Kenapa Kura-kura Bisa Hidup Sampai Ratusan Tahun?

Nakama Aquatics –Kura-kura, siapa sih yang asing dengan hewan yang satu ini? Hewan ini sangat terkenal bahkan buat orang yang tidak terlalu suka hewan sekalipun.

Kura-kura adalah salah satu anggota dari keluarga reptil yang bisa berumur panjang. Bahkan spesies kura-kura yang kecil biasanya dipelihara sebagai hewan peliharaan. Lama rentang hidupnya antara 30 dan 40 tahun jika mereka tetap sehat.

Untuk spesies kura-kura yang lebih besar seperti penyu diperkirakan hidup sekitar 80 tahun. Kura-kura raksasa, kura-kura darat terbesar, biasanya hidup setidaknya satu abad. Beberapa bahkan diketahui hidup lebih dari 200 tahun! Wow keren banget bukan? Lalu kenapa sih kura-kura bisa hidup sampai ratusan tahun lamanya? Kamu penasaran?

Teori

Tidak ada jawaban yang mengatkaan secara langsung dan gamblang mengapa kura-kura dan kura-kura hidup begitu lama. Namun, ada beberapa teori, termasuk soal laju metabolisme mereka yang lambat, gaya hidup sehat alami, dan teori evolusi mengenai reproduksi.

Tentu saja, umur panjang kura-kura tergantung pada predator yang mengancam, lalu soal polusi, dan juga risiko lingkungan lainnya.

Perlu kamu ketahui kalau kura-kura yang masih kecil atau tukik, sangat rentan terhadap predator sampai cangkangnya mengeras. Sedangkan untuk kura-kura yang dirawat oleh manusia, umur hidup mereka sangat tergantung pada jenis perawatan yang mereka terima.

Pertumbuhan yang lambat

Salah satu alasan kura-kura dipercaya memiliki masa hidup yang panjang adalah karena kelambatan mereka. Kura-kura terus tumbuh sangat lambat sepanjang hidup mereka.

Tentu saja hal ini mencegah mereka menua seperti burung dan mamalia. Berkat metabolisme mereka yang lambat, mereka dapat bertahan hidup dalam waktu lama tanpa makanan atau air, yang juga memberi mereka peluang lebih besar untuk bertahan hidup dalam kondisi yang keras.

Reproduksi

Penjelasan lain adalah bahwa umur panjang kura-kura memberi mereka keuntungan evolusi yang membantu reproduksi secara efektif. Penyu liar cenderung hidup di lingkungan yang keras yang tidak selalu kondusif untuk berkembang biak. Jangka hidupnya yang panjang, memberi mereka lebih banyak peluang untuk berkembang biak.

Kura-kura juga memiliki perlindungan alami dari predator dalam cangkang yang keras dan kulit lapis baja yang tebal. Tidak seperti hewan lain yang cenderung menjadi mangsa. Hal tersebutlah yang memberi mereka kemewahan untuk dapat bereproduksi dengan waktu yang lebih lama.

Gaya hidup

Yang paling lama hidup dari semua spesies kura-kura adalah kura-kura raksasa Galapagos. Ia meerupakan vegetarian yang penuh dengan sayuran hijau dan bebas dari lemak serta kolesterol.

Raksasa lembut yang bergerak lambat ini adalah makhluk yang sangat jinak dan cinta damai yang umumnya membuat mereka hidup bebas dari stres. Kombinasi hidup tenang dan sehat ini mungkin penjelasan lain untuk umur panjang mereka yang ekstrem.

Bagaimana menurutmu? Apakah pembahasan mengenai kupas tuntas soal mengapa kura-kura bisa hidup panjang ini cukup masuk akal untukmu? Semoga bermanfaat ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *