Blue Catfish Si Ikan Lele Segede Gaban dari Sungai Mississipi

Nakama Aquatics –Kamu pasti tahu ikan lele bukan? Di dunia ini banyak sekali lho jenis-jenis ikan lele. Termasuk salah satunya adalah ikan Blue Catfish. Seperti apa seluk-beluknya? Yuk simak berikut!


Klasifikasi Ilmiah

Kingdom : Animalia

Filum : Chordata

Kelas : Actinopterygii

Ordo : Siluriformes

Famili : Ictaluridae

Genus : Ictalurus

Spesies : I. furcatus

Nama Latin/Ilmiah : Ictalurus furcatus



Bentuk Fisik

Kalau dilihat dari bentuknya, bisa dibilang Blue Catfish diidentifikasikan dengan Channel Catfish. Coba kita ulas perlahan-lahan ya mengenai bentuk fisiknya. Ikan Blue Catfish alias Lele Biru bertubuh lebat, tubuhnya berwarna abu-abu kebiruan, dan ikan ini memiliki punuk di bagian punggungnya.

Jika kamu melihat sirip-siripnya, ikan ini punya banyak sekali sirip lho. Blue Catfish punya sirip sekitar 30-36 buah sirip. Wah banyak juga ya.

Soal ukuran tubuh, Blue Catfish dapat mencapai panjang 165 cm dengan berat hingga 68 kilogram. Wow!! Dahsyat sekali ya ukuran tubuhnya. Kira-kira harus diangkut berapa oang nih menurutmu?

Penyebaran wilayah

Kamu mungkin bertanya, dari mana sih asal Blue Catfish ini? Seperti judul yang kamu baca, ikan ini berasal dari Sungai yang sangat terkenal itu lho. Yup, sungai itu adalah Sungai Mississipi. Buat kamu yang belum tahu, Sungai Mississipi itu adalah salah satu sungai yang ada di Amerika Serikat.

Makanan

Kamu tahu nggak bahwa ada fakta menarik lho soal ikan Blue Catfish. Ternyata ikan ini adalah ikan predator oportunistik, yang artinya ia bakal memakan apapun yang sekiranya bisa dimakan dan muat di mulutnya. Waah mengerikan sekali ya?

Biasanya yang mereka konsumsi mulai dari sesama ikan lele, kerang air tawar, katak, dan masih banyak lagi. Biasnaya mereka akan lebih mudah untuk melahap mangsa yang sudah terluka atau mati. Jadi meskipun mangsanya sudah mati, ia bakal tetap memakannya.

Ada satu lagi nih fakta menarik soal Blue Catfish, ia adalah satu-satunya spesies ikan di Sungai Mississipi yang bsia memakan ikan Mas Asia yang sudah berukuran dewasa. Kurang ngeri apalagi coba?

Habitat & karakteristik

Kalau kita menyinggung soal habitat, ikan Blue Catfish biasanya hidup di sungai besar dan saluran utama. Mereka juga ditemukan di beberapa danau besar. Bahkan ikan lele yang satu ini lebih suka air yang dalam dengan arus dan dasar batu maupun pasir. Pokoknya menantang banget deh buat kamu yang mau memancing ikan ini.

Lalu sama seperti ikan lele pada umumnya, ia berburu di malam hari tapi bakal istirahat ketika siang hari. Dan ketika siang hari, ia berisitirahat di bagian dasar dengan bersembunyi di tumpukan substrat maupun kerumunan tanaman air.

Temperamen

Jika dilihat dari berbagai sumber, ikan ini bakal cenderung pasif ketimbang agresif terhadap manusia. Bisa jadi ia akan sedikit melawan ketika berhadapan dengan manusia, namun perlu kamu ketahui, perlawanan yang ia lakukan hanya sekedar untuk menggertak lalu kabur. Berbeda dengan temperamennya sesama ikan, ia bakal agresif atau bahkan memakan ikan yang seukuran dengannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *