6 Ikan Predator Air Payau Yang Populer Dipelihara di Air Tawar

Nakama Aquatics – Jika kita melihat di banyak toko-toko ikan biasanya yang diminati adalah ikan air tawar karena pemeliharaannya yang mudah dan murah. Namun terbayangkah apabila ikan air payau atau bahkan asin bisa menjadi ikan air tawar?

Pada kenyatannya hal ini memang nyata, ada beberapa orang yang mencoba untuk membuat ikan air asin/payau ini menjadi full air tawar.

Apakah berhasil? Ya, mereka berhasil melakukannya. Pada kenyataannya hal itu bisa dilakukan asalkan sudah dilakukan sejak ikan masih kecil atau bayi agar proses adaptasi lebih mudah.

Cara yang dilakukan pun tidak sulit, cukup membuat persentase air laut menjadi lebih sedikit secara perlahan-lahan. Mungkin banyak dari kita yang penasaran, apa saja sih ikan predator air payau yang populer dipelihara di air tawar? Kamu penasaran? Yuk simak berikut!!

1. Giant Trevally

Pada urutan pertama ada yang namanya ikan Giant Trevally. Mungkin kamu sudah mengerti ikan ini dari acara Mancing Mania di channel TV Trans 7. Ya, ikan ini bisa hidup di air asin saat dewasa, air payau saat remaja, dan air tawar saat masih kecil.

Ikan ini memiliki nama latin/ilmiah ‘Caranx ignobilis’. Ikan ini mudah dikenali dari dahinya yang tampak besar dengan warna tubuh keperakan semburat kuning.

Ikan ini memiliki cara berburu yang terbuka, langsung mengejar mangsanya dengan mengandalkan kecepatan dan kelincahan. Bagi yang pernah melihatnya, pasti akan terpukau dengan cara melahap mangsa ikan ini.

Giant Trevallly sering dijumpai di lautan untuk dipancing. Ikan ini sering ditemui di lautan Indo-Pasifik.

2. Monodactylus

Kemudian urutan yang kedua adala ikan Monodactylus. Ikan ini memiliki nama latin/ilmiah yang sama seperti nama umumnya yaitu ‘Monodactylus’. Ikan ini mempunyai daerah persebaran yang sangat luas mulai dari Laut Merah, sepanjang pantai Australia, Afrika Timus, hingga Asia Tenggara.

Ikan Monodactylus cukup unik untuk dipelihara karena buntuknya yang aneh menyerupai bentuk segitiga. Di dalam akuarium cukup aktif berenang kesana-kemari, cukup untuk membuat ramai.

Dari segi ukuran tubuh, ikan ini bisa tumbuh mencapai panjang hingga 27 cm. Bagaimana? Apakah menurutmu ikan ini cukup besar?

3. Bumblebee Grouper

Selanjutnya di urutan ketiga ada yang namanya ikan Bumblebee Grouper. Bumblebee Grouper atau biasa disebut Kerapu Emas ini punya nama latin ‘Epinephelus lanceolatus’. Ikan ini memiliki kemampuan adaptasi yang kuat terhadap air tawar seperti halnya Mangrove Jack dan Pacific Tarpon. Bumblebee Grouper merupakan ikan kerapu yang unik.

Dari namanya jadi teringat tokoh pada film Transformer yang memiliki tubuh berwarna hitam dan kuning. Kombinasi warna yang cukup kontras ini menjadi daya tarik tersendiri.

Dari cara dia berburu, ikan ini lebih mengandalkan kehati-hati. Mengendap-endap ke arah musah sambil diam-diam tidak terlihat kemudian jika sudah dekat, langsung menyambar ke arah musuh. Cukup dramatis untuk dilihat oleh beberapa orang.

Di habitat aslinya bisa mencapai ukuran lebih dari 2 meter dan berat mencapai 300 kilogram. Ikan ini tergolong pemberani, namun tidak agresif.

4. Mangrove Jack

Lalu di urutan yang keempat ada yang namanya ikan Mangrove Jack. Mangrove Jack atau biasa disebut MJ, memiliki nama ilmiah/latin Lutjanus argentimaculatus. Ikan ini memiliki kemampuan adaptasi yang kuat terhadap air tawar seperti halnya Bumblebee Grouper dan Pacific Tarpon.

Ikan ini sering ditemukan pada sistem muara yang dipenuhi pohon bakau. Di Indonesia, ikan ini disebut kakap merah bakau. Dapat tumbuh mencapai 10 kilogram, tetapi sering ditemui hanya mencapai 1-3 kilogram.

Mangrove Jack memiliki bentuk tubuh yang sama seperti ikan air tawar pada umumnya. Namun memiliki bentuk tubuh yang sama seperti ikan air tawar pada umumnya.

Dan ikan ini memiliki duri yang tajam dan kuat di punggungnya dan sebagai ikan predator, Mangrove Jack memiliki gigi taring yang cukup panjang dan kuat. Memang ikan yang terlihat sangar untuk berada di suatu aquarium.

5. Pacific Tarpon

Selanjutnya di urutan kelima ada yang naamnya ikan Pacific Tarpon. Ikan ini punya nama latin/ilmiah ‘Megalops cyprinoides’. Ikan ini memiliki kemampuan adaptasi yang kuat terhadap air tawar seperti halnya Mangrove Jack dan Bumblebee Grouper.

Ikan yang hidup di lautan Indo-Pasifik ini memiliki tubuh perak yang mengkilap di sekujur tubuhnya. Ikan ini menarik saat makan, apalagi jika dipelihara secara berkelompok.

Ikan ini dapat tumbuh mencapai 50 centimeter atau 20 inch. Ikan ini bisa fleksibel dipelihara dengan ikan apapun. Dan secara pertumbuhan, ikan ini termasuk cepat mengingat mereka lahap dalam hal makan.

Kalau menginginkan ikan ini, jangan khawatir merogoh kocek yang dalam, sebab harga ikan ini cukup murah untuk dijangkau.

6. Barramundi

Terakhir, di urutan yang keenam ada yang namanya ikan Barramundi. Ikan ini memiliki nama latin/ilmiah ‘Lates calcarifer’. Ikan ini memiliki tubuh berwarna hitam keabu-abuan. Ikan yang punya nama lain Kakap Putih ini sering menjadi favorit hobiis yang memeliharanya.

Untuk daya tarik, jangan ditanya lagi, ikan ini merupakan predator yang paling besar dan ganas. Tetapi tenang, tidak agresif dengan ikan lainnya, hanya saja begitu mengerikan ketika melahap mangsanya untuk makan. Ikan ini dapat mencapai berat 1-3 kilogram dan panjang 180 centimeter.

Habitat ikan ini adalah air payau terutama pada suhu yang relatif hangat dan bersih di sekitar muara karena di sinilah tempat makanan dari Kakap Putih berupa udang dan ikan kecil banyak didapat.

Selain dipelihara di aquarium, ikan ini juga sering dibuat target memancing. Bagi yang ingin memeliharanya, tidak perlu persiapa yang terlalu sulit karena ikan ini mudah merawatnya.

Nah itu tadi adalah 6 ikan predator air payau yang populer dipelihara di air tawar. Mungkin sedikit anomali melihat ikan air laut atau payau menjadi ikan air tawar.

Namun begitulah kehidupan, segalanya bisa terjadi. Dan butuh usaha untuk mewujudkan itu semua. Terima kasih dan maaf apabila ada kesalahan.

One thought on “6 Ikan Predator Air Payau Yang Populer Dipelihara di Air Tawar

  • December 19, 2018 at 8:52 am
    Permalink

    apakah semua ikan predator di atas bisa di konsumsi?

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *