Gulper Catfish Si Ikan Lele Bermulut Lebar dan besar, Apapun Dimakan!!

Nakama Aquatics – Ikan lele punya banyak sekali jenis dan macamnya. Tapi mungkin kamu baru tahu ikan lele dengan tampang yang sangat unik ini.

Ikan lele tersebut adalah Gulper Catfish. Ikan air tawar yang satu ini bisa dibilang sangat terkenal, apalagi di kalangan pecinta ikan predator. Yah walaupun selain Gulper Catfish, ia juga punya nama panggilan lain yaitu Ogre Catfish.

Lalu seperti apa seluk-beluk dari ikan lele yang gemuk ini? Kamu penasaran? Yuk simak berikut!!

Klasifikasi Ilmiah

Kingdom : Animalia

Filum : Chordata

Kelas : Actinopterygii

Ordo : Siluriformes

Famili : Auchenipteridae

Genus : Asterophysus

Spesies : A. batrachus

Nama Latin/Ilmiah : Asterophysus batrachus

Bentuk Fisik

Jika kita melihat fisiknya secara sekilas, sepertinya tidak ada bedanya dengan ikan-ikan Lele pada umumnya. Namun kalau kita perhatikan secara teliti, ada satu keunikan dan ciri khas dari Gulper Catfish.

Ya, terlihat bagian mulutnya yang sangat lebar dan jelas mulutnya ini bisa melahap apa saja yang ingin dimakannya. Mulutnya bagian bawah juga terlihat lebih maju dibandingkan yang atas.

Soal ukuran tubuh, ikan Gulper Catfish ini dapat mencapai panjang hingga 25 cm. Kalau kamu pikir ukuran tersebut kecil, berarti kamu sudah meremehkan ikan yang satu ini.

Penyebaran wilayah

Ikan Gulper Catfish telah tercatat menyebar di beberapa wilayah mulai dari Rio Negro di Brasil dan drainase Orinoco di Venezuela. Sehingga dengan kata lain, ikan ini bukanlah ikan asli Indonesia.

Makanan

Apabila kita menyinggung soal makanan, tentu kemampuan Gulper Catfish sangat mengerikan dan tidak perlu diragukan lagi. Dengan mulutnya yang lebar dan besar, hampir semua mangsa bisa dilahapnya.

Ia bakal memangsa apapun yang bisa dimakan seperti ikan, udang, dan lainnya. Namun yang mengejutkan, ukuran mangsanya setara atau bahkan lebih besar daripada ukuran tubuhnya sendiri.

Hal tersebut tentu sungguh gila. Mengingat sangat jarang ikan yang bisa melahap sesuatu yang setara atau bahkan lebih besar dari ukuran tubuhnya. Tapi hal tersebut bisa dilakukan oleh si hitam bermulut besar, Gulper Catfish.

Habitat & karakteristik

Soal habitat, ikan Gulper Catfish biasanya menghuni anak sungai Blackwater, dimana perairan tersebut punya kedalaman yang cukup dangkal.

Saat malam hari, di perairan tersebut ikan Gulper akan berburu secara aktif. Mengingat saat siang hari, ikan ini akan cenderung bersembunyi dan berisitirahat dengan tenang.

Ketika berada di sebuah akuarium, biasanya Gulper catfish terlihat berada di area bawah. Hal itu maklum mengingat ikan Gulper Catfish termasuk ikan tipe bawah jika dilihat berdasarkan letaknya terhadap permukaan air.

Temperamen

Soal temperamen, jangan sampai kamu terkecoh dengan muka santuynya. Hal tersebut karena ternyata Gulper Catfish bisa melahap sesuatu 2 kali lipat lebih besar daripada tubuhnya. Karena itulah, ikan Gulper disarankan dipelihara sendirian saja. Karena jika digabung dengan ikan lain, takutnya Gulper Catfish akan melahap tankmate-nya tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *