemudian pad aurutan ketigabelas ada ikan Tiger Datz. Ikan Tiger Datz punya warna loreng-loreng yang cukup meanrik seperti harimau.

Karena peminatnya makin banyak, kemungkinan harganya di tahun 2021 bakal naik jadi Rp 80.000 untuk ukuran 8 cm. Gimana menurutmu?

14. Green Terror Golsom

Berikutnya pada urutan keempatbelas ada ikan Green Terror atau Golsom. Ikan Golsom ini bakal punya harga sekitar Rp20.000 untuk ukuran 8 cm.

Sebagai ikan predator dan cichlid yang menawan, tak heran harganya naik akibat banyak digemari orang.

15. Channa Auranti

Setelah itu pada urutan kelimabelas ada ikan Channa Auranti. Ikan Channa ini seolah begitu populer di kalangan penghobi ikan Gabus.

Wajar harganya bakal naik gila-gila menjadi Rp 450.000 untuk ukuran 16 cm. Apalagi karena perawatannya yang simpel, makin banyak orang yang memeliharanya.

16. Tiger Barb

Selanjutnya pada urutan keenambelas ada ikan Tiger Barb. Sebagai ikan kecil tapi lucu, ia sangat digemari.

Ikan Tiger Barb bisa kamu beli seharga Rp 10.000 untuk ukuran 4 cm. Tentu harganya ini bisa berbeda tergantung daerah kamu masing-masing.

17. Siamese Algae Eater

Kemudian pada urutan ketujuhbelas ada ikan Siamese Algae Eater. Ikan ini sangat familiar apalagi kalau kamu butuh ikan pembersih atau penghobi aquascape.

Harga ikan SAE ini bisa kamu dapatkan dengan harga Rp 35.000 untuk ukuran 6 cm. Tentu harganya ini bisa kurang atau lebih.

18. Redfin Shark

Berikutnya pada urutan kedelapanbelas ada ikan Redfin Shark. Memang ikan Redfin Shark ini punya bentuk yang unik layaknya hiu.

Ia bisa kamu banderol seharga Rp 15.000 untuk ukuran 6 cm. Harga ini bisa jadi beda tergantung di daerah masing-masing.

19. Chinese High Fin Shark

Setelah itu pad aurutan kesembilanbelas ada ikan Chinese High Fin Shark. Ikan CHF ini punya tampang seperti hiu karena siripnya yang cukup tinggi.

Ikan CHF bisa kamu banderol seharga Rp 65.000 untuk ukuran 6 cm. Sangat wajar makin mahal karena ikan ini sangat eksotis apalagi ketika banyak Youtuber yang mengenalkan ikan ini ke banyak orang.

20. Peacock Bass Monoculus

Terakhir pada urutan keduapuluh ada ikan Peacock Bass Monoculus. Ikan Peacock Bass ini begitu menggoda apalagi ketika ia berburu.

Untuk harganya sendiri di thaun 2021 bakal menjadi Rp 50.000 untuk ukuran 9 cm. Tentu harganya bisa kurang atau lebih tergantung coraknya burik atau tidak.

Nah jadi itulah 20 ikan hias beserta harganya di tahun 2021. Harga yang sudah disebutkan tentu tidak kaku seperti itu. Tentu bisa kurang atau lebih tergantung kondisi dan permintaan pasar. Kalau boleh tahu, ikan apa sih yang akan kamu beli di tahun 2021 nanti?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *