5 Tips Merawat Ikan Channa Marulioides Untuk Pemula!!

Nakama Aquatics – Banyak orang mengira bahwa ikan Channa Marulioides itu ikan yang susah dipelihara. Padahal sebenarnya, asal kamu tahu cara merawatnya, ikan Channa Marulioides bisa termasuk mudah dalam hal perawatan.

Kalau dibahas sekilas, ikan Channa Marulioides merupakan salah satu ikan hias air tawar yang cukup populer di Indonesia. Terutama di kalangan pecinta ikan hias predator. Ikan ini punya nama lain yaitu Gabus Emperor. Dimana ciri khasnya adalah warna kombinasi antara hitam dan kuning dengan corak bunga teratainya.

Lalu buat kamu pemula yang masih bingung, apa saja sih tips merawat ikan Channa Marulioides? Kamu penasaran? Yuk simak berikut!!

1. Beri makan ikan kecil

Tips yang pertama adalah dengan memberinya makanan berupa ikan kecil. Seperti yang kamu ketahui kalau ikan Channa Marulioides alias Gabus Emperor adalah salah satu ikan predator yang cukup garang.

Saat memelihara Channa Marulioides, kamu bisa memberinya makanan ikan-ikan kecil contohnya seperti ikan Molly, Lele, Cere, dan lainnya. Perkara pakan ikannya hidup atau mati, sebenarnya ikan ini fleksibel untuk memakan kedua tipe ikan tersebut.

Namun disarankan kamu memberinya makanan berupa ikan yang masih hidup. Selain lebih fresh, tentu skill berburu dari ikan Channa Marulioides ini diuji dan dilatih. Sehingga insting predator alaminya tidak hilang.

2. Dekorasi tanaman air

Kemudian yang kedua adalah terkait dekorasi tanaman air. Di habitat aslinya, Channa Marulioides sangat suka hidup di daerah perairan dengan vegetasi alias tanaman air yang melimpah.

Untuk itulah penting membuat ikan ini nyaman dengan memberinya dekorasi berupa tanaman air. Tanaman airnya pun bebas kamu pilih, mau yang asli atau bisa juga yang plastik.

Dan jangan lupa, tidak hanya tanaman air saja ya, lengkapi dekorasi lainnya. Seperti pasir, batu-batuan, sampai kayu. Pokoknya semakin mirip dekorasi akuarium seperti habitat aslinya, maka semakin nyaman pula si ikan Channa Marulioides tersebut.

3. Pemilihan tankmate

Lalu yips yang ketiga adalah soal pemilihan tankmate. Kalau kamu pelihara ikan Channa, maka tidak bisa sembarangan dalam memilih tankmate.

Saat ikan Channa Marulioides masih kecil, mungkin kamu bisa lebih leluasa untuk memilih tankmate. Kenapa bisa begitu? Itu karena Channa Marulioides saat kecil masih cenderung kalem dan tenang.

Namun ketika Channa Marulioides sudah mencapai kematangan seksual, ikan ini bakal agresif. Pada saat itulah Channa Marulioides hanya dapat dipelihara sendirian saja. Kamu mengerti?

4. Background akuarium yang pas

Pada urutan keempat, tipsnya adalah tentang background akuarium yang harus pas. Pada tips yang keempat ini lebih bertujuan untuk mempercantik tampilan sehingga siapapun yang melihatnya jadi lebih enak.

Untuk background akuariumnya kamu bisa menggunakan warna antara hitam, hijau, dan biru. Warna background yang hitam membuat tampilan terkesan tegas dan lebih mencolok untuk si ikan Channa Marulioides. Sedangkan warna hijau lebih terkesan natural dan warna biru terkesan lebih akuatik serta segar.

5. Pemakaian lampu

Terakhir, tips yang kelima adalah soal pemakaian lampu. Sama seperti tips keempar, tips kelima ini lebih berorientasi pada penampilan dan estetika. Jadi selain menambahkan background akuarium, jangan lupa juga ya untuk menambahkan lampu.

Lampu yang kamu pakai bisa berupa lampu UV. Untuk warna mungkin akan lebih cocok jika menggunakan warna putih. Selain lebih terang, cahaya warna putih pada lampu UV juga dinilai lebih netral. Bagiamana? Apakai kamu setuju kalau warna lampu sebaiknya putih saja? Atau malah menurutmu merah dan warna-warna lainnya?

Nah itulah 5 tips merawat ikan Channa Marulioides khusus untuk pemula. Bagiamana? Ternyata mudah kan memelihara ikan ini? Asalkan tahu caranya, semua jadi mudah kok. Kamu setuju?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *