Arowana Jardini SI Ikan Naga Asli Papua

Nakama Aquatics – Kamu pernah mendengar Jardini Arowana? Itu lho ikan Arwana yang berasal dari Papua. Ikan Arwana yang satu ini cukup unik untuk disimak.

Meski sering dipanggil Jardini Arowana atau Arwana Jardini, ternyata ikan ini juga punya nama lain. Apa itu? Nama lainnya adalah Gulf Saratoga atau Northern Saratoga.

Tahukah kamu bahwa Jardini Arowana ini termasuk ikan tipe atas “Top Feeder”. Fungsi dari Jardini Arowana sebagai ikan predator tipe atas adalah membersihkan makanan yang sulit dijangkau oleh ikan tipe tengah maupun bawah, yaitu di area atas permukaan air.

Jadi sering ada kejadian seperti ini, ikan tipe tengah dan bawah kesulitan menjangkau makanan yang berada di area atas tepatnya di sekitar permukaan air. Ikan tipe atas sangat berguna membesihkan makanan yang berada di atas tersebut sehingga airnya akan lebih bersih.

Lalu seperti apa sih seluk-beluk dari ikan Arowana Jardini? Kamu penasaran? Sebelum mulai, mimin mau ngasih tahu kalau ada giveaway alias BERKAH GRATIS ikan Arowana Jardini. Informasi selengkapnya, ada di akhir video ini, jadi tonton sampai habis ya!!

 

Klasifikasi Ilmiah

Kingdom : Animalia

Filum : Chordata

Kelas : Actinopterygii

Ordo : Osteoglossiformes

Famili : Osteoglossidae

Genus : Scleropages

Spesies : S. jardini

Nama Latin/Ilmiah : Scleropages jardini

Jardini Arowana SI Ikan Naga Asli PapuaSumber gambar : [at]howitzer44 (Instagram)

 

Bentuk Fisik

Bentuk fisik Jardini ArowanaSumber gambar : [at]whiteoaktropical (Instagram)

 

Jardini Arowana memiliki tubuh yang agak panjang dan berwarna agak gelap dengan tujuh baris sisik besar. Di bagian siripnya terdapat semacam bintik-bintik mutiara yang menghiasi tubuhnya.

Tentu meskipun ikan ini berwarna gelap, namun dengan corak mutiaranya bisa sangat memikat para pecinta ikan di Indonesia. Hayooo.. Apakah kamu salah satu penggemar Jardini Arowana?

Dan Jardini Arowana punya tubuh yang cukup besar lho kawan. Panjangnya bisa mencapai 90 cm dengan berat sekitar 17,2 kg.

 

Penyebaran wilayah

Jardini Arowana dapat ditemukan di Sungai Adelaide di Queensland Utara serta Papua Nugini. Namun karena secara geografis masih termasuk Paparan Sahul, maka daerah Papua milik Indonesia juga terdapat Jardini Arowana.

 

Makanan

Makanan Jardini ArowanaSumber gambar : [at]al_hakim_syah (Instagram)

Sebenarnya Jardini Arowana punya menu makanan yang kurang lebih sama seperti ikan Arwana lainnya. Jardini Arowana biasanya memakan ikan kecil, kodok, jangkrik, hingga ulat.

Tapi biasanya, para hobiis memberinya makanan yang lebih bervariasi lagi seperti pellet, cacing beku, potongan udang, sampai kelabang. Fungsinya buat apa sih? Tentu saja untuk mencukupi kebutuhan gizi Jardini Arowana.

 

Habitat & Karakteristik

Habitat & karakteristik Jardini ArowanaSumber gambar : [at]chille_912 (Instagram)

 

Habitat Jardini Arowana kurang lebih sama seperti jenis ikan Arwana lainnya. Ikan ini suka sekali dengan perairan yang berarus lambat, agak gelap (tapi tetap transparan), dan terdapat banyak sekali vegetasi di sekitarnya.

Jardini Arowana terkadang juga ditemukan di hutan rawa maupun lahan basah di daerah Papua.

Kalau kamu ingin memelihara ikan naga dengan corak mutiara ini di rumah, maka yang sebaiknya kamu siapkan adalah tank dengan area yang terbuka untuk berenang yang lebih bebas bagi ikan ini.

Kenapa harus terbuka begitu? Memangnya tidak boleh dikasih dekorasi? Sebeanrnya sah-sah saja, tapi dekorasi yang berlebihan akan sangat mengganggu si Jardini Arowana saat berenang.

Juga tidak disarankan untuk memberi dekorasi berbahaya seperti kayu-kayu atau batu yang pinggirannya tajam karena hal tersebut akan melukai Jardini Arowana.

Karakter Jardini Arowana sendiri sama seperti ikan Arwana lainnya. Ikan ini suka berada di area atas, di sekitar permukaan air. Apabila kamu  memeliharanya di akuarium, Jardini Arowana termasuk ikan yang aktif berenang mengelilingi tank.

 

Temperamen

Temperamen Jardini ArowanaSumber gambar : [at]freshwater_predators_ (Instagram)

Kalau kamu ingin memelihara Jardini Arowana, perlu dipikirkan ya masalah temperamennya. Jardini Arowana itu ikan yang agresif bagi tankmate lain. Haru hati-hati.

Dan ada hal yang harus kau ingat, apa itu? Ingat bahwa Jardini Arowana itu juga ikan predator lho. Nah dimana-mana kalau sudah namanya ikan predator tetap akan memangsa kalau ukuran tankmate terlalu kecil dan memungkinkan untuk masuk ke dalam mulutnya.

 

Catatan khusus

Saat ini belum ada catatan khusus mengenai populasi dari beberapa sumber termasuk Wikipedia karena dari pihak IUCN belum melakukan evaluasi terhadap Jardini Arowana.

 

Nah itulah tadi seluk-beluk dari ikan Arowana Jardini. Buat kamu yang suka sekali dengan ikan ini, jangan khawatir karena ada BERKAH GRATIS alias giveaway ikan Arowana Jardini 1 ekor. Untuk ketentuannya sangat mudah. Pertama kamu like postingan BERKAH GRATIS tersebut yang ada di postingan Instagram, linknya ada di deskripsi. Lalu kedua, kamu wajib follow @nakamaaquatics.id dan @arowanakwitang. Terakhir, yang ketiga, kamu tulis di kolom komentar postingan tersebut tentang apa sih yang kamu sukai dari ikan Arowana Jardini. Sangat mudah bukan? BERKAH GRATIS ini bakal berjalan sampai Sabtu 18 Januari 2020. Oke? Jangan lupa subscribe channel ini dan like video ini, serta nyalakan juga ya notifikasinya.

One thought on “Arowana Jardini SI Ikan Naga Asli Papua

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *