Duel Ikan Hiu : Hiu Macan VS Hiu Martil, Siapa Pemenangnya?

Nakama Aquatics – Mendengar kata ikan Hiu, mungkin yang ada di benak kita adalah sosok ikan predator ganas yang berada di puncak rantai makanan. Namun apa jadinya jika ikan Hiu bertemu dengan sesama ikan Hiu?

Seperti yang ada di video ini, dimana National Geographic mengupload video mengenai Hiu Macan melawan Hiu Martil, mungkin lebih tepatnya Hiu Macan yang menyerang Hiu Martil.

Video ini pun bisa dikatakan cukup viral dengan sudah mengantongi 4,7 juta views. Dan tentu kejadian ini amat sangat langka terjadi. Seperti apa sih kejadian Hiu Macam ini menyerang Hiu martil? Kamu penasaran? Yuk simak berikut!!

Hiu Macan

Sebelum membahas kejadian atau tragedi ini lebih lanjut, alangkah baiknya kita mengerti terlebih dahulu sekilas mengenai ikan Hiu Macan. Hiu Macan adalah salah satu jenis Hiu yang tubuhnya mirip sekali dengan Hiu Putih.

Namun yang membedakan adalah ikan Hiu Macan mampu tumbuh hingga mencapai lebih dari 5 meter. Selain itu tubuhnya yang berwarna keabu-abuan pada bagian atasnya dihiasi dengan garis-garis vertikal layaknya seekor macan atau harimau.

Soal makanan, ia termasuk makropredator. Dimana ia akan memangsa ikan-ikan yang cukup besar bagi mulutnya, termasuk sesama ikan Hiu. Wow mengerikan juga ya?

Hiu Martil

Di sisi lain, yaitu Hiu Martil, ikan Hiu yang satu ini bisa dikatakan salah satu ikan Hiu yang memiliki bentuk cukup unik. Ia memiliki kepala berbentuk seperti martil atau palu. Itulah kenapa ia disebut sebagai Hiu Martil.

Soal ukuran tubuh, ikan Hiu Martil dapat mencapai panjang hingga 6 meter dengan berat 318 kilogram. Meski bisa lebih panjang daripada Hiu Macan, namun ukuran Hiu Martil cenderung lebih tipis.

Berbeda dengan Hiu Macan, ia cenderung memangsa ikan kecil, sejensis krustasea seperti udang, lalu gurita, dan bahkan cumi-cumi. Meski bisa saja memangsa sesama ikan Hiu, namun ia bakal memangsa ikan Hiu yang masih berukuran bayi.

Kejadian awal

Kejadian duel antara ikan Hiu Macan dan Hiu martil ini dimulai dari rekaman menunjukkan Hiu Macan seukuran 13 kaki yang menyergap Hiu Martil berukuran 7 kaki lebih kecil. Hiu macan tersebut menggigitnya tiga kali dan merobeknya hingga menjadi serpihan.

Insiden 10 menit itu direkam oleh seorang Kapten bernama William Wall, di lepas pantai Venice, Louisiana.

Awalnya kapten tersebu ssedang memancing ikan Tuna sirip kuning dan kebetulan tak disangka ia malah mendapatkan seekor ikan Hiu Martil.

Datanglah Hiu Macan

Kapten William Wall beserta anggota lainnya tampak kaget dengan Hiu Martil tersebut. Namun, itu semua baru permulaan. Sampai pada akhirnya dalam 1 menit datanglah seekor ikan Hiu Macan yang berukuran cukup besar.

Hiu Macan ini tampak berputar-putar mengelilingin Hiu Martil sambil menyerangnya secara beruntun. Hingga kait pancing yang menyangkut pada HIu martil pun lepas. Sungguh jalan cerita yang tak diduga.

Aksi tidak terduga

Mungkin kamu bakal mengira, dengan dilepasnya Hiu Martil dari kait pancing adalah sebuah aksi penyelamatan. Namun dugaanmu salah! Kenyatannya Hiu Macan bisa dibilang lebih tepatnya merebut Hiu Martil tersebut dari si pemancing.

Setelah Hiu Martil lepas dari kait pancing dan mulai melemah akibat terluka, tampah Hiu Macan langsung menggigitnya dengan sangat kencang hingga si Hiu Martil pun tak berdaya.

Akhir cerita

Sungguh cerita ini bikin kita terkejut sekaligus merasa sedih dengan nasib si Hiu Martil. Namun apadaya, memang begitulah hukum alam, siapa yang kuat, dia yang bisa bertahan.

Cerita ini ditutup dengan Hiu Macan yang mulai menyeret si Hiu Martil menuju dasar laut. Dan tentu, Hiu Macan menyeretnya untuk dijadikan santapan yang lezat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *