Channa Auranti Si Ikan Gabus Bertotol Oranye Asal India

Nakama Aquatics – Ternyata ikan gabus yang kita kenal selama ini ada yang memiliki corak yang bagus dan menarik. Salah satunya adalah Channa Auranti atau dikenal dengan nama Orange-Spotted Snakehead. Channa Auranti merupakan ikan gabus yang lumayan populer di kalangan pecinta ikan predator.

Dan baru-baru ini sedang heboh penipuan oleh beberapa orang yang mengaku menjual Channa Barca yang ternyata adalah Channa Auranti.

Sebelum mengenal lebih dalam seluk beluk dari Channa Auranti, perlu diketahui bahwa ikan yang memiliki nama Orange-Spotted Snakehead ini berbeda dengan Channa Barca yang terkenal mahal itu.

Lalu seperti apa sih seluk beluk ikan Channa Auranti ini? Sebelum mulai, mimin mau ngasih tahu kalau sekarang ada GIVEAWAY AKBAR banyak banget ikan Channa. Total ada 139 ikan Channa yang size nya gede-gede plus 20 pack pakan. Gila banyak banget kan!! Informasi selengkapnya, ada di akhir video ini, jadi tonton sampai habis ya!!

Klasifikasi Ilmiah

Kingdom : Animalia

Filum : Chordata

Kelas : Actinopterygii

Ordo : Perciformes

Famili : Channidae

Genus : Channa

Spesies : C. aurantimaculata

Nama Latin/Ilmiah : Channa aurantimaculata

Bentuk Fisik

Bentuk fisik ikan yang bisa mencapai panjang 40 cm ini memang sedikit sulit dikenali karena mirip sekali dengan Channa Barca.

Hal ini terbukti dari maraknya penipuan tentang Channa Auranti yang diklaim sebagai Channa Barca. Sebenarnya tidak terlalu sulit juga untuk membedakannya, dengan syarat lihatlah secara detail jangan hanya sekilas.

Ikan ini memiliki tubuh berwarna coklat yang bercampur dengan garis-garis oranye vertikal. Bentuk kepalanya pun sedikit lebih kecil sehingga siripnya yang membentang sepanjang badannya tampak besar. Kepalanya juga memiliki warna sedikit kebiruan.

Tidak hanya kepala, pada ujung siripnya juga ada sedikit warna biru. Mungkin warna biru diujung inilah yang membuatnya mirip dengan Channa Barca.

Penyebaran wilayah

Ikan yang memiliki nama latin Channa aurantimaculata ini adalah endemik Sungai Brahmaputra. Ikan ini adalah ikan lokal dari wilayah Dibrugarh, wilayah paling timur laut Assam, India.

Makanan

Ikan gabus bertotol oranye asal India ini biasanya memakan ikan dan serangga yang berukuran lebih kecil di alam. Saat kita memeliharanya, Channa Auranti sangat mudah dalam hal pakan.

Anda bisa memberinya makanan utama seperti ikan kecil dan serangga, yang notabene sama seperti di alam liarnya. Tapi bisa juga alternatif seperti cacing beku, cacing tanah, ulat jerman, ulat hongkong, udang, atau bahkan kerang.

Jangan pernah memberi Channa Auranti berupa daging mamalia atau unggas, seperti daging sapi atau ayam. Bahaya! Kenapa? Karena tubuh Channa Auranti tidak bisa mencerna makanan seperti mamalia dan unggas.

Jika sumber makanan sedang sulit dicari seperti ikan kecil, cacing beku, atau ulat. Anda bisa pergi ke pasar dan beri saja potongan udang yang dibeli dari pasar tersebut. Kalau udang pasti hampir tersedia di tempat manapun seperti pasar tradisional, supermarket, dll.

Habitat & Karakteristik

Channa Auranti bisa Anda ditemukan di hutan hujan tropis. Tempat yang sering mengalami hujan deras, memiliki kelembaban tinggi, dan suhu musim panas yang sangat panas.

Hati-hati karena karakter ikan ini adalah pelompat yang cukup tangguh dan cerdik. Sedikit saja ada celah untuk keluar (lewat atas), maka mereka akan langsung mampu melewatinya dengan mudah.

Banyak kasus orang-orang yang memelihara Channa Auranti terlalu meremehkan lubang atau celah kecil dari atap akuarium mereka.

Padahal disitulah hal yang paling krusial dan menentukan, sebisa mungkin jangan sampai ada satu celah pun. Anda bisa mengakalinya dengan tutup yang terbuat dari kawat, kaca, kertas karton, triplek tipis, gabus, atau bahan-bahan lainnya.

Apabila bahan yang Anda gunakan terasa ringan dan ada kemungkinan untuk ditembus, berilah pemberat di atasnya seperti batu kecil, jaring ikan, botol plastik yang diisi air, atau pemberat yang lainnya.

Temperamen

Ikan dengan nama Orange-Spotted Snakehead ini sebaiknya dipelihara secara individual dan terpisah. Anda bisa menggunakan pembatas berbahan kaca untuk memisahkannya.

Tapi kenapa harus dipisah? Hal ini karena Channa Auranti adalah ikan yang bersiat teritorial dan sangat agresif dalam mempertahankan wilayahnya.

Jadi jangan heran apabila Anda memaksa memberi tankmate kepada Channa Auranti, ikan ini akan melakukan kekerasan dan bisa menyebabkan luka kepada tankmate-nya tersebut. Apabila Anda ingin ikan Anda selamat, sebaiknya tidak perlu memilih hal yang merugikan seperti itu.

Catatan khusus

Tidak ada catatan khusus karena Channa Auranti tidak termasuk ikan yang terancam, mengutip dari Wikipedia dan IUCN (International Union for Conservation of Nature).

Nah jadi itulah seluk beluk tentang ikan Channa Auranti. Ikan kebanggaan India memang gokil. Buat kamu yang suka sekali dengan ikan ini, jangan khawatir karena bakal ada GIVEAWAY AKBAR ikan Channa banyak banget termasuk Channa Auranti. Untuk ketentuan dan lainnya langsung klik link yang ada di deskripsi atau pinned comment yaaa. Oke? Jangan lupa subscribe channel ini dan like video ini, serta nyalakan juga ya notifikasinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *