Ngeri Semua!! 9 Ikan yang Ada di Sungai Nil (Part 2)

Nakama Aquatics – Buat kamu pecinta ikan pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Sungai Nil. Perlu kamu ketahui kalau Sungai Nil ini termasuk satu dari dua Sungai terpanjang di bumi.

Bayangkan saja, Sungai Nil mengalir sepanjang 6.650 km dan membelah sekitar 9 negara yaitu Ethiopia, Zaire, Kenya, Uganda, Tanzania, Rwanda, Burundi, Sudan, Sudan Selatan dan tentu saja Mesir.

Wah dari sebarannya yang sudah mencakup beberapa negara saja sudah bisa dibayangkan bukan betapa beraneka ragamnya ikan yang ada di Sungai ini? Lalu apa aja sih ikan-ikan yang ada di Sungai Nil? Oh iya, ini adalah lanjutan part 1 yang sebelumnya. Kamu penasaran?

1. Rebelly Tilapia

Pada urutan pertama ada yang namanya ikan Redbelly Tilapia. Ikan Tilapia yang satu ini juga bsia dibilang salah satu jenis ikan Nila.

Pada bagian tubuh ikan Redbelly Tilapia ditutupi dengan bintik-bintik kuning dengan sirip punggung dan dubur. Dimana itu menunjukan garis-garis oranye tipis.

Ikan dengan nama latin Coptodon zillii ini juga punya total 13-16 duri di bagian punggungnya. Wah kalau dipikir-pikir banyak juga ya durinya.

Kalau kita ngomongin soal besar tubuh ikan ini, ia bisa mencapai panjang hingga 40 cm. Cukup besar untuk ukuran ikan yang ada di Sungai Nil.

Dengan ukurannya tersebut ia memakan makrofita, detritus dan fitoplankton. Jadi dengan kata lain ia termasuk ikan herbivora.

2. West African Lungfish

Kemudian pada urutan kedua ada yang namanya ikan West African Lungfish. Ikan ini juga termasuk salah satu jenis Lungfish.

Ikan West African Lungfish punya penampilan yang bisa dibilang seram tapi sekaligus lucu. Jadi kalau berbicara soal warna, sisi punggung ikan ini berwarna zaitun atau cokelat dengan sisi perut yang lebih terang,.

Selain itu juga pada tubuh ikan dengan nama latin Protopterus annectens ini terdapat bintik-bintik kehitaman atau kecoklatan. Kalau dipikir-pikir unik juga ya.

Badannya tersebut bisa mencapai panjang hingga 200 cm alias 2 meter. Sungguh ukuran yang luar biasa besar. Tak heran ikan ini jadi salah satu ikan yang ditakuti di Sungai Nil.

Dengan ukurannya tersebut, tak heran ia punya menu makan yang bervariasi. Mulai dari katak, ikan, moluska, krustasea, sampai akar dan biji pohon.

3. Palmas Senegalus

Selanjutnya pada urutan ketiga ada yang namanya ikan Palmas Senegalus. Meskipun di Indonesia akrab disebut ikan Palmas Senegalus, ia juga punya panggilan yaitu Gray Bichir.

Tak perlu heran dengan sebutannya tersebut. Arti kata Grey yaitu abu-abu sesuai dengan ciri-ciri fisiknya. Dimana tubuh ikan dengan nama latin Polypterus senegalus ini berwarna abu-abu.

Soal ukurabn tubuh, ikan Palmas Senegalus bisa mencapai panjang hingga 70 cm di Sungai Nil. Walaupun tidak sebesar ikan Lungfish tadi, tapi tetap saja itu ukuran yang besar.

Sebagai ikan karnivora, ikan Palmas Senegalus cenderung memakan daging-dagingan. Ia akan melahap mulai dari ikan, cacing tanah, sampai udang.

4. Jewel Cichlid

Berikutnya pada urutan keempat ada yang namanya ikan Jewel Cichlid. Sekilas memang ikan Jewel Cichlid ini punya tampilan yang mencolok.

Ikan dengan nama latin Hemichromis ini kebayanyakan berwarna cerah dan warnanya menjadi lebih intens selama berkembang biak di Sungai Nil. Selain itu, sirip punggung, perut dan duburnya juga lebih runcing dibandingkan ikan Cich lainnya.

Mungkin siripnya yang runcing tersebut untuk melindungi dirinya dari pemangsa. Berbicara soal memangsa, ikan Jewel Cichlid biasanya melahap cacing sampai udang-udang kecil.

Ia bisa tumbuh sampai 15 cm untuk ukuran tubuhnya. Ukuran segitu menurut mimin wajar bagi sekelas ikan Cichlid.

5. Silver Butter Catfish

Lalu pada urutan kelima ada yang namanya ikan Silver Butter Catfish. Jadi ini adalah salah satu jenis lele-lelean.

Ikan dengan nama latin Schilbe intermedius memang punya perawakan yang Afrika banget. Dimana tubuhnya agak memanjang dan kepala serta mulutnya agak melebar.

Tentu ini menjadi ciri khas Afrika dimana mereka saling memangsa dan biasanya makanan mereka pun gila-gila di luar nalar. Salah satu makanan dari ikan Silver Butter Catfish ini adalah krustasea dan serangga.

Dimana tubuhnya sendiri bisa mencapai panjang 30 cm. Sehingga makanannya tersebut masih cocok untuk ukurannya tersebut.

6. Featherfin Synodontis

Kemudian pada urutan keenam ada yang namanya ikan Featherfin Synodontis. Ikan ini juga akrab dipanggil secara singkat “Synodontis”.

Ikan Synodontis ini ternyata juga ada di Sungai Nil lho. Dan jelas ia menyusuri bagian-bagian bawah Sungai Nil karena ikan ini termasuk iakn tipe bawah atau tipe dasar.

Ikan dengan nama latin Synodontis eupterus ini gemar sekali memakan larva serangga, alga, dan sumber makanan lainnya di bagian dasar Sungai Nil tersebut. Karena biasanya pasti ada sisa-sisa makanan dari hewan lain yang berserakan di sungai tersebut.

Oh iya, soal ukuran tubuh, ia bisa mencapai panjang hingga 30 cm. Ukurannya yang tidak terlalu kecil tapi juga tidak terlalu besar.

7. African Brown Knifefish

Selanjutnya pada urutan ketujuh ada yang namanya ikan African Brown Knifefish. African Brown Knifefish sendiri yang merupakan ikan pisau mungkin agak asing di telinga kamu.

Ikan dengan nama latin Xenomystus nigri ini bisa mencapai panjang 30 cmuntuk ukuran tubuhnya. Lumayan besar juga sih kalau dipikir-pikir.

Dengan ukurannya tersebut ia mampu memakan siput, serangga, krustasea, dan lainnya. Dilihat dari makanan-makananya tersebut ia termasuk ikan karnivora alias predator.

Oh iya, secara fisik, ikan Silver Brown Knifefish ini punya ciri-ciri agak panjang dari segi tubuhnya serta tidak memilik sirip punggung. Bisa juga kamu mengenalinya dari warna dimana ikan ini berwarna gradasi dari coklat gelap ke coklat agak terang.

8. Palmas Endlicheri

Abis itu pada urutan kedelapan ada yang namanya ikan Palmas Endlicheri. Kalau ikan yang satu ini mungkin kamu sangat mengenalinya karena sering melihat.

Ikan dengan nama latin Polypterus endlicheri ini punya warna tubuh yang coklat lalu dihiasi dengan corak-corak hitam. Sekilas warna tubuhnya tersebut mirip sekali dengan pasir.

Ikan bertubuh pasir ini gemar sekali loh memakan sejenis krustasea maupun siput. Meski begitu, kadang-kadang ia juga akan makan ikan-ikan kecil apabila terpaksa.

dikutip dari situs Fish Base, Palmas Endlicheri mampu tumbuh mencapai panjang 63 cm dengan berat hampir 3,3 kg. Wow meskipun tidak sebesar Lungfish, tapi ukuran tersebut lumayan besar bukan?

9. Nile Perch

Terakhir pada urutan kesembilan ada yang namanya ikan Nile Perch. Nile Perch ini adalah salah satu ikan air tawar raksasa di Sungai Nil.

Coba kamu bayangkan sendiri, ia bisa tumbuh mencapai panjang 193 cm alias 1,93 meter. Dengan berat 232 kilogram, mungkin kita akan kesulitan untuk mengangkatnya sendirian.

Dari kategori makanan, ikan ini memiliki sifat yang sangat piscesvora. Ikan Nile Perch yang remaja ternyata suka sekali memakan udang sampai lancefish dan lainnya. Sementara ketika si ikan Nile Perch ini menginjak dewasa, ia akan membutuhkan makanan dalam bentuk sejumlah besar ikan yang utuh seperti ikan Trout.

Ikan Nile Perch merupakan spesies ikan yang berwarna perak dengan semburat biru. Mereka memiliki mata hitam gelap yang khas dengan cincin luar berwarna kuning cerah.

Ciri-cirinya tersebut benar-benar menyeramkan dan seolah menunjukan auranya sebagai ikan monster.

Nah jadi itulah 9 ikan yang ada di Sungai Nil part 2, gimana menurutmu? Mana ikan yang paling kamu favoritkan di Sungai Nil ini? Tulis di kolom komentar ya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *