Hiu Banteng Si Ikan Hiu Peneror Manusia

Nakama Aquatics – Hiu merupakan salah satu ikan yang hidup di laut dan memiliki banyak spesies. Hiu terkenal sebagai ikan yang berbahaya, karena suka memangsa dengan kejam.

Dari semua spesies hiu, ada hiu yang cukup unik yaitu bernama Hiu Banteng. Hiu ini dianggap sebagai hiu yang paling berbahaya di dunia. Tubuhnya bergerak ke kanan dan ke kiri, lalu menabrak dan mengoyak-ngoyak mangsanya dengan kejam. Yang elbih mengerikannya lagi, ikan hiu yang satu ini bisa hidup di air tawar, itu artinya Hiu Banteng bisa lebih dekat lagi dengan kehidupan manusia.

Lalu seperti apa sih seluk beluk dari Hiu Banteng? Kamu penasaran?


Klasifikasi Ilmiah

Kingdom : Animalia

Filum : Chordata

Kelas : Chondrichthyes

Ordo : Carcharhiniformes

Famili : Carcharhinidae

Genus : Carcharhinus

Spesies : C. leucas

Nama Latin/Ilmiah : Carcharhinus leucas



Bentuk Fisik

Bentuk fisik Hiu Banteng sangat menakutkan dan menyeramkan. Umumnya Hiu Banteng ini punya tubuh yang besar, padat, dan aerodinamis. Jika kita lihat secara seksama, moncongnya kecil dan tidak memiliki punggung interdorsal.

Dan tentu saja, sebagai ikan Hiu, ia memiliki gigi-gigi tajam yang bisa mengoyak mangsanya. Yang pasti bakal sangat berbahaya bila gigi tersebut berkontak secara langsung dengan manusia.

Mengenai ukuran tubuh, Hiu Banteng ini memiliki ukuran tubuh yang cukup besar. Tubuhnya dapat mencapai panjang hingga 4 meter dengan berat sekitar 315 kilogram. Wow besar juga ya ternyata?

Penyebaran wilayah

Hiu banteng umumnya ditemukan di seluruh dunia di wilayah pesisir samudera barat. Jadi bisa dibilang penyebaran wilayahnya sangat luas sekali. Bahkan di Atlantik, ikan Hiu Banteng ditemukan dari Massachusetts ke Brasil selatan, dan dari Maroko ke Angola.

Makanan

Coba kamu tebak, kira-kira apa makanan Hiu Banteng? Nah jadi makanan utama dari Hiu bateng terdiri dari ikan bertulang belakang, ikan pari, bahkan hiu kecil termasuk hiu bateng lainnya. Yang bikin kamu terkejut lagi adalah makanan Hiu yang satu ini juga mencakup kura-kura, lumba-lumba, mamalia darat, krustasea, bahkan burung.

Perlu kamu ketahui nih, mereka berburu di perairan keruh dimana lebih sulit bagi mangsa untuk melihat hiu ini datang. Hiu banteng memang telah dikenal menggunakan teknik “bump-and-bite” untuk menyerang mangsanya. Setelah kontak awal pertama, mereka terus menggigit dan mengoyak-ngoyak mangsanya sampai mereka tidak dapat melarikan diri.

Hiu banteng adalah pemburu yang soliter alias sendirian, meskipun begitu ia bisa juga berpasangan dengan hiu banteng lainnya untuk mempermudah perburuan dan menipu mangsa.

Habitat & Karakteirstik

Habitat ikan Hiu Banteng sebenarnya adalah samudera yang sangat luas, meski begitu ia bisa juga berada di danau maupun sungai air tawar dan payau. Wow luar biasa keren bukan?

Sebagai bagian dari mekanisme bertahan hidup mereka, hiu banteng akan memuntahkan makanan di perut mereka untuk melarikan diri dari pemangsa.

Sebenarnya kalau kamu pikir-pikir lagi nih, ini adalah taktik pengalih perhatian yang sangat cerdas, jika pemangsa bergerak untuk memakan makanan yang dimuntahkan, hiu banteng dapat menggunakan kesempatan untuk melarikan diri.

Kemampuan khusus

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa habitat ikan Hiu Banteng tidak hanya di laut, tapi juga perairan payau bahkan air tawar. Pertanyaannya adalah kenapa bisa begitu? Padahal ia merupakan salah satu ikan laut.

Kamu perlu tahu nih bahwa Hiu banteng bersifat diadrom, artinya ia dapat berenang di air laut maupun air tawar dengan mudah. itulah kenapa ia masuk di kategori “ikan euryhaline”, yaitu ikan yang mampu beradaptasi dengan berbagai macam salinitas air.

Menurut peneliti, hiu banteng sudah melakukan adaptasi khusus pada ginjal dan kelenjar khusus di dekat ekornya. Karena itulah, mereka bisa berenang di air tawar. Wow fantastis sekali bukan?

Nah itulah seluk beluk mengenai ikan Hiu banteng yang bikin kamu terkesan. Bagaimana? Apakah ini salah satu ikan Hiu favorit kamu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *