Praktis!! 7 Ikan Hias yang Makan Cacing Darah Ketika Dipelihara

Nakama Aquatics – Saat kita memelihara ikan hias, pasti kita juga mempertimbangkan soal makanan. Makanan dari ikan hias sebenarnya bermacam-macam tergantung dari jenis ikan hiasnya itu sendiri.

Tapi selain pelet, ada juga makanan yang praktis buat para penghobi yang merawat ikan. Makanan atau pakan tersebut adalah cacing darah.

Dengan disimpan di kulkas atau freezer saja, cacing darah bisa lebih awet. lalu ikan hias apa aja yang memakan cacing darah ketika dipelihara? Kamu penasaran?

1. Kaviat

Pada urutan pertama ada yang namanya ikan kaviat. Kalau kamu mencari di internet, sebenarnya ikan Kaviat ini juga terkenal dengan sebutan ‘ikan Tinfoil Barb’.

Jujur saja, dari segi bentuk, agaknya ikan ini biasa saja. Namun yang membuatnya unik adalah ekornya yang berwarna merah dan sifat damainya.

Ya, ikan Kaviat juga populer dibuat tankmate oleh ikan-ikan lainnya karena sifat damainya yang bisa menyatu dalam sebuah komunitas tankmate. Selain pelet, ikan Kaviat ternyata bisa juga memakan cacing darah sehingga kamu lebih praktis merawatnya.

2. Rainbowfish

Selanjutnya pada urutan kedua ada yang namanya ikan Rainbowfish atau ikan Pelangi. Ikan ini begitu populer karena warna pada tubuhnya yang berwarna-warni.

Yang paling menyenangkan dari ikan Rainbowfish adalah ia bisa bergerombol dan menyatu dengan komunitas tankmate lainnya karena makanannya bukan ikan.

Makanan utama dari ikan Rainbowfish ini cukup pelet dan cacing darah. Dengan begitu, selain tampilannya yang menarik karena warnanya, ikan Rainbowfish juga aman buat ikan-ikan kecil lainnya.

3. Pari air tawar

Berikutnya pada urutan ketiga ada yang namanya ikan Pari air tawar. Ikan Pari air tawar memang menjadi salah satu opsi menarik untuk dipelihara.

Dengan bentuknya yang lucu menyerupai piring terbang, tak heran banyak yang menyukainya. Meski ikan Pari terkenal sulit perawatanya dari segi kualitas air, namun dari makanan cukup praktis.

Kenapa bisa begitu? Itu karena ikan Pari air tawar bisa cukup diberi makanan cacing darah. Sehingga tak perlu repot-repot menyediakan berbagai macam makanan.

4. Corydoras

Lalu pada urutan keempat ada yang namanya ikan Corydoras. Ikan Corydoras merupakan ikan air tawar dengan ukuran yang rata-rata cukup kecil.

Tak heran, selain pelet, ikan Corydoras pun juga diberi makanan berupa cacing darah. Dengan ikan Corydoras yang bertipe ikan bawah, maka sangat cocok untuk cacing darah yang sifatnya tenggelam.

Selain itu, ikan Corydoras bisa kamu gabungkan dengan ikan-ikan kecil lainnya. Berbicara ikan Corydoras sendiri, sebenarnya ada banyak jenis yang bisa kamu pilih sebagai opsi untuk merawatnya.

5. Channa Pulchra

Setelah itu pada urutan kelima ada yang namanya ikan Channa Pulchra. Ikan yang satu ini termasuk salah satu jenis ikan Gabus.

Bisa jadi ikan Channa Pulchra ini menjadi favorit pilihan kamu. Mengingat cukup banyak sekali orang yang mengagumi dan menyukai ikan-ikan Channa atau Gabus.

Meski tampangnya cukup anggun, bukan berarti soal makanan bakal sulit. Justru ikan Channa Pulchra sangat praktis, karena ia juga doyan memakan cacing darah.

6. Silver Dollar

Pada urutan keenam ada yang namanya ikan Silver Dollar. Dengan bentuk tubuhnya yang menyerupai koin-koin perak, sudah sewajarnya ikan ini dirawat untuk meramaikan akuarium.

Walaupun meramaikan akuarium, bukan berarti ikan Silver Dollar membuat penghobi ikan semakin ribet. Justru ikan Silver Dollar termasuk yang cukup praktis merawatnya.

Dalam hal makanan, ikan Silver Dollar bisa kamu beri cacing darah. Sehingga hanya bermodalkan kulkas/freezer, kamu bisa menyetok cacing darah untuk makanan ikan Silver Dollar.

7. Tiger Fish

Terakhir pada urutan ketujuh ada yang namanya ikan Tiger Fish. Punya tubuh yang mirip seperti harimau menjadikandaya tarik tersendiri .

Ikan Tigerfish terkenal akan sifatnya yang predator dan cukup aktif ketika sedang makan. Meski biasanya ikan Tigerfish diberi makanan berupa ikan maupun udang, ternyata ia juga bisa diberi cacing darah.

Terutama ketika ikan Tigerfish masih berukuran kecil. Sehingga cacing darah menjadi opsi makanan yang masuk akal karena mulutnya yang sangat kecil tersebut.

Nah itulah 7 ikan hias yang suka memakan cacing darah. Bagaimana? Apakah kamu yang sibuk jadi tertarik memelihara ikan-ikan ini? Semoga bermanfaat!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *