Payara Armatus Si Ikan Predator Raksasa Dengan Gigi Vampir

Nakama Aquatics – Kamu sudah pernah mengenal Payara Armatus? Payara Armatus adalah ikan predator yang cukup populer di dunia ikan predator. Ikan ini juga dikenal dengan sebutan Vampire Fish atau Ikan Vampir.

Ikan ini begitu populer di kalangan pecinta ikan predator air tawar karena ciri khas giginya yang bertaring layaknya seorang vampir menjadikannya daya tarik tersendiri. Memang hanya segelintir orang yang memang mampu membeli Payara Armatus, mengingat harga ikan predator ini merogoh kocek yang dalam apabila ingin membelinya.

Payara Armatus termasuk golongan ikan tipe tengah, yang biasa disebut “Middle Range”. Ini artinya Payara Armatus sering terlihat berada di tengah-tengah area tank, tidak terlalu menempel ke bawah, juga tidak sampai ke dekat permukaan air.

Sebenarnya, fungsi dari ikan predator tipe tengah adalah membantu membersihkan makanan yang posisinya tanggung (di bawah enggak, di atas juga enggak, artinya berada di tengah-tengah). Ada juga fungsi lain yaitu untuk meramaikan akuarium sehingga terlihat lebih ramai (Karena buat apa area atas dan bawah ramai tapi di tengah-tengahnya malah sepi?).

 

Klasifikasi Ilmiah

Kingdom : Animalia

Filum : Chordata

Kelas : Actinopterygii

Ordo : Characiformes

Famili : Cynodontidae

Genus : Hydrolycus

Spesies : H. armatus

Nama Latin/Ilmiah : Hydrolycus armatus

Sumber gambar : [at]aqua_predator (Instagram)

 

Bentuk Fisik

Bentuk Fisik Payara Armatus Sumber gambar : Benny Maharditya

Bentuk fisik yang terperinci dan secara keseluruhan bisa lihat gambar di atas berikut. Bentuknya memang cukup unik dan rahang bagian bawahnya yang lebih maju kemudian gigi Payara Armatus yang bertaring panjang membuatnya begitu mirip dengan tokoh vampir. Perbedaannya jika tokoh vampir taringnya mengarah ke atas, sedangkan Payara Armatus mengarah ke bawah.

Sebenarnya ada banyak jenis Payara, namun yang paling populer dan bisa tumbuh paling besar adalah Payara Armatus. DIketahui di alam liar, ikan yang memiliki nama latin Hydrolycus armatus ini panjangnya bisa mencapai 90-100 centimeter dan berat mencapai 8-9 kilogram.

Jika kita memeliharanya di tank/akuarium, ikan predator ini termasuk yang memiliki pertumbuhan sangat cepat jadi siapkan tempat yang cukup luas ya. Bayangkan jika ikan ini sudah berukuran besar tapi malah dipelihara di tempat yang sempit, kasihan bukan?

 

Penyebaran wilayah

Penyebaran Wilayah Payara Armatus Si Ikan Predator Gigi VampirSumber gambar : researchgate.net

Penyebaran Payara Armatus cukup eksklusif yaitu di Amazon dan Sungai Orinoco di Guyana. Memang ikan yang distribusinya tidak terlalu luas seperti ikan predator kebanyakan.

 

Makanan

Sumber gambar : [at]aqua_predator (Instagram)

Sebagai ikan predator, menu makanan utama Payara Armatus adalah ikan kecil (dengan ukuran tubuh lebih kecil darinya). Apabila anda ingin memelihara Payara Armatus, tidak perlu pusing soal makanan. Baik ikan lele, molly, komet, maupun nila akan dilahap oleh ikan ini asalkan muat di mulutnya.

Oh iya, beberapa ikan Payara Armatus ada yang belum familiar terhadap makanan mati seperti potongan udang atau ulat. Jadi jika memang belum familiar, Payara Armatus milik Anda bisa dipuasakan terlebih dahulu selama kurang lebih 3 hari.

Soal berburu, ikan Payara Armatus akan segera menyergap mangsanya dengan secepat kilat. Setelah mendapatkan mangsanya, ikan ini akan berbalik arah kembali ke tempat posisinya semula, tempat ketika Payara Armatus melihat mangsa tadi.

Habitat & Karakteristik

Habitat & Karakteristik Payara Armatus Si Ikan Predator Gigi VampirSumber gambar : acuteangling.com

Habitat Payara Armatus adalah sungai yang keruh dan berarus deras dengan suhu sekitar 27-32 derajat celcius. Apabila ingin memeliharanya di akuarium, sebaiknya harus memiliki tempat yang luas dan jika perlu berarus. Untuk memanipulasi air yang berarus bisa menggunakan Wave Maker.

Karena itulah setiap hobiis yang ingin membeli Payara Armatus harus berpikir dua kali tentang harganya yang merogoh kocek serta akuarium yang luas. Perlu diingat juga, ikan predator ini perlu filtrasi yang mumpuni serta kadar oksigen yang tinggi apabila ingin memeliharanya di sebuah tank.

Temperamen

Sumber gambar : [at]fish12rage (Instagram)

Ikan yang memiliki nama latin Hydrolycus armatus ini memiliki temperamen yang cukup baik dan bersahabat. Tapi apabila sudah lapar dan jarang diberi makan, tentu saja yang menjadi korban adalah tankmate-nya. Jadi tetap aman apabila digabung dengan jenis ikan lain atau sesama, asalkan jangan sampai dibiarkan kelaparan.

 

Catatan khusus

Menurut catatan IUCN, tidak ada nama Payara Armatus di dalam daftar merah mereka. Ini mungkin karena populasinya masih belum terancam. Bahkan di beberapa acara pemancingan yang disiarkan di TV, beberapa masih menjadikan Payara Armatus sebagai targetnya.

2 thoughts on “Payara Armatus Si Ikan Predator Raksasa Dengan Gigi Vampir

  • April 4, 2019 at 1:38 am
    Permalink

    mengingat harga ikan predator ini merogoh kocek yang dalam apabila ingin membelinya.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *