Pinktail Chalceus Si Ikan Bandeng Air Tawar Berekor Merah Muda

Nakama Aquatics – Di dunia ini begitu banyak ikan yang mirip. Termasuk ikan Pinktail Chalcues ini yang sekilas mirip ikan Bandeng.

Jadi mungkin nggak heran kalau beberapa orang awam mengatakannya sebagai ikan Bandeng air tawar. Mungkin sekilas terlihat biasa aja.

Namun jangan salah, justru ikan ini banyak dijual lho di pasar ikan hias. Dan Pinktail Chalceus ini sangat cocok buat meramaikan akaurium kamu. Penasaran sama seluk-beluknya?

Klasifikasi Ilmiah

Kingdom : Animalia

Filum : Chordata

Kelas : Actinopterygii

Ordo : Characiformes

Famili : Characidae

Genus : Chalceus

Spesies : C. macrolepidotus

Nama Latin/Ilmiah : Chalceus macrolepidotus

Bentuk Fisik

Berbicara soal bentuk fisik, mungkin sudah dibahas sekilas sebelumnya kalau ikan Pinktail Chalceus ini mirip banget sama ikan Bandeng.

Tubuhnya berwarna keperakan dengan sedikit kilauan, sehingga tak mengherankan jika disebut Bandeng air tawar.

Namun yang membuatnya unik juga adalah ekornya yang berwarna merah. Tentu ini jadi nilai tambah, karena warnanya nggak bakal terlalu monoton.

Soal ukuran tubuh, ikan Pinktail Chalceus ini dapat tumbuh mencapai panajng hingga 25 cm. Lumayan besarlah untuk koleksi ikan hiasmu.

Penyebaran wilayah

Meski mungkin kamu mengira ikan ini mirip Bandeng, tapi bukan berarti ia berasal dari Indonesia ya. Nah ternyata ikan Pinktail Chalceus ini berasal dari Amerika Selatan bagian utara seperti di Kolombia, Venezuela, Guyana, Suriname, Guyana Prancis, hingga Peru.

Makanan

Kalau kita menyinggung soal makanan, sebenarnya ikan Pinktail Chalceus ini suka banget memakan serangga dan krustasi di alamnya. Dengan kata lain ikan Pintail Chalceus termasuk ikan predator.

Kalau kamu memelihara ikan ini, masih banyak pilihan makanannya kok. Kamu bisa memberinyamulai dari kerang, cacing darah, dan lainnya. Jadi meski makanan utama Pinktail Chalceus adalah udang dan serangga, ia masih cukup fleksibel.

Habitat & karakteristik

Soal habitat, ikan Pinktail Chalceus seringkali ditemukan di perairan yang punya banyak oksigen. Ini bisa menjadi petunjuk buat kamu pas merawatnya.

Oh iya, soal dekorasi, sebenarnya ikan Pinktail Chalceus tidak terlalu butuh. Mengingat biasanya ikan ini suka berada di area tengah akaurium. Jarang sekali memanfaatkan dekorasi entah itu bersembunyi atau semacamnya.

Sehingga disarankan ketika merawat ikan Pinktail Chalceus adalah membiarkan akaurium kosong dan terlihat luas untuk berenang.

Temperamen

Mengenai temperamen dari ikan Pinktail Chalceus, ada beberapa hal yang harus kamu ketahui. Ikan ini sebaiknya dipelihara sendirian saja.

Kalaupun mau berkelompok, sebaiknya lebih dari 6 ikan. Karena kalau tidak, ikan Pinktail Chalceus bakal saling menggores satu sama lain.

Atau bisa juga kamu menggabungkannya dengan sebuah komunitas ikan yang berisi Leporinus, Metynnis, Mylossoma, Brycon, dan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *