5 Kura-kura Semi Akuatik yang Cocok Dipelihara Pemula

Nakama Aquatics – Kalau ditanya soal kura-kura apa saja yang kamu pelihara di rumah, apa jawaban kamu? Ya, kura-kura saat ini memang menjadi salah satu hewan peliharaan yang banyak digemari.

Mungkin kamu juga orang yang merawat kura-kura di rumah. Namun perlu kamu ketahui bahwa ternyata tidak semua jenis kura-kura bisa dipelihara terutama oleh orang awam.

Apalagi biasanya ketika orang awam, atau bisa dibilang penghobi kura-kura pemula, pertama kali ingin merawat kura-kura, mereka bingung mau pelihara jenis yang mana.

Lalu, balik lagi ke pertanyaan awal, terlepas dari harganya yang bisa jadi mahal, apa saja jenis kura-kura yang bisa dipelihara oleh pemula? Kamu penasaran? Yuk simak berikut!!

1. Kura-kura Brazil

Pada urutan pertama ada yang namanya kura-kura Brazil. Kura-kura ini punya nama latin Trachemys scripta elegans. Kura-kura ini bisa dibilang kura-kura sejuta umat, dengan kata lain paling mainstream buat dipelihara.

Tentu bukan tanpa sebab banyak orang yang memelihara kura-kura ini. Alasan utama kenapa kura-kura Brazil begitu banyak dipelihara bahkan oleh orang awam adalah karena kura-kura ini mudah dipelihara dan dirawat. Selain itu harganya yang terjangkau juga jadi faktor pendukungnya.

Kura-kura Brazil bisa kamu beri makan mulai dari pelet, ikan kecil, potongan udang, dan masih banyak lagi lainnya. Untuk perawatannya pun wajib juga untuk dijemur, apalagi kalau kamu pelihara secara indoor. Kalau dipelihara secara outdoor, maka kamu cukup sediakan tempat berjemur dan biarkan kura-kura Brazil berjemur dengan sendirinya.

Meski termasuk pemula, cara perawatan yang benar dan pemilihan kura-kura ketika membeli juga wajib diperhatikan. Ya, ketika kamu membeli kura-kura Brazil di pasar pun harus pilih-pilih.

Dan sebisa mungkin justru hindari membeli kura-kura Brazil yang masih bayi. Karena ketika masih bayi, justru ia rentan untuk mati. Jadi sebaiknya, peliharalah kura-kura Brazil yang setidaknya sudah remaja atua setidaknya satu jengkal.

2. Kura-kura Ambon

Lalu pada urutan kedua ada yang namanya kura-kura Ambon. Kura-kura ini punya nama latin Cuora amboinensis.

Sebagai salah satu kura-kura yang berada di Indonesia, sudah sewajarnya kura-kura ini populer dan banyak dipelihara. Bahkan dilihat dari segi cara merawatnya pun tidak terlalu sulit pastinya.

Meski termasuk kura-kura untuk pemula, beberapa orang pun bahkan masing kebingungan kura-kura ini termasuk kura-kura darat atau air. Hal itu sebenarnya cukup dimaklumi mengingat karakter kura-kura Ambon yang kadang dominan di darat membuatnya agak ambigu. Tapi menyediakan air untuknya tetaplah sebuah keharusan.

Soal makanan, kamu bisa memberinya makanan berupa jangkrik, udang, sayuran, ikan kecil, pelet, dan pakan lainnya. Ya, benar, kura-kura Ambon yang termasuk hewan omnivora ini seharusnya membuatmu lebih mudah merawatnya karena bisa mengkombinasikan antara daging-dagingan dengan sayur-sayuran.

3. Razorback Musk Turtle

Selanjutnya pada urutan ketiga ada yang namanya Razorback Musk Turtle. Kura-kura ini punya nama latin Sternotherus carinatus. Mungkin, sebagian dari kamu tidak bakal menduga bahwa Razorback Musk Turtle masuk ke dalam daftar ini.

Namun percayalah bahwa sebenarnya kura-kura ini cukup mudah dipelihara, meski bisa jadi ada yang merasa dari segi harga kurang terjangkau. Terlepas dari itu, cara merawatnya pun mudah asalkan benar.

Jika kita memelihara Razorback musk Turtle maka akan terlihat ia gemar sekali berjalan-jalan aktif di area bawah akuarium. Dan biasanya ia cukup peka apabila ada sisa-sisa makanan. Kalau kamu ingin memberinya pilihan makanan, kamu bisa menyediakan mulai dari pelet, ikan kecil, bahkan udang juga bisa.

4. Common Snapping Turtle

Berikutnya pada urutan keempat ada yang namanya Common Snapping Turtle. Kura-kura ini punya nama latin Chelydra serpentina. Meski kura-kura in termasuk semi akuatik, ia cenderung lebih sering berada di air.

Ya, sama seperti urutan sebelumnya, Common Snapping Turtle punya harga jual yang mahal. Kemungkinan, bisa jadi ada beberapa orang yang merasa keberatan dengan harganya ini.

Common Snapping Turtle ini umumnya sangat aktif. Apalagi ketika berburu, ini menjadi tontonan yang menarik terutama buat pemula yang jarang melihatnya.

Kura-kura ini bisa dibilang sangat rakus dan bahkan mau memakan apapun yang bisa dimakan, bahkan di alam liarnya ia bisa memakan bangkai. Jika kamu pelihara Common Snapping Turtle, ada banyak opsi menu makanan yang bisa kamu berikan kepadanya mulai dari pelet, ikan kecil, jangkrik, cacing darah, dan lainnya.

Untuk Common Snapping Turtle yang masih kecil, disarankan untuk mengkombinasikan makanan antara cacing darah dan udang. Baru ketika sudah mulai besar bisa dikombinasikan dengan yang lain seperti ikan kecil conttohnya.

5. African Helmeted Turtle

Terakhir pada urutan kelima ada yang namanya African Helmeted Turtle. Kura-kura ini punya nama latin Pelomedusa subrufa.

Dari segi pakan, kura-kura berwajah senyum ini cukup mudah dan fleksibel lho. African Helmeted Turtle mau memakan mulai dari ikan kecil, siput, ayam, potongan udang, hingga pelet sekalipun.

Untuk perawatan African Helmeted Turtle pun sebenarnya tidak terlalu sulit. Kamu cukup menyediakan akuarium dan isi air dengan kedalaman beberapa cm lebih tinggi daripada cangkang kura-kura ini. Sehingga selain bisa nyaman, ia juga mampu mengambil udara di permukaan lebih mudah.

Sama seperti kura-kura sebelumnya, African Helmeted Turtle ini juga butuh berjemur lho. Ia bisa kamu jemur pagi hari antara jam 7-9 pagi dengan durasi paling lama 10-20 menit saja.

Nah itulah kelima kura-kura yang menurut Nakama Aquatics termasuk mudah dan cocok untuk pemula. Bagaimana menurutmu? Apakah ada tambahan lagi apa saja kura-kura yang cocok untuk pemula? Semoga bermanfaat!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *