Ikan Koki Cocok Digabung Sama Siapa? Ini 9 Tankmate Buat Ikan Koki

Nakama Aquatics – Ikan Koki memang menjadi ikan yang paling populer di kalangan pecinta ikan hias, bahkan orang awam sekalipun. Ya, harganya yang sangat terjangkau membuat siapapun bisa dengan mudah membelinya.

Selain harganya yang terjangkau, ikan Koki juga cukup mudah merawatnya. Ketika akuarium kecil ditambah dengan beberapa ekor ikan Koki yang indah tentu sangat cocok berada di ruang tamu maupun ruangan-ruangan strategis lainnya.

Namun, ikan Koki punya potensi yang lebih besar lagi dalam hal menghiasi akuarium. Ya, bentuknya yang bulat, lucu, dan menggemaskan ini ternyata punya potensi untuk bisa digabung dengan tankmate lainnya.

Sehingga dengan digabung dengan tankmate lainnya, tentu isi akuarium yang ada di ruang tamu atau ruangan lain tersebut bakal lebih bervariasi. Lalu, siapa saja tankmate-tankmate yang bisa digabung dengan ikan Koki? Kamu penasaran? Yuk simak berikut!!

1. Rainbowfish
Ikan Rainbowfish (Sumber : flickr)

Pada urutan pertama ada yang namanya ikan Rainbowfish. Rainbowfish, masuk ke dalam famili Melanotaeniidae. Ikan Rainbowfish alias ikan pelangi bakal sangat cocok bila digabung dengan ikan Koki.

Ya, meski bentuk tubuhnya sedikit kecil karena berbentuk oval dengan struktur samping yang agak gepeng, warna tubuhnya yang cukup berwarna-warni sudah jadi alasan yang cukup untuk menggabungkannya.

Ikan Rainbowfish bisa kamu pelihara secara bergerombol, sehingga ketika gerombolan ikan Rainbowfish dipadukan dengan gerombolan ikan Koki, tampilan akuarium akan menarik sekali untuk ditonton.

Soal makanan, ikan Rainbowfish tidak terlalu muluk-muluk. Dab perlu kamu ketahui bahwa ikan Red Rainbowfish adalah ikan omnivora alias pemakan segala. Ikan ini bisa kamu beri makanan seperti cacing, larva serangga, tanaman air, dan lainnya.

Untuk jenisnya, kamu bisa memilih Red Rainbowfish, Boeseman’s Rainbowfish, atau mungkin jenis-jenis Rainbowfish lainnya.

2. Manfish
Ikan Manfish (Sumber : flickr)

Lalu pada urutan kedua ada yang namanya ikan Manfish. Ikan ini masuk dalam golongan Pterophyllum. Ikan dengan bentuk seperti layang-layang segitiga ini sangat cocok juga bila digabungkan dengan ikan Koki.

Bentuk segitiganya yang unik dan cukup berbeda dari kebanyakan ikan, sangat dibutuhkan supaya akuarium kamu makin bervariasi. Ketika ikan Koki punya tubuh oval membulat, lalu dipadukan dengan ikan manfish yang berbentuk segitiga ini, tentu sangat cocok bukan?

Ikan Manfish termasuk hewan omnivora yang artinya ia dapat memakan pakan apa saja yang diberikan. Baik itu pakan hidup, maupun pelet pabrikan. Yah, ada beberapa jenis makanan hidup yang disukai dan sangat baik untuk membantu pertumbuhan ikan Manfish diantaranya seperti cacing darah, tubifex, hingga udang air asin.

Lalu untuk dekorasi, ikan Manfish lebih bagus bila ditambah dengan dekorasi berupa tanaman air, baik itu yang asli maupun yang plastik. Akan tetapi apabila kamu ingin menambahkan dekorasi lainnya untuk ikan Manfish, sebaiknya hindari dekorasi yang tajam ya.

3. Bala Shark
Ikan Bala Shark (Sumber : flickr)

Selanjutnya pada urutan ketiga ada yang namanya ikan Bala Shark. Bala Shark punya nama latin Balantiocheilos melanopterus.

Selain Manfish yang sudah disebutkan tadi, ternyata ikan Bala Shark tidak kalah unik. Bentuk tubuhnya yang menyerupai ikan Hiu membuatnya patut diperhitungkan untuk masuk dalam daftar.

Jika ikan Koki memliki tubuh berbentuk oval membulat, maka sangat cocok bila digabungkan dengan ikan Bala Shark yang bentuknya memanjang layaknya ikan Hiu.

Ikan Bala Shark punya tubuh berwarna perak dengan ekor bergaris hitam. Meski bisa jadi kamu menilainya agak monoton, namun warnanya ini cukup menambah variasi dari warna ikan Koki.

Selain itu, dari segi pakan, ikan Bala Shark cukup fleksibel. Ia bisa memakan mulai dari pelet sampai dengan cacing darah. Dan sama seperti ikan Manfish, memang alangkah baiknya jika kamu menambahkan tanaman air ketika ikan Bala Shark ini berada di sebuah akuarium.

4. Pleco
Ikan Pleco (Sumber : flickr)

Berikutnya pada urutan keempat bertengger ikan Pleco. Berada dalam sebuah komunitas akuarium, ikan Koki tentu butuh sosok yang bisa membersihkan sisa-sisa makanan yang ada di dalamnya.

Dan salah satu ikan yang mampu menjadi sosok pembersih sisa-sisa makanan tersebut adalah ikan Pleco. Ikan Pleco ini termasuk salah satu tipe ikan bawah alias Bottom Cleaner, jika merujuk pada tipe berdasarkan letaknya terhadap permukaan air. Maka tidak mengherankan bila ikan Pleco sangat handal soal memakan sisa-sisa makanan.

Ikan Pleco ini sebenarnya tidak memerlukan perawatan khusus. Mengingat, dengan daya tahannya yang cukup tinggi, kamu cukup berpatokan pada ikan Koki. Ketika kondisi air dan akuarium itu layak huni untuk ikan Koki, maka seharusnya secara otomatis juga layak untuk ikan Pleco.

Ikan Pleco sendiri punya banyak sekali jenis. Diantaranya yang bisa kamu pilih adalah Common Pleco, Zebra Pleco, Bristlenose Pleco, Royal Pleco, dan lainnya.

5. Platy
Ikan Platy (Sumber : flickr)

Lalu pada urutan kelima masuklah ikan Platy yang jadi salah satu daftarnya. Ikan Platy ini termasuk dalam genus Xiphophorus.

Kalau dilihat sekilas, ikan Platy termasuk golongan ikan-ikan kecil. Bayangkan saja, ia hanya dapat tumbuh mencapai panjang 7 cm saja. Meski begitu, dengan ukuran sekitar 7 cm, sebenarnya masih bisa digabung dengan ikan Koki.

Makanan dari ikan Platy sendiri sebenarnya cukup mudah untuk kamu sediakan lho. Kamu bisa memberinya makanan berupa pelet, kutu air, cacing sutra, hingga artemia.

Untuk kondisi akuariumnya, sebagai bagian kelompok dari ikan-ikan kecil, ikan Platy ini akan nyaman sekali bila ditaruh di akuarium dengan tanaman air. Bahkan tidak menutup kemungkinan, biasanya akan beranak-pinak sendiri.

Jadi intinya, ikan Platy ini sangat cocok untuk dimasukkan dalam sebuah komunitas akuariumnya ikan Koki.

6. Tetra
Ikan Tetra (Sumber : flickr)

Pada urutan keenam pun diisi oleh ikan Tetra. Ikan Tetra ini juga termasuk golongan ikan-ikan kecil. Meski tidak bisa disebutkan secara spesifik berapa ukuran panjang maksimalnya, mengingat setiap jenis ikan Tetra bisa berbeda-beda.

Ikan Tetra cukup serasi bila digabungkan dengan ikan Koki. Karakternya yang aktif dan hidup berkelompok bisa turut meramaikan komunitas akuarium ikan Koki.

Selain itu juga, dari segi warna, ikan Tetra punya variasi yang khas dan menarik. Ada yang punya warna kombinasi antara biru dan merah, perak kehijauan, dan lainnya.

Soal makanan, kamu bisa memberikan ikan Tetra makanan berupa pelet dan cacing darah. Jadi kamu tidak perlu kerepotan mencari pakan yang lain. Dengan memberi makanan ikan Tetra berupa pelet pun, itu juga memudahkanmu merawat ikan Koki karena memiliki makanan yang sama.

Jenis-jenis ikan Tetra yang bisa kamu pilih mulai dari Neon Tetra, Lemon Tetra, Congo Tetra, Black Skirt Tetra, Diamond Tetra, dan masih banyak lagi jenis ikan Tetra lainnya.

7. Axolotl
Axolotl (Sumber : flickr)

Selanjutnya pada ururtan ketujuh diisi oleh Axolotl. Axolotl mungkin berbeda dari tankmate-tankmate lainnya yang disarankan. Mengingat Axolotl bukanlah ikan, tetapi salamander. Ya, Axolotl punya nama latin yaitu Ambystoma mexicanum.

Axolotl juga punya nama lain lho yaitu ‘Mexican Walking Fish’. Hewan air yang satu ini begitu cocok ketika digabungkan dengan ikan Koki. Dengan ikan Koki yang berada di area tengah akuarium, tentu akan lengkap jika ditambah Axoltol yang sering menghuni area bawah akuarium.

Mungkin kamu akan bertanya, apakah soal makanan bakal susah dan kerepotan? Sebenarnya tidak juga, karena Axolotl ini gemar sekali memakan cacing darah. Yang mana cacing darah juga salah satu makanan dari ikan Koki.

Selain cacing darah, Axolotl juga punya menu makanan lainnya seperti ikan kecil, serangga, hingga udang. Dengan tubuhnya yang unik apalagi ditambah insang-insang yang menghiasi kepalanya, tentu akan menjadi daya tarik tersendiri.

Berbicara soal ukuran tubuh, Axolotl mampu tumbuh hingga mencapai 25 cm. Jadi perlu dipertimbangkan juga dari segi ukuran akuarium.

8. Molly
Ikan Molly (Sumber : flickr)

Berikutnya daftar pada ururtan kedelapan ada yang namanya ikan Molly. Ikan Molly yang biasa kita jumpai punya nama latin Poecilia sphenops. Ikan Molly ini ternyata juga cocok lho jika digabungkan dengan ikan Koki.

Tentu kamu juga akan sepakat dengan hal ini. Karena jika kamu perhatikan lagi, ternyata di pasar-pasar ikan hias juga banyak yang menggabungkan antara ikan Molly dengan ikan Koki.

Ditambah, sifat ikan Molly yang bisa dan bahkan suka bergerombol menambah value untuk dimasukkan ke dalam sebuah komunitas akuarium ikan Koki.

Soal makanan, biasanya ikan Molly ini cenderung fleksibel. Ia bisa memakan pelet, cacing darah, bahkan alga sekalipun. Dengan begitu, ikan Molly bisa mengikuti menu makanan dari ikan Koki. Yang mana, secara tidak langsung memudahkanmu merawatnya dalam hal pakan.

9. Synodontis
Ikan Synodontis (Sumber : flickr)

Terakhir pada urutan kesembilan ada yang namanya ikan Synodontis. Ikan Synodontis ini cukup populer dan banyak dijual di berbagai pasar ikan hias. Tak heran, sifatnya yang juga cocok dengan ikan Koki menjadikannya masuk ke dalam daftar ini.

Ikan Synodontis ini sangat memerlukan yang namanya tempat persembunyian. Di beberapa kasus, banyak penghobi yang punya alternatif untuk menyediakan tempat persembunyian buat ikan Synodontis ini. Ada yang menggunakan batu bata, pipa, bahkan batu-batuan.

Dengan menyediakan tempat persembunyian, tentu akan membuat ikan Synodontis menjadi lebih nyaman dan harapannya lebih panjang umur.

Berbicara soal makanan, perlu diketahui dulu bahwa ikan Synodontis termasuk salah satu ikan tipe bawah alias Bottom Cleaner. Sehingga membersihkan sisa-sisa makanan sudah menjadi hal yang biasa baginya.

Kalaupun diberi opsi menu makanan, ikan Synodontis bisa kamu berikan pelet, cacing darah, bahkan hingga udang rebon.

Nah jika kamu tertarik menambahkan ikan Synodontis ke dalam akuarium ikan Kokimu, ada beberapa jenis yang bisa kamu pilih. Diantaranya Synodontis Eupterus alias Featherfin Squeaker, Synodontis Multipunctatus alias Cuckoo Catfish, dan jenis-jenis ikan Synodontis lainnya.

Nah itulah 9 tankmate yang bisa kamu gabungkan dengan ikan Koki. Bagaimana? Apakah ada yang kurang? Atau kamu ingin menambahkan ikan apalagi yang cocok digabung dengan ikan Koki? Semoga bermanfaat!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *