Misteria Papua!! 9 Ikan yang Ada di Sungai Mamberamo Indonesia

Nakama Aquatics – Sebagai masyarakat Indonesia, kita pasti sudah tidak asing lagi dengan wiayah Papua. Nah ternyata Papua ini punya sungai yang keren-keren lho.

Termasuk sungai yang satu ini, namanya adalah Sungai Mamberamo. Nama “Mamberamo” berasal dari bahasa Dani yaitu mambe berarti ‘besar’ dan ramo berarti ‘air’.

Beberapa suku terasing bermukim di lembah sungai yang kaya akan keanekaragaman hayati ini. Oleh karenanya Mamberamo dijuluki Amazonnya Papua. Wah keren banget bukan?

Sungai ini mengalir sepanjang 670 km. Sungguh lumayan panajng untuk sungai-sungai di Indonesia. Lalu dengan Sungai Mamberamo yang sepanjang itu, ada ikan-ikan apa aja sih? Kamu penasaran? Yuk simak berikut!!

1. Mogurnda

Pada urutan pertama ada yang namanya ikan Mogurnda. Sekials ikan ini punya warna yang unik karena cukup warna-warna.

Hanya saja, meski warna-warni, ada beberapa warna dominan. Warna tersebut adalah biru dan kekuningan.

Oh iya, ikan ini punya nama latin Mogurnda sp. Jadi dengan kata lain, sebenarnya ada beberapa spesies ikan Mogurnda. Bahkan terhitung ada sekitar 25 spesies, wah banyak juga ya.

Oh iya ikan Mogurnda yang bisa mencapai panjang maksimal 13 cm ini biasa memakan cacing, larva serangga, tumbuhan sampai dengan ikan kecil. Jadi dengan kata lain ia termasuk ikan omnivora alias pemakan segala.

2. Gudgeon

Selanjutnya pada urutan kedua ada yang namanya ikan Gudegeon. Ikan ini punya nama latin Oxyeleotris sp.

Kalau dilihat, memang sekilas ikan Gudgeon ini mirip banget sama ikan Mogurnda yang sebelumnya ada di urutan pertama. Tapi perlu kamu ketahui kalau tidak semua ikan Gudgeon jenisnya berwarna-warni, karena ada juga yang warnanya gelap.

Dari segi ukuran, ia bisa mencapai panjang 21 cm. Lebih besar dibandingkan dengan ikan Mogurnda tadi.

Dengan ukurannya tersebut, ia biasa memakan serangga, larva, dan makhluk kecil lainnya yang dapat mereka makan dengan aman. kalau dilihat-lihat sih, ikan Gudgeon ini bersifat karnivora. Wah ngeri juga ya?

3. Barred Rainbowfish

Berikutnya pada urutan ketiga ada yang namanya ikan Barred Rainbowfish. Ikan ini punya nama latin Chilatherina fasciata.

Secara fisik ikan Barred Rainbowfish ini cukup menarik. Ikan ini punya warna tubuh coklat sampai hijau kebiruan di bagian atasnya. Sedangkan pada bagian bawah berwarna putih sampai kekuningan dengan garis tengah yang gelap dan menyebar.

Oh iya, soal ukuran tubuh, ikan ini mampu tumbuh mencapai panjang 12 cm. Jadi bisa dibilang ia termasuk ikan yang ukurannya cukup kecil.

Meskipun kecil, tapi ia mampu memangsa mulai dari alga, larva serangga, sampai krustasea kecil. Dengan kata lain, ikan Barred Rainbowfish termasuk ikan omnivora.

4. Lorentz’s Rainbowfish

Kemudian pada urutan keempat ada yang namanya ikan Lorent’z Rainbowfish. Kalau boleh jujur, sebenarnya ikan yang satu ini juga tidak terlalu besar seperti urutan sebelumnya.

Bayangkan saja, ikan dengan nama latin Chilatherina lorentzi hanya mampu tumbuh mencapai 12 cm saja untuk ukuran tubuhnya. Dan karena ukurannya kecil, tak heran ia cenderung hidup secara berkelompok.

Nah ciri-ciri fisik dari ikan Lorent’z Rainbowfish adalah warna badannya yang biru namun ada semacam kekuning-kuningan pada bagian bawahnya. Meski warnanya agak kontras, justru itulah yang jadi daya tarik ikan Lorent’z Rainbowfish.

Makanan dari ikan Lorentz’s Rainbowfish ini adalah serangga kecil, krustasea kecil, sampai alga hijau. Wah cukup bervariasi juga ya, maklum mengingat ia adalah ikan omnivora.

5. Julung-julung

Lalu pada urutan kelima ada yang namanya ikan Julung-julung. Buat kamu yang pernah ke Papua, bisa jadi pernah liat ikan yang satu ini.

Ikan ini punya ciri-ciri badan yang memanjang dengan leher atas pendek membentuk paruh. Mungkin kamu menganggap bukan paruh, melainkan semacam pedang ya?

Dan jika kita lihat rahang bawahnya, terihat agak panjang dan membentuk segitiga. Kalau dilihat sekilas sih mirip banget sama ikan Hujeta Gar. Apalagi warnanya yang sama-sama agak keperakan.

Soal potensi panajng maksimal, iakn dengan nama latin Zenarchopterus alleni ini bisa tumbuh hingga 45 cm. Coba bayangkan saja, iakn seperti itu melesat cukup kencang ketika kita sedang berenang di Sungai Kapuas . Tentu akan sangat mengerikan.

6. Mujair

Setelah itu pada urutan keenam ada yang namanya ikan Mujair. Kalau ikan yang satu ini jelas mungkin sering kita temui bahkan menjadi santapan konsumsi kita sehari-hari.

Ikan Mujair ini punya warna hitam dan keabu-abuan. Bahkan beberapa ada semacam gradasi merah yang membuatnya makin unik.

Kalau dilihat-lihat, ikan dengan nama latin Oreochromis mossambica ini bisa tumbuh sampai 40 cm. Wah lumayan besar juga yaa dibandingkan ikan-ikan sebelumnya.

Dengan ukurannya tersebut, ikan Mujair biasa memakan vegetasi darat, tanaman air, zooplankton, dan terestrial makroinvertebrata. Jadi ia termasuk ikan omnivora.

7. Sidat Anjing

Selanjutnya pada urutan ketujuh ada yang namanya ikan Sidat Anjing. Nah kalau yang satu ini termasuk ikan yang punya tubuh mengular layaknya belut.

Warna dari ikan Sidat Anjing ini coklat gelap pada bagian atas dan coklat muda pada bagian atas. Memang ikan dengan nama latin Anguilla bicolor ini bukanlah ikan hias jadi agak kurnag menarik.

Sidat Anjing biasanya memakan ikan-ikan kecil, krustasea, dan moluska. Sudah jelas dari menu makanannya tersebut ia termasuk ikan predator.

Oh iya, soal ukuran tubuh, ikan Sidat Anjing mampu tumbuh mencapai panjang 123 cm. Wah gede juga ya ikan yang satu ini.

8. New Guinea Tandan

Pada urutan kedelapan ada yang namanya ikan New Guinea Tandan. Ikan yang satu ini termasuk salah satu jenis ikan Lele.

Jika kita melihat dari segi bentuk tubuhnya, badannya sangat unik. Tubuhnya tersebut berbentuk gepeng samping dan agak memanjang.

Selain itu terdapat semacam sirip bawah di dekat ekor yang melambai-lambai seolah-olah mirip hantu. Dan tubuh ikan New Guinea Tandan ini cukup gelap lho karena didominasi oleh warna coklat kehitaman.

Ikan dengan nama latin Neosilurus novaeguineae ini umumnya memakan cacing sampai krustasea kecil. Mengingat moncong mulutnya yang agak mengecil, menu makanannya juga pasti tidak terlalu besar.

9. Java Barb

Terakhir pad aurutan kesembilan ada yang namanya ikan Java Barb. Iakn ini punya nama latin Barbodes gonionotus.

Kalau ikan Java Barb ini memang salah satu ikan yang paling umum dijumpai, bahkan di Papua sekalipun. Tubuh ikan java Barb ini walau tidak terlalu menarik, tapi tetap saja mencolok.

Kamu bisa lihat warna badannya keperakan agak berkilau. Dimana siripnya ada yang kekuningan ada juga yang kehitaman.

Oh iya, soal ukuran tubuh, ikan Java Barb mampu tumbuh mencapai panjang 30 cm. Jika dibandingkan dengan ikan-ikan sebelumnya, bisa dibilang ia termasuk berukuran sedang.

Nah itulah 9 ikan yang ada di Sungai Mamberamo Indonesia. Bagaimana menurutmu? Ternyata keren-keren juga ya ikannya? Semoga bermanfaat!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *