Keren dan Eksotik! Inilah 11 Jenis Ikan Gabus atau Channa Yang Populer

Nakama Aquatics – Ikan Gabus atau biasa disebut Snakehead adalah ikan predator yang paling umum dipelihara. Selain mudah perawatannya, rata-rata harga dari jenis dari Ikan Gabus banyak yang terjangkau. Tidak salah bahwa Ikan Gabus begitu populer di kalangan pecinta ikan predator.

Dari sekian banyak jenis Ikan Gabus atau boleh juga kita menyebutnya Ikan Snakehead, ada yang paling menonjol dan cenderung diminati atau sekedar digemari.

Ikan Gabus banyak terdapat di perairan di Indonesia. Mengapa? Karena ikan predator air tawar ini lebih banyak hidup di sungai, rawa-rawa, maupun danau.

Hampir sama seperti kembarannya, yaitu Lungfish. Ikan Snakehead atau dengan nama lain Ikan Gabus juga dapat bertahan di darat dalam waktu yang relatif lama (meskipun tidak bisa seharian apalagi berbulan-bulan layaknya Lungfish).

Ini seperti yang kita ketahui bahwa Ikan Gabus dapat bernafas secara langsung dengan udara luar.

Dan berikut adalah jenis-jenis dari ikan Gabus atau biasa disebut Channa yang populer di dunia ikan predator.

1. Micropeltes

Ikan Channa MicropeltesSumber gambar : fishtanksandponds.co.uk

Pada urutan yang pertama adalah Channa Micropeltes. Ada juga yang menyebutnya sebagai Giant Snakehead. Kenapa disebut “Giant Snakehead”? Coba kamu pikir saja, ikan ini dapat tumbuh mencapai panjang 130 cm alias 1,3 meter. Wow besar juga ya?

Ngomong-ngomong, ikan Gabus jenis ini lebih banyak ditemukan di daerah Asia Tenggara. Channa Micropeltes kerap kali dijuluki sebagai ikan Toman.

Bentuknya yang loreng-loreng menyerupai harimau menjadikannya ikan predator jenis Gabus yang banyak peminatnya. Ditambah lagi harganya yang relatif terjangkau atau murah membuatnya mudah sekali dibeli.

Tapi sayang, beberapa orang tidak bertanggung jawab dengan melepas Channa Micropeltes ke alam liar sehingga menjadi spesies invasif di beberapa daerah di Indonesia.

Terkait cara merawat, tidak ada yang sulit bahkan bisa dibilang sangat mudah dan tidak perlu perawatan yang khusus serta aneh-aneh.

2. Diplogramma

Ikan Channa DiplogrammaSumber gambar : snakeheadparadise.com

Kemudian yang berikutnya di urutan kedua ada Channa Diplogramma yang juga cukup populer. Atau ada juga yang menyebutnya Malabar Snakehead. Ikan predator ini sering dijumpai di habitat aslinya yaitu di Semenanjung India.

Bentuknya sekilas mirip Channa Micropeltes, tetapi ketika sudah besar, Diplogramma tentu memiliki motif yang berbeda dan lebih keren serta gelap.

Soal ukuran tubuh, ikan ini bisa dibilang termasuk golongan sedang diantara jenis ikan Gabus atau Channa lainnya. Bayangin aja, tubuh ikan ini mampu tumbuh hingga 48 cm. Bagaimana? Apakah menurutmu itu besar, kecil, atau sedang?

Ikan ini terkenal dengan sebutan Malabar Snakehead. Channa Diplogramma memiliki daya tarik yang tinggi di mata pecinta ikan predator. Tapi yang sangat dikhawatirkan adalah ikan ini dilabeli “Vulnerable” oleh pihak IUCN. Yang berarti, populasinya sudah tidak banyak lagi.

3. Bleheri

Ikan Channa BleheriSumber gambar : laquariumdoposeidon.com

Lalu di urutan ketiga ada jenis ikan Channa yang bernama Channa Bleheri. Kamu tahu? Ikan ini juga cukup populer dengan julukan Rainbow Snakehead. Ikan yang memiliki motif menyerupai pelangi ini memiliki habitat di Assam, India.

Bentuknya sangat cantik karena tidak hanya motif pelangi di badannya, tapi juga warna oranye yang berada di  sirip-sirip Channa Bleheri.

Kalau dilihat-lihat, ikan Channa Bleheri termasuk jenis ikan Channa atau Gabus yang cukup kecil lho. Bayangin aja, tubuhnya hanya mampu mencapai panjang sekitar 17 cm saja.

4. Pleuro

Ikan Channa PleuroSumber gambar : monsterfishkeepers.com

Selanjutnya pada urutan keempat adalah Channa Pleuro atau nama ilmiahnya adalah Channa pleurophthalma. Channa Pleuro bisa mencapai ukuran paling besar 40 cm.

Dan corak di tubuhnya cukup unik, dengan warna dasar kehijauan dan kebiruan kemudian di tengah-tengah terdapat 2-3 bercak hitam besar yang menghiasi tubuhnya. Inilah yang biasanya menggoda dompet para pecinta ikan predator khususnya penggemar ikan gabus.

Oh iya, ikan ini dapat ditemukan di Indonesia yaitu di daerah Sumatra dan Borneo. Ikan ini lebih memilih air yang hitam tapi bersih di habitat aslinya. Di Indonesia, Channa Pleuro seringkali dipanggil ikan Gabus Selendangmayang.

5. Barca

Ikan Channa BarcaSumber gambar : youtube.com

Yang kelima diduduki oleh ikan Channa Barca yang sangat populer itu. Selain terkenal akan coraknya yang keren, ikan yang satu ini juga terkenal dengan harganya yang sangat mahal, bahkan dibanding-bandingkan dengan mahalnya ikan Arwana.

Konon, harga yang sangat mahal ini karena habitatnya berada di daerah yang rawan konflik. Sehingga mungkin hal itulah yang menyebabkan naiknya harga Channa Barca,

Channa Barca memiliki corak yang biru yang sangat menarik bagi yang melihatnya. Tidak hanya itu, siripnya yang melebar ke atas menambah pesona ikan Barca Snakehead. Ukuran tubuhnya juga cukup besar lho yaitu bisa mencapai 90 cm.

Berbicara mengenai habitat penyebaran wilayahnya, habitat ikan ini adalah negara bagian Assam dan Nagaland di India bagian timur laut.

6. Auranti

Ikan Channa AurantiSumber gambar : aquaticquotient

Berikutnya ada ikan yang sempat mengguncang dunia ikan predator yaitu Channa Auranti, atau biasa juga dikenal dengan Orange-Spotted Snakehead.

Kenapa bisa mengguncang dunia ikan predator? Karena bentuknya yang mirip Channa Barca maka tak heran ikan ini dijadikan media untuk modus penipuan.

Bentuk fisik ikan yang bisa mencapai panjang 40 cm ini memang sedikit sulit dikenali karena mirip sekali dengan Channa Barca.

Hal ini terbukti dari maraknya penipuan tentang Channa Auranti yang diklaim sebagai Channa Barca. Sebenarnya tidak terlalu sulit juga untuk membedakannya, dengan syarat lihatlah secara detail jangan hanya sekilas.

Ikan yang memiliki nama latin Channa aurantimaculata ini adalah endemik Sungai Brahmaputra. Channa Auranti bisa Anda ditemukan di hutan hujan tropis, tempat yang sering mengalami hujan deras, memiliki kelembaban tinggi, dan suhu musim panas yang sangat panas.

7. Andrao

Ikan Channa AndraoSumber gambar : youtube.com

Yang ketujuh ada ikan Channa Andrao. Ikan Channa Andrao ini memiliki corak yang sangat khas yakni warna abu-abu kecoklatan di bagian badannya dan biru di bagian siripnya.

Warnanya cukup simpel dan malah terlihat seperti ikan Cupang. Channa Andrao bukan ikan predator yang mampu tumbuh hingga benar-benar berukuran besar, maksimal hanya 110 mm saja.

Channa jenis ini juga banyak peminatnya khususnya bagi pecinta ikan yang berwarna biru. Tidak ada Channa Barca? Channa Andrao pun jadi. Hehe kamu setuju?

8. Gachua

Ikan Channa GachuaSumber gambar : monsterfishkeepers.com

Channa Gachua pun menempati posisi urutan kedelapan. Ikan predator ini hampir mirip juga dengan Channa Andrao apabila kita melihatnya secara sekilas.

Ikan predator ini dapat ditemukan di negara-negara Asia mulai dari Pakistan hingga Indonesia. Terkadang Channa Gachua juga disebut sebagai “Dwarf Snakehead”. Unik juga ya namanya?

Dwarf Snakehead dapat tumbuh mencapai panjang 20 cm. Mungkin memang bukan ukuran yang besar untuk sekelas ikan Gabus. Channa Gachua di alam liar sudah terbiasa memangsa ikan-ikan kecil dan juga serangga.

9. Bankanensis

Ikan Channa BankanensisSumber gambar : flickr.com

Pada urutan yang kesembilan ada ikan Channa Bankanensis. Channa Bankanensis lumayan cukup terbilang eksis di dunia Channa karena ikan ini memiliki motif yang bisa menghibur mata kita. Corak bercak-bercak hitam yang hampir menyatu menyerupai baris ini menghiasi sepanjang badannya.

Badan Channa Bankanensis sebenarnya berwarna coklat, tetapi ada juga yang berwarna coklat tua atau coklat muda bahkan krem.

Channa Bankanensis mampu tumbuh hingga panjangnya mencapai 20 cm. Channa ini sebaiknya dipelihara dengan sesama spesiesnya saja, jangan dicampur ikan lain apalagi dengan ukuran yang lebih kecil.

Ikan predator ini memiliki habitat yang berada di Pulau Bangka, Sumatra. Itulah alasan ikan ini juga dijuluki Bangka Snakehead.

10. Striata

Ikan Channa StriataSumber gambar : taxo4254.wikispaces.com

Berikutnya yang kesepuluh adalah Channa Striata atau yang biasa kita kenal dengan ikan Gabus Jawa. Tapi jangan salah, bukan berarti ikan Gabus ini hanya berada di Jawa, bahkan menyebar ke bebrbagai tempat. Ikan ini berasal dari Asia Selatan, Asia Tenggara, dan bahkan Kepulauan Madagaskar.

Ikan yang juga dijuluki Stripped Snakehead adalah memiliki corak yang kurang menarik, hanya berwarna coklat tua dengan motif coklat muda yang menghiasinya.

 Secara kasat mata memang tidak ada yang menarik dari Channa Striata karena biasa digunakan untuk konsumsi atau bahan ekstrak suplemen. Kebanyakan Channa Striata sudah menjadi ikan ternak untuk kepentingan komersial tersebut.

11. Marulioides

Dan pada urutan terakhir tak lupa juga dengan ikan Channa Marulioides. Beberapa diantara kita mungkin ada juga yang menyebutnya dengan nama Emperor Snakehead.

Ikan Gabus yang satu ini menyebar mulai dari Indonesia, Malaysia, hingga Thailand selatan. Soal ukuran tubuh, biasanya mampu tumbuh hingga 65 cm. Wah lumayan besar juga ya?

Meski disebutkan paling terakhir, ikan Channa Marulioides cukup sering terdengar lho di telinga pecinta ikan hias di Indonesia. Apalagi kalau berkecimpung di dunia ikan predator. Wah sudah pasti deh tidak asing lagi dengan ikan yang satu ini. Apalagi ia punya ciri khas yaitu coraknya yang mirip seperti bunga teratai.

Saat di alam liar, biasanya ia memakan cacing darah, cacing tanah, ikan kecil, krustasea, hingga kerang. Wow variatif juga ya ternyata makannya? Apakah kamu salah satu orang yang ngefans banget dengan ikan Channa Marulioides?

Dan itulah 10 jenis ikan Gabus atau Channa yang populer di dunia ikan predator. Anda memiliki salah satu diantara sepuluh daftar berikut? Atau bahkan punya 4-7 jenis dari daftar tersebut? Anda pasti kolektor ikan Channa.

Yang jelas hati-hati terkait temperamental seekor ikan Channa bisa sangat berdampak bagi tankmate-nya. Terima kasih dan semoga artikel berikut bermanfaat bagi kamu.

3 thoughts on “Keren dan Eksotik! Inilah 11 Jenis Ikan Gabus atau Channa Yang Populer

  • June 4, 2018 at 10:30 am
    Permalink

    Sy kaget min Channa marulioudes gak masuk top 10 pdhl corak tubuhnya bagus banget kalau udah keluar

    Reply
  • September 28, 2018 at 1:30 am
    Permalink

    Marulioides kok gak ada.

    Reply
    • October 8, 2018 at 3:12 pm
      Permalink

      Sebenarnya Channa Marulioides juga populer. Hanya saja masih kalah dengan yang lainnya. Terima kasih.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *