Wolf Fish Si Ikan Pembunuh Bergigi Tajam

Nakama Aquatics –Jika kamu berpikir ikan air tawar itu tidak ada yang mematikan, coba tengok ikan yang satu ini. Ikan ini dijuluki sebagai ikan Serigala, alias ‘Wolf Fish’. Dengan tubuhnya yang garang dan mengerikan, tak heran disukai banyak pecinta ikan predator.

Perlu kamu ketahui kalau ikan ini memiliki banyak nama seperti Anjumara, Traira, Trahira, Manjuma, dan juga Anjoemara.

Wolf Fish termasuk ikan tipe bawah. Itu artinya ia lebih sering berada di bagian dasar atau bawah perairan. Sehingga jika ia berada di sebuah komunitas tank, ia bisa menjadi pembersih daging yang handal di sebuah tank tersebut.

Lalu seperti apa sih seluk-beluk dari ikan mirip serigala yang satu ini? Kamu penasaran? Yuk simak berikut!!

Klasifikasi Ilmiah

Kingdom : Animalia

Filum : Chordata

Kelas : Actinopterygii

Ordo : Characiformes

Famili : Erythrinidae

Genus : Hoplias

Spesies : H. aimara

Nama Latin/Ilmiah : Hoplias aimara

Bentuk Fisik

Ikan Wolf Fish bisa dibilang merupakan ikan yang didesain untuk berburu dan membunuh mangsa. Liaht saja mulai dari rahangnya dan giginya yang ‘predator banget’.

Kemudian tidak berhenti sampai di situ, bahkan tubuhnya pun dibuat mirip seperti pasir yaitu kombinasi coklat, hitam, abu-abu, dan putih. Warna tersebut berguna baginya untuk menyamar dan menyergap mangsa secara tiba-tiba.

Soal ukuran tubuh, ikan ini dapat mencapai panjang hingga 120 cm dengan berat 40 kilogram. Wow sungguh besar juga ya ternyata?

Penyebaran wilayah

Untuk penyebaran wilayah, Wolf Fish dapat kita temukan di sebagian besar Amerika Selatan utara, Brasil, Kolombia, Venezuela, Guyana, Guyana Prancis, Suriname dan pulau Trinidad. Bila dibandingkan dengan spesies ikan sejenis lainnya, penyabaran ikan Wolf Fish cukup luas lho, iya kan?

Makanan

Mungkin sesi ini yang paling kamu tunggu-tunggu, yaitu aksinya adalam berburu mangsa. Sebenarnya cara berburu dari ikan Wolf Fish tidak terlewat ekstrim, tapi tetap saja menakutkan bagi mangsanya.

Awalnya, ikan Wolf Fish diam di sebuah tempat yang cocok dan mendukung untuk berkamuflase. Ia diam dan sambil menunggu mangsa yang lewat di depannya.

Begitu mangsanya sudah berada di depan, ikan yang mirip serigala ini langsung menyergap dan mengunci mangsanya dengan rahang kuat miliknya. Giginya yang tajam pun sangat kuat untuk mengunci pergerakan mangsa. Sungguh mengerikan.

Saat mangsa sudah tak berkutik, ikan ini pun baru melahapnya bulat-bulat. Ya, memang teknik menyergap ini sangat klasik. Namun tetap saja mematikan untuk para mangsa yang tidak waspada dengan kehadirannya.

Habitat & Karakteristik

Berbicara mengenai habitat, ikan serigala ini biasa ditemukan di daerah sungai yang memiliki arus berlawanan. Dnegan kata lain, ikan yang satu ini suka sekali dengan arus kencang.

Baut kamu yang ingin memelihara ikan Wolf Fish, sebaiknya persiapkan arus yang cukup kencang, dan bila perlu pasir untuk tempatnya bersembunyi atau berkamuflase.

Mengenai karakteristik, ikan Wolf Fish cenderung lebih sering untuk diam di sebuah tempat, terutama di dasar perairan. Ia jarang sekali untuk bergerak aktif kesana-kemari. Ia lebih suka diam, baik itu ketika istirahat maupun berburu.

Temperamen

Mengenai temperamen, ikan ini termasuk ikan yang kalem dan tidak terlalu agresif. Akan tetapi perlu kamu ingat, kalau ikan Wolf Fish merupakan ikan predator yang garang dan ganas. Ia siap memangsa siapapun yang lebih kecil darinya, apalagi jika ia sedang lapar.

Jadi jika kamu ingin menggabungkannya dengan ikan lain, setidaknya ikan lain tersebut berukuran sepadan atau kalau perlu lebih besar dari si ikan Wolf Fish.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *