Kuhli Loach Si Ikan Mirip Ular Kecil Penghias Aquascape

Nakama Aquatics – Kuhli Loach adalah salah satu ikan air tawar yang cukup populer. Ikan Kuhi Laoch juga dikenal sebagai ikan Coolie Loach, Prickley Eye, Loach Berlendir, hingga Loach Macan Tutul.

Ikan ini biasanya cenderung dikenal sebagai penghuni ikan aquascape. Bentuknya yang unik inilah yang membuatnya digandrungi para pecinta aquascape. Lalu seperti apa sih seluk-beluk dari ikan Kuhli Loach? Kamu penasaran? Yuk simak berikut!!

Klasifikasi Ilmiah

Kingdom : Animalia

Filum : Chordata

Kelas : Actinopterygii

Ordo : Cypriniformes

Famili : Cobitidae

Genus : Pangio

Spesies : P. kuhlii

Nama Latin/Ilmiah : Pangio kuhlii

Bentuk Fisik

Jika kita berbicara mengenai bentuk fisik, ikan Kuhli Loach punya tubuh yang unik dan menarik. Ia memiliki tubuh mirip seperti belut dengan bagian sampingnya agak dikompres alias agak penyet.

Sirip kecil dan sirip punggung terletak pada sepertiga bagian bawah tubuh yang lebih dekat ke ekor. Kemudian kita bisa melihat antara 10-15 garis coklat gelap sampai hitam vertikal menghiasi tubuh mereka. Dan terdapat juga pemisah vertikal berwarna pink salmon sampai dengan kuning di bagian bawahnya.

Lalu yang tidak kalah unik adalah kalau kamu melihat mata Kuhli Loach, maka kamu akan melihat kulit transparan. Berbicara mengenai ukuran tubuh, ikan ini dapat tumbuh mencapai panjang mencapai 10 cm. Lumayan besar untuk sekelas ikan aquascape.

Penyebaran wilayah

Ikan ini berasal dari Asia Tenggara dari aliran sungai Kalimantan, Jawa, Malaysia Barat, Singapura, Sumatera dan Thailand. Ikan ini nampak memiliki penyebaran yang cukup eksklusif di sekitar Asia Tenggara.

Makanan

Ikan Kuhli Loach sebenarnya termasuk mikropredator yang unik, ia menyaring mulut yang penuh substrat atau pasir. Dari saringan mulut itulah mereka bisa mendapatkan larva serangga, krustasea kecil, sampai detritus.

Ia juga sangat suka sekali makanan hidup mulai dari cacing darah, cacing kaca, tubifex, hingga daphnia. Meski begitu, mereka juga tetap mau menerima makanan beku atau mati, seperti contohnya cacing darah beku sampai pelet.

Perlu kamu ketahui kalau mereka sebenarnya membutuhkan makanan kecil dan sebaiknya diberi ketika malam hari, mengingat mereka adalah hewan nokturnal. Untuk frekuensinya kamu bisa memberi sebanyak 2 kali sehari.

Habitat & Karakteristik

Kuhli Loach biasanya mendiami sungai berpasir yang bergerak lambat dan sungai pegunungan yang bersih.

Ikan ini bisa dibilang ikan yang suka sekali dengan kehidupan sosial karena sering ditemukan dalam kelompok-kelompok kecil. Mereka berenang bersama kelompoknya di dekat bagian bawah sungai.

Itulah kenapa ikan ini biasanya ketika kamu pelihara di dalam aquascape, ia bakal cenderung berada di area bawah dan suka mengendus-endus pasir.

Temperamen

Mengenai temperamen, Kuhli Laoch adalah ikan yang damai. Jadi tidak perlu khawatir jika kamu ingin memeliharanya dengan ikan-ikan kecil seperti ikan Tetra dan Molly.

Jadi tidak perlu ada kekhawatiran kalau ikan ini bakal memangsa ikan lain. Karena secara fisik, kuhli Laoch juga tidka punya mulut yang terlalu lebar dan besar. Sehingga aman terutama ketika kamu gabung di sebuah komunitas aquascape.

Nah itulah seluk-beluk tentang ikan Kuhli Loach. Apakah kamu suka ikan yang satu ini? Semoga bermanfaat ya.

One thought on “Kuhli Loach Si Ikan Mirip Ular Kecil Penghias Aquascape

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *